SMKN 1 Pesisir Tengah Terima 377 Siswa Baru; Peminat PS Otomotif Melonjak


Pada Tahun Pelajaran 2011/2012 ini, SMKN 1 Pesisir Tengah, Krui Lampung Barat menerima siswa baru sebanyak 337 orang. Jumlah tersebut diseleksi dari 600-an lebih pendaftar. Jumlah penerimaan siswa tahun ini adalah yang terbesar sepanjang sejarah penerimaan siswa baru di sekolah tersebut. Sebelumnya, sekolah ini hanya menerima siswa baru kurang dari 300 orang, dari lebih dari 300 orang pendaftar. Jika dibandingkan dengan penerimaan siswa pada masa-masa awal sekolah ini dibuka, jumlah penerimaan siswa tahun ini menunjukkan peningkatan yang tajam. Grafik penerimaan siswa baru sekolah ini terus menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun sejak awal didirikannya, begitu pula dengan jumlah siswanya secara keseluruhan.

Peningkatan jumlah pendaftar tahun ini menunjukkan minat masyarakat terhadap SMK pada umumnya, dan SMKN 1 Pesisir Tengah pada khususnya, semakin besar, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun-tahun sebelumnya, jumlah pendaftar di sekolah ini tidak pernah melebihi kapasitas. Konon bukan hanya SMKN 1 Pesisir Tengah yang mengalami lonjakan peminat, tapi SMK-SMK lain, di tempat lain, pun demikian.


Khusus bagi SMKN 1 Pesisir Tengah, lonjakan terbesar terjadi pada Program Studi Mekanik Otomotif. Tahun ini, Program Studi ini menerima 4 kelas rombongan belajar. “Tadinya kita hanya diijinkan menerima dua kelas. Tapi karena minat masyarakat yang sedemikian besar, akhirnya kita minta ijin Dinas Pendidikan untuk menambah dua kelas lagi. Alhamdulillah diijinkan,” kata kepala sekolah SMKN 1 Pesisir Tengah Drs. Hatriopar, MM. Jumlah empat kelas tersebut adalah jumlah maksimal yang bisa ditampung oleh sekolah ini, dari sekian banyak pendaftar.

Pada bagian lain, Program Studi Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) dan Program Studi Budidaya Ikan tahun ini masing-masing menerima dua kelas rombongan belajar, sama seperti tahun lalu. Sedangkan Program Studi Akuntansi dan Program Studi Administrasi Perkantoran masing-masing hanya menerima satu kelas rombongan belajar, juga sama dengan tahun lalu.

Secara keseluruhan, Tahun Pelajaran 2011/1012 ini SMKN 1 Pesisir Tengah mengelola 23 kelas rombongan belajar, dengan jumlah siswa keseluruhan sebanyak 813 orang, dengan jumlah kelas terbanyak pada Program Studi Mekanik Otomotif, yaitu sebanyak 8 kelas rombongan belajar. 

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger