8 Cara Menjaga Kesehatan Otak


Ada banyak gangguan dan penyakit yang berbeda-beda yang bisa mengenai otak, tetapi banyak di antaranya memiliki faktor-faktor resiko yang sama. Di bawah ini ini adalah beberapa cara untuk menjaga otak Anda tetap sehat.

Berhenti Merokok

Menggunakan tembakau bisa menyebabkan stroke, aneurisme otak, dan demensia. Setelah Anda berhenti merokok, resiko Anda terkena stroke turun menyamai resiko orang yang telah berhenti merokok selama lima hingga 15 tahun.
Untuk membantu Anda berhenti merokok sekarang, kunjungi situs Smoking Cessation Learning Center.

Minum Secukupnya Saja

Penelitian menunjukkan bahwa satu kali minum per hari bagi wanita dan dua kali bagi pria (khususnya minuman anggur merah) bisa melindungi tubuh dari demensia. Akan tetapi, minum alkohol berlebih bisa menyebabkan demensia (dementia), stroke, dan aneurisme otak (brain aneurysm).

Kontrol Angka Kesehatan Anda

Angka ini termasuk level tekanan darah, kolesterol, and gula darah. Tekanan darah yang tinggi dan kolesterol yang tinggi dan diabetes yang tidak dikontrol dengan baik bisa menimbulkan penyakit Alzheimer’s, aneurisme otak, dan stroke. Salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan mengurangi jumlah sodium dan meningkatkan jumlah serat dalam makanan Anda.

Periksakan Diri Akan Penyakit Jantung

Asterioclerosis (pengerasan pada arteri) bisa menimbulkan stroke, aneurisme otak, dan demensia. Lagi pula, banyak masalah jantung lainnya, termasuk arrhythmia, kelainan pada katup jantung (valve defects), dan infeksi jantung (heart infections), bisa meningkatkan resiko terkena stroke. Jika Anda menunjukkan tanda-tanda penyakit jantung, dokter Anda boleh jadi akan merekomendasikan meminum aspirin setiap hari untuk mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.
Learn about various different heart and cardiovascular diseases.

Makan Makanan Sehat

Buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan ikan kaya akan nutrient seperti antioksidan (antioxidants) dan asam lemak (fatty acids.) Antioksidan adalah zat kimia yang terdapat di dalam buah-buahan dan sayur-sayuran yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh oksigen radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh. Asam lemak omega-3 adalah zat kimia yang terdapat dalam jumlah besar dalam kacang-kacangan (kususnya biji kanari (walnuts)) dan ikan berlemak seperti ikan salmon dan ikan sardine. Asam lemak bisa membantu mengurangi tekanan darah dan kolesterol yang tinggi dan bisa mengurangi inflamasi pada otak dan membantu meningkatkan fungsi otak.

Gunakan Sabuk Pengaman dan Helm

Sabuk pengaman, helm, dan perangkat keamanan lainnya bisa mengurangi kerasnya benturan atau cedera kepala lainnya apabila terjadi kecelakaan. Cedera kepala bisa pula menyebabkan timbulnya epilepsi.

Latih Tubuh Anda

Berlatih bisa menurunkan level kolesterol dan tekanan darah dan membantu mempertahankan berat tubuh yang ideal bagi kesehatan, yang kesemuanya bisa mengurangi resiko terkena stroke.

Latih Otak Anda

Menjaga otak tetap tajam dengan cara berinteraksi dengan orang lain dan ikut terlibat dalam kegiatan-kegiatan intelektual telah terbukti bisa mencegah dan memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer’s. (By the Healthline Editorial Team
Reviewed by Jennifer Monti, MD, MPH)

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger