Redwood Si Pohon Raksasa

1.bp.blogspot.com

Menjulang hingga setinggi 350 kaki (sekitar 105 meter), pohon redwood pesisir adalah   pohon tertinggi di dunia. Dikenal dengan nama redwood dan nama resminya adalah Sequoia sempervirens, bahasa Latin yang berarti hidup selamanya, pohon-pohon raksasa ini dan keluarga dekatnya, pohon sequoia raksasa, terdapat di sepanjang belahan bumi utara 60 juta tahun yang lalu. Akan tetapi, saat ini, pohon ini hanya tumbuh di sepanjang garis sempit sepanjang 450 mil yang membentang dari pesisir utara California hingga Oregon.

Hutan Redwood Kini

Redwood bisa mencapai usia rata-rata 500 hingga 700 tahun, namun beberapa pohon individual dikenal telah mencapai usia lebih dari 2.000 tahun. Pada suatu ketika California pernah menjadi tempat tumbuh bagi dua juta acre pohon redwood. Akan tetapi, sejak tahun 1850, industri logging yang agresif telah membabat sebagian besar dari pohon-pohon raksasa tersebut. Saat ini, hanya empat persen, atau 85.000 acre dari pohon-pohon tua ini yang masih berdiri.

 Habitat
Redwood tumbuh di dalam iklim yang lembab di California bagian Utara di dekat pesisir yang sering mengalami hujan hingga lebih dari 100 inci per tahun. Selama musim panas, kabut dari Pasific menyelimuti hutan pohon redwood, melembabkan hutan dan melindungi pohon-pohon tersebut dari temperatur yang tinggi. Para ilmuwan memperkirakan sebatang pohon redwood yang besar bisa menampung air sebanyak 34.000 pond.

Evergreen
Pohon redwood adalah konifer (pohon jarum) yang abadi, atau pohon yang memperoduksi daun berbentuk jarum (cones) seperti pinus dan cemara. Sebagai pengganti daun, pohon-pohon ini mempunyai jarum-jarum hijau yang bertahan sepanjang tahun. Redwood berkembang biak baik melalui biji yang sama besarnya dengan biji tomat atau dari tunas  yang muncul dari sistem akar yang kompleks di hutan itu. Dikenal sebagai salah satu pohon yang tumbuh paling cepat, redwood bisa bertambah tinggi lima hingga tujuh kaki setahun.

Kelangsungan Hidup
Redwood bisa tumbuh hingga mencapai diameter 22 kaki (sekitar 6,6 meter). Kulit pohonnya yang berwarna seperti kayu manis, itulah sebabnya disebut redwood, biasanya setebal 12 inci, dan mampu melindungi pohon ini dari serangga, burung dan fungus. Kulit pohonnya, yang mengandung getah berbasis air, juga melindungi pohon-pohon ini dari kebakaran. Meski redwood tidak mempunyai predator alami, namun pohon-pohon ini mempunyai sistem akar yang dangkal yang hanya mencapai kedalaman 10 hingga 13 kaki ke dalam tanah sebelum menyebar keluar sejauh 60 hingga 80 kaki. Akar-akar seperti itu biasanya bisa menyebabkan pohon-pohon raksasa tersebut tercerabut atau tumbang jika diterpa angin kencang. Akan tetapi, masing-masing pohon redwood menjalin akar-akarnya dengan pohon-pohon di sampingnya, sehingga menambah kekuatan atau stabilitas kelompok atau grup mereka.

Mahkota Pohon Redwood

Para peneliti hutan baru-baru ini menemukan banyak jenis tumbuh-tumbuhan dan hewan yang hidup di sekitar mahkota (canopy) pohon redwood yang menciptakan sebuah ekosistem yang unik pada ketinggian 300 kaki di atas permukaan tanah. Selain pakis, dan pohon-pohon seperti fir, cemara dan western hemlock, para peneliti juga menemukan tumbuh-tumbuhan seperti gooseberry dan elderberry. Tumbuh-tumbuhan tersebut mendukung serangga, hama, burung-burung, kadal (salamander) dan mamalia kecil seperti voles (sejenis tikus).

Rumpun dan Taman
Sekitar 45 persen dari pohon-pohon redwood yang ada saat ini berada pada tempat yang aman di dalam Taman Redwood Nasional AS dan Taman Redwood Negara Bagian dan Taman Redwood Negara Bagian Humboldt. Akan tetapi, pohon-pohon redwood bisa juga dilihat di wilayah Big Sur di dekat Pegunungan Santa Lucia. Ada juga beberapa kelompok Redwoods di perbatasan Oregon di sisi Pegunungan Klamath.
http://www.ehow.com/about_6362654_redwood-tree.html
pictures: sailsarana.com, reggiebibbs.wordpress.com, pinayjade.com

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger