Makanan-Makanan Penghilang Sakit Kepala

Sliced avocado on a table next to another half of the avocado and whole avocados in the background.
Eating healthy fats can really help. | iStock.com/MSPhotographic

Tak ada yang bisa merusak suasana pagi hari Anda lebih cepat selain sakit kepala. Apakah itu hanya rasa sakit yang mudah diatasi atau merupakan migraine yang intens yang membuat pandangan Anda kabur, semua itu tentu tidak menyenangkan. Obat yang cepat dan manjur tentu merupakan yang pertama yang melintas dalam pikiran Anda—tapi bagaimana jika Anda tak bisa menghilangkan rasa sakit tersebut atau tidak ada obat penghilang rasa sakit yang bisa Anda peroleh dengan cepat? Bagaimana cara mengatasinya?

Syukurlah, ada beberapa makanan yang bisa membantu melegakan sakit kepala jenis apapun, tak peduli apapun sebabnya. Perhatikan pilihan yang sedap ini.

1. Alpukat 

Tekanan darah merupakan ukuran efisiensi aliran darah Anda melewati tubuh Anda. Banyak faktor yang bisa menyebabkan tekanan darah Anda menjadi terlalu tinggi, termasuk pembuluh darah menyempit (constricted blood vessel), yang sering kali merupakan penyebab sakit kepala. Untunglah, makan makanan yang mengandung lemak sehat bisa menjadi solusi yang efektif.

Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acids) —yang dikenal sebagai jenis lemak yang baik bagi Anda. Makanan-makanan jenis ini cenderung menyehatkan bagi jantung karena lemak-lemak tak jenuh bisa membantu menurunkan tekanan darah, menurut penelitian, yang dengan demikian bisa membantu menyembuhkan sakit kepala.

2. Quinoa (biji gandum)

Di samping 3 nutrien paling esensial di dalam tubuh Anda—karbohidrat, protein dan lemak—sejumlah vitamin dan mineral juga memainkan peran penting dalam menjaga tubuh Anda tetap sehat. Magnesium merupakan salah satu dari mineral penting ini, yang bertanggung jawab dalam mengatur sejumlah reaksi kimia pada level selular. Menurut sebuah penelitian yang terbit dalam Journal of Sports Science and Medicine, magnesium, yang ditemukan di dalam makanan berbasis tumbuhan seperti quinoa, bisa memainkan peran penting dalam menurunkan tekanan darah.

3. Semangka (Watermelon)

Kita dihimbau untuk minum air sebanyak delapan gelas atau lebih sehari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Namun makanan-makanan tertentu, khususnya buah-buahan dan sayur-sayuran, bisa juga membantu mencapai jumlah tersebut. Mengabaikan minum air secukupnya atau makan makanan yang mengandung air, seperti semangka, bisa menyebabkan dehidrasi.

Menurut British Journal of Nutrition, dehidrasi bisa menyebabkan sebagian orang mengalami sakit kepala. Jadi, sembuhkan sakit kepala Anda, atau cegah sakit kepala membuat Anda lemah, makanlah seporsi atau dua porsi semangka untuk membantu Anda tetap terhidrasi

4. Roti panggang biji-bijian utuh (Whole-grain toast)

Jika obat bagi sakit kepala yang disebabkan oleh lapar adalah makan, lalu kenapa Anda mengalami sakit kepala meski Anda sudah makan di sepanjang hari? Masalahnya tidaklah selalu mengenai makan, melainkan apa yang telah Anda makan. Anda mungkin telah memakan banyak gula halus (karbohidrat sederhana), yang sebenarnya malah bisa membuat sakit kepala menjadi lebih parah.

Karbohidrat kompleks, di sisi lain, akan mencegah naiknya gula darah dengan cepat dan mencegah timbulnya sakit karena makanan tersebut kaya akan serat. Whole grain toast akan menyediakan energi jangka lama, nutrisi berharga, dan serat, yang akan membuat Anda tetap kenyang.

5.  Kalkun (Turkey)

Satu porsi daging sehat juga bisa membantu mengurangi sakit kepala. Turkey mengandung vitamin B6, yang, menurut Mayo Clinic, bertanggung jawab terhadap produksi serotonin dalam tubuh Anda. Ini penting, menurut Current Neopharmacology, karena serotonin memainkan peran penting dalam menghilangkan rasa sakit. Makanan seperti turkey, tuna, dan ayam semuanya merupakan sumber vitamin B6 yang sehat.

Jika Anda tidak makan daging, Anda bisa juga mendapatkan vitamin B6 tersebut dari kentang, kacang-kacangan (beans), pisang, dan asparagus, dll.

6. Cokelat hitam (Dark chocolate)

Anda mungkin pernah mendengar obat terbaik bagi sakit kepala adalah secangkir kopi, khususnya jika Anda mengalami kecanduan kopi (caffeine withdrawal). Tapi apa yang akan Anda lakukan jika waktu itu pukul 3 pagi, dan kepala Anda berdenyut-denyut? Anda bisa minum kopi untuk meringankan rasa sakit tersebut, tapi Anda kemudian tak bisa tidur lagi. Bagaimana kalau Anda makan saja beberapa ons coklat sebagai gantinya? Dark chocolate mengandung kafein—dalam jumlah cukup untuk mengurangi sakit kepala, tapi jangan terlalu banyak sampai membuat Anda sulit tidur.

7. Kentang

Karena dehidrasi sering kali dianggap sebagai penyebab dalam kebanyakan sakit kepala yang menjengkelkan, maka Anda mungkin perlu mengembalikan keseimbangan elektrolit Anda dengan cara makan makanan yang mengandung tepung yang kaya akan cairan dan potassium, seperti kentang. Ada banyak cara menyiapkan dan menikmati kentang, jadi jangan ragu-ragu dalam menciptakan cara memasak. Jika makanan yang mengandung tepung tidak Anda suka, makanan-makanan lain seperti pisang, blewah (cantaloupe), brokoli, atau kacang-kacangan (beans) juga bisa dijadikan pengganti.

8. Spinach (bayam)

Sepiring daun mungkin tidaklah mengundang selera, tapi spinach mungkin adalah pilihan yang tepat untuk mengobati sakit kepala Anda saat ini. Seperti yang kami sebutkan di atas, sakit kepala bisa merupakan sebuah gejala tekanan darah tinggi pada sebagian orang, jadi mengatasi tekanan darah tinggi bisa memberi pengaruh pula.

Spinach mencakup kombinasi mineral, seperti serat dan potasium, yang merupakan beberapa ingredien yang sehat bagi jantung yang bertanggung jawab dalam mengurangi tekanan darah dalam tubuh secara keseluruhan. Menurut British Journal of Nutrition, asupan serat yang meningkat boleh jadi memainkan peran penting dalam regulasi tekanan darah. Jadi cobalah menambahkan spinach pada sandwich atau burger Anda agar menjadi hidangan yang renyah di sore hari Anda. sambil secara bersamaan mengurangi gejala sakit kepala Anda.

9. Greek yogurt (yogurt yunani)

Yogurt adalah salah satu di antara banyak makanan yang bisa menghilangkan sakit kepala. Meski kalsium boleh jadi merupakan salah satu faktor yang berkontribusi dalam hal ini, namun beralih  ke Greek yogurt, yang kaya akan protein, bisa memperkuat efek tersebut. Jika Anda mengalami sakit kepala karena lapar, protein yang terdapat di dalam Greek yogurt bisa membuat Anda kenyang lebih cepat dibandingkan karbohidrat atau lemak.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics mendukung apa yang selama ini hanya ditebak-tebak oleh para peneliti: Pelepasan hormon kenyang (satiety hormone), sebagai akibat dari asupan protein, adalah penyebab mengapa Anda merasa lebih kenyang ketika Anda makan protein. Begitu tubuh Anda memberi sinyal kenyang kepada bagian tubuh Anda yang lain, maka sakit kepala Anda akan berkurang.

10. Wortel (Carrots)

Jika Anda pernah berkeliaran di dapur mencari-cari sesuatu makanan yang renyah, Anda tidak sendiri. Manusia cenderung mengasosiasikan makanan renyah dengan kesegaran, menurut ilmuwan peneliti John Allen. Banyak sayuran segar, seperti seledri dan wortel, sama renyahnya dengan kentang goreng—tapi sayuran segar lebih sehat. Jika sakit kepala Anda merupakan akibat dari terlalu banyak makan gula sederhana, makanlah karbohidrat kompleks yang renyah untuk membantu mengurangi sakit kepala.

Jangan ragu-ragu menggabungkan makanan-makanan tersebut ke dalam makanan utama atau snack Anda untuk mengurangi sakit kepala. Kombinasi ini akan membuat makanan Anda kaya protein dan karbohidrat kompleks, menurunkan tekanan darah, membuat Anda terhidrasi, dan akhirnya memberi Anda obat yang Anda butuhkan agar tetap kuat di sepanjang hari.

https://www.cheatsheet.com/health-fitness/foods-proven-to-cure-your-headache.html/?a=viewall

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger