Empat Makanan Kaya Serat yang Bermanfaat untuk Menurunkan Berat Badan

 


Sebenarnya tidak ada yang disebut program penurunan berat badan yang cocok bagi semua. Namun jika menyangkut masalah makanan sehat, para ahli berpendapat setiap orang harus memakan makanan-makanan kaya serat untuk membantu menurunkan berat badan dan juga untuk kesehatan secara keseluruhan. Kita sering kali mengabaikan kebutuhan kita akan serat, namun serat adalah makanan bermanfat besar, khususnya untuk penurunan berat badan. Namun sayangnya, kebanyakan kita tidak memakan makanan kaya serat dalam jumlah cukup, 90% wanita dan 97% pria kekurangan asupan serat seperti yang direkomendasikan oleh USDA.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang makanan-makanan kaya serat yang terbaik untuk dimakan untuk mengurangi akumulasi lemak, kami telah berbicara dengan Dr. Sarah Mathis seorang dokter bersertifikat, Dana Ellis Hunnes PhD, MPH, RD ahli diet senior di UCLA Medical Center, dan Caleb Backe seorang ahli kesehatan dan kebugaran untuk Maple  Holistics. Mereka mengatakan bahwa okra, brokoli, ceri, dan bit adalah makanan-makanan kaya serat yang bisa Anda makan untuk mengurangi berat badan. Hal ini karena serat bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama, dan bisa memperlambat proses pencernaan, sehingga bisa mengatur insulin secara lebih baik dan juga respon gula darah terhadap makanan. Pelajari lebih jauh di bawah ini!

1. Okra

Ini adalah buah yang jarang Anda dengar. Okra—juga sering disebut ochro atau jari-jari gadis—adalah tumbuhan berbunga dalam keluarga mallow. Meski digolongkan sebagai buah, namun okra biasanya digunakan sebagai sayuran yang dimasak. Okra mengandung biji berwrana hijau yang bisa dimakan, dan sering kali dibuat gorengan dicampur gumbo atau acar di wilayah Selatan. Jika Anda belum pernah makan okra, di bawah ini adalah alasan mengapa Anda harus mencoba buah ini.


Mathis mengatakan bahwa okra yang sering kali dianggap remeh ini adalah salah satu makanan kaya serat yang bisa Anda gunakan sebagai cemilan ketika Anda sedang menjalankan program penuruann berat badan.’Buah ini ramping namun kaya serat!” katanya. Dan, buah ini baik pula bagi kesehatan pencernaan Anda. “Okra membantu memperlambat pencernaan dan juga bisa membantu ‘membersihkan’ segala sesuatunya,” kata Mathis melanjutkan.

Jika Anda ingin memasukkan lebih banyak lagi okra di dalam diet Anda, Mathis menawarkan beberapa nasihat. “Rasanya akan hilang jika Anda masukkan ke dalam smoothies (jus buah) atau makanan sehat lain,” katanya. Atau Anda bisa menambahkannya ke dalam sup atau rebusan atau bisa di-air fry dan membuatnya menjadi makanan garing (super crispy).” Bukankah itu kedengarannya lezat? Tentu saja, Anda perlu menghindari okra tepung atau okra goreng yang akan menyebabkan penumpukan lemak.

2. Brokoli

Mungkin Anda sudah tahu bahwa brokoli bermanfaat bagi kesehatan Anda secara menyeluruh. Itulah sebabnya orang tua Anda selalu meminta Anda untuk menghabiskan brokoli di piring makan Anda. Menurut Mathis makanan super yang kaya serat ini merupakan tambahan yang baik sebagai makanan penurun berat badan. “Bukan hanya kaya serat, tapi juga mengandung sulfuropahane, zat yang bisa membantu melindungi DNA dan memperlambat pertumbuhan tumor (yang, dengan demikian, bisa mengurangi resiko kanker) dan mengurangi peradangan,” katanya mengingatkan. Ada banyak cara menyiapkan makanan ini. “Anda bisa makan brokoli dalam porsi banyak dengan cara di-steam, dicampur dengan sup, atau bahkan mengambil batangnya dan membuatnya menjadi mie (menggunakan ricer) dan mencampurnya dalam salad seperti coleslaw,” kata Mathis memberi rekomendasi.

3. Ceri

Dengan datangnya musim panas, musim buah ceri tak lama lagi. Buah berbiji kecil ini merupakan salah satu makanan kesayangan karena alasan yang tepat. Ceri berasa lezat dan mengandung banyak vitamin, mineral, dan senyawa tumbuhan yang mengandung manfaat kesehatan yang besar. Dan, ceri kaya akan serat,” kata Backe. Dia mengingatkan bahwa ceri bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama” yang bisa membantu mencegah penambahan berat badan, dan pada saat yang sama, memenuhi keinginan Anda untuk makan yang manis-manis. Buah ceri bisa dibuat menjadi makanan sampingan yang lezat (dan merupakan makanan yang ramah yang juga bisa membantu mengurangi berat badan). Kelebihan ceri adalah bahwa mereka juga merupakan makanan sumber melatonin alami yang besar,” kata Backe. Jadi, ceri bukan hanya membantu pencernaan dan membuat kenyang, namun juga bisa membuat tidur menjadi lebih baik. Makanan “alami, rendah lemak” ini merupakan camilan yang lezat,” kata Backe menambahkan. Makan ceri sebagai camilan bisa meningkatkan serat esensial pada makanan Anda sehari-hari.

4. Bit

Dan, terakhir, bit adalah makann kaya serat lainnya yang bisa membantu mengurangi penumpukan lemak. Umbi-umbian ini mengandung 3,4 gram serat, yang bisa membantu mengurangi masalah-masalah pencernaan dan menurunkan berat badan. “Bit kaya akan serat dan bisa membantu pencernaan, berkat kandungan Betaine yang merupakan enzim  pencernaan,” kata Hunnes. Dia mengingatkan bahwa bit juga bisa membantu hidrasi. “Ketika usia kita bertambah, kita cenderung kurang minum dan kurang hidrasi, yang bisa membuat kita sulit tidur,” katanya melanjutkan. Makanan kaya serat benar-benar bermanfaat, khususnya yang berasal dari sayuran segar, biji-bijian utuh, buah-buahan, dll, karena makanan-makanan ini mengandung pelembab (moisture).”

Jadi, terbukti bahwa serat sangatlah penting bagi kesehatan Anda secara menyeluruh, dan untuk mengurangi berat badan. Anda tidak perlu terpaku pada oatmeal atau makanan serat buatan pabrik untuk mendapatkan kebutuhan serat serhar-hari. Anda bisa makan makanan kaya serat seperti okra, brokoli, ceri, dan bit untuk mendapatkan asupan serat harian, menjaga tubuh tetap, dan menurunkan berat badan. Empat jenis makanan yang direkomendasikaan oleh Mathis, Hunnes, dan Backe ini hanyalah permulaan. (Georgia Dodd)

https://www.yahoo.com/lifestyle/4-fiber-rich-foods-eating-223022851.html

 

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger