Thirteen Lives: Kisah Penyelamatan Nyawa Manusia yang Mengharu Biru

 


Human lives matters. Itulah pesan yang ingin disampaikan film ini. Nyawa manusia, betapapun, sangatlah berharga. Tak peduli pejabat tinggi, orang berpangkat, petani, pegawai, atau bahkan anak-anak sekalipun; jika nyawa mereka terancam, mereka harus diselamatkan. Untuk menyelamatkan nyawa manusia tak ada hitung-hitungan biaya. Berapapun jumlah uang yang diperlukan, dan apapun yang diperlukan, dikorbankan. Bahkan tidak jarang kita menyaksikan nyawa manusia pun dikorbankan untuk menyelamatkan nyawa lainnya.

Namun pada peristiwa penyelamatan berskala besar, yang menjadi sorotan nasional, bahkan internasional, seperti dalam film ini, reputasi para penyelamat, dan pejabat yang bertanggung jawab, pun dipertaruhkan, sehingga, kadang-kadang ambigu; sesungguhnya mereka sedang menyelamatkan korban atau menyelamatkan diri mereka sendiri.

Thirteen lives bercerita tentang kisah nyata penyelamatan 13 nyawa manusia yang terjebak dalam sebuah gua pada bulan Juni tahun 2018, di Thailand, yang terdiri dari 12 orang anak-anak dari sebuah klub sepak bola, beserta satu orang pelatih mereka. Ketigabelas orang tersebut tidak bisa keluar dari gua karena terkepung oleh air banjir yang memenuhi badan gua, yang pada sebagian tempat terutup sama sekali hingga langit-langit gua. Mereka terdampar di sebuah platform batu, yang berjarak empat kilometer dari mulut gua, tempat mereka masuk.

Penyelamatan berlangsung dalam skala besar, melibatkan para penyelam dari Angkatan Laut Thailand, para penyelam ahli dari Inggris, dan lebih dari 5.000 relawan yang bekerja tanpa lelah, siang dan malam.

Adegan pencarian dan penyelamatan keduabelas anak dan pelatihnya ini, yang secara ajaib bisa bertahan hidup tanpa makan dan minum selama 13 hari sebelum mereka ditemukan oleh dua orang penyelam Inggris, dalam kedaan, sehat, dan bisa berkomunikasi dengan para penyelamatnya, sungguh mencekam dan menegangkan.

Konon, anak-anak tersebut bisa bertahan hidup dan tetap sehat, meski tetap merasa lapar, karena mereka melakukan meditasi, yang dipimpin oleh si pelatih.

Aksi penyelamatan yang heroik, intens, dan menegangkan dari tim penyelam Inggris sungguh mengharu biru dan menggugah perasaan siapa saja yang menonton film ini. Dan fakta bahwa anak-anak terebut bisa bertahan hidup tanpa makan dan minum selama 13 hari, dan ketabahan mereka menjalani proses penyelamatan yang mempertaruhkan nyawa mereka, adalah hal lain yang membuat film ini menarik untuk ditonton.

 

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger