Orang di Atas 50 Harus Lakukan Ini untuk Kesehatan Jantung

 


Berbicara tentang bagaimana menjadi proaktif guna pencegahan penyakit kardiovaskuler (dan banyak gangguan kesehatan lainnya), adalah menyangkut kebiasaan kita sehari-hari yang paling penting. Minum jus buah untuk sarapan pagi sekali sebulan atau pergi ke gym selama beberapa minggu pertama di awal bulan Januari tidak akan bisa mengembalikan kerusakan yang diakibatkan oleh gaya hidup tidak sehat yang Anda jalani selama ini. Siap mendengar sesuatu yang bisa membangkitkan semangat? Tidak ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan hidup sehat.

Jika Anda berusia 50 atau lebih, para ahli kardiologi mengatakan belumlah terlambat untuk mulai memprioritaskan kesehatan jantung dan memulai kebiasaan hidup sehat yang bisa menurunkan resiko Anda terkena penyakit kardiovaskuler, yang merupakan penyebab pertama kematian di A.S. Hal ini penting karena resiko terkena penyakit kardiovaskuler meningkat seiring bertambahnya usia. “Jika Anda mengalami kolesterol tinggi, LDL (kolesterol jahat) berakumulasi di saluran darah dan menyebabkan terbentuknya sumbatan yang bisa meningkatkan resiko terkena serangan jantung dan stroke,” kata Dr. Norman Lepor, MD FACC FAHA FSCAI, kardiolog, Direktur National Heart Institute in Beverly Hills, Profesor Pengobatan Klinis di UCLA's David Geffen School of Medicine, dan Kardiolog jaga di Smidt Cedars-Sinai Heart Institute.

Dr. Lepor mengatakan sumbatan yang terbentuk di pembuluh darah tersebut adalah seperti penumpukan barang-barang yang tak diperlukan di gudang penyimpanan; makin lama makin banyak dan, akhirnya, menjadi masalah. Namun membiasakan pola hidup sehat bisa mencegah hal ini terjadi—termasuk jika Anda berusia di atas 50.

Kebiasaan Hidup Sehari-hari Nomer 1 untuk Orang di Atas Usia 50, Menurut ahli Kardiologi

Tidak tahu kapan waktunya memulai membangun kebiasaan hidup yang baik untuk kesehatan jantung? Dr. Christopher Davis, MD, seorang kardiolog intervensional dan pendiri Reveal Vitality, mengatakan salah satu tempat yang bagus untuk memulai hal itu adalah manajemen stress. “Dalam masyarakat yang penuh dengan stress dan kecemasan, salah satu kebiasaan paling penting yang saya rekomendasikan untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskuler adalah sejenis breathwork (pengaturan napas) atau praktik meditasi untuk menyeimbangkan sistem syaraf otonom,” katanya menjelaskan.

Dr. Davis mengingatkan bahwa mengalami banyak stress dan berkepanjangan benar-benar bisa menimbulkan dampak serius pada jantung. Dia menjelaskan bahwa kecemasan dan stress tingkat tinggi akan meningkatkan tekanan darah dan detak jantung, yang dengan demikian meningkatkan resiko penggumpalan darah, yang bisa mengancam kehidupan.

Penelitian ilmiah menunjukkan adanya hubungan yang jelas antara mengalami stress tingkat tinggi dan kematian prematur. Stress meningkatkan resiko terjadinya kematian prematur sebanyak 43 persen—yang tergolong cukup besar.

Seperti yang dikatakan Davis, breathwork dan meditasi adalah cara efektif untuk menangani stress—yang terbukti bisa menurunkan tekanan darah secara signifikan. Sebagian tempat untuk menemukan breathwork dan latihan meditasi adalah Calm, Headspace, dan The Mindfulness App.

Dr. Lepor memiliki kebiasaan hidup sehat sendiri dalam hal mengelola stress: jogging. Secara pribadi, dia menyediakan waktu 50 menit sehari untuk jogging, namun sains menunjukkan bahwa latihan kardiovaskuler yang intens (seperti jogging) selama 30 menit selama lima hari seminggu adalah cukup untuk menurunkan resiko terkena penyakit kardiovskuler.

Alasan kenapa jogging (dan aktivitas aerobik lainnya) memiliki efek yang demikian besar karena aktivitas tersebut nyata bisa membuat jantung menjadi lebih kuat. Latihan olahraga tersebut memompa jantung, memperbaiki sirkulasi darah. Hal ini bisa menurunkan tekanan darah dan melegakan detak jantung. Selain itu, latihan aerobik bisa mengurangi kecemasan dan depresi. Gabungan kedua efek tersebut memiliki kebaikan ganda bagi jantung.

Cara Lain Mendukung Jantung Anda Setiap Hari

Menemukan satu cara mengelola stress sehari-hari adalah permulaan yang hebat untuk mendukung jantung Anda. Kalau cara itu sudah ditemukan, maka Anda bisa menjalankan kebiasaan sehat sehari-hari yang lain, seperti melakukan latihan olahraga (exercising). Kedua ahli kardiologi di atas menekankan bahwa diet juga sangat penting bagi kesehatan jantung. Mereka merekomendasikan agar Anda memprioritaskan makanan-makanan yang tidak terlalu banyak mengalami proses pengolahan dan kaya akan nutrien, seperti menjalankan diet Mediteranea (Mediterranean diet), yang menurut banyak penelitian telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung. Cara makan ini mengutamakan sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, protein tumbuhan, ikan, kacang, dan minyak zaitun.

Selain kebiasaan makan sehat, Dr. Davis mengatakan bahwa adalah penting untuk mendapatkan tidur yang baik secara konsisten. “Jika tidur menjadi masalah, pastikan Anda mengikuti bimbingan tidur sehat seperti menurunkan temperatur ruangan, dan menghindari komputer, atau perangkat serupa laptop lainnya sebelum tidur karena cahaya biru yang terpancar dari perangkat-perangkat tersebut bisa menyebabkan masalah tidur,” katanya.

Dr. Lepor mengatakan bahwa adalah juga penting untuk memeriksa tekanan darah secara teratur, yang bisa dilakukan di ruangan dokter atau bahkan di rumah. Sebagian orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka memiliki tekanan darah yang tinggi dan, oleh sebab itu, memiliki resiko yang tinggi akan terkena serangan jantung atau stroke. Kadang-kadang, obat-obatan farmasi diperlukan untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah timbulnya resiko-resiko tersebut.

Kesehatan jantung Anda sepenuhnya di tangan Anda sendiri. Apa yang kita lakukan sehari-hari berdampak pada kesehatan kardiovaskuler kita (dan kesehatan tubuh secara keseluruhan); baik maupun buruk. Tidak ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan hidup sehat. Membuat perubahan kecil, bertahap, seperti yang dikatakan oleh para ahli kardiologi di atas bisa memiliki dampak besar. Faktanya, bisa pula menyelamatkan hidup Anda. (Emily Laurence)

https://www.yahoo.com/lifestyle/cardiologists-people-50-older-one-233000298.html

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger