Perlukah Telur Dimasukkan ke dalam Kulkas

 


Sepupu saya yang orang Italia menyimpan telur mereka di rak. Di bawah ini adalah apa yang dikatakan para ahli tentang mengapa telur dimasukkan ke dalam kulkas di A.S., tetapi tidak di negara lain.

Terakhir kali saya mengunjungi Itali untuk menengok sepupu saya, saya terkejut melihat sepupu saya itu menyimpan telur di dalam rak. Saya mengingatkannya agar menyimpan telur di dalam kulkas seperti yang saya lakukan di AS—tapi, tampaknya, itu tidak perlu.

Mengapa telur harus dimasukkan ke dalam kulkas di Amerika Srikat, tetapi tidak di negara-negara lain? Tampaknya itu tergantung pada apa yang akan terjadi pada telur-telur itu setelah mereka keluar dari perut ayam. Di bawah ini adalah apa yang saya pelajari dari para ahli.

Mengapa Telur Dimasukkan ke dalam Kulkas di AS

Telur bisa terkena infeksi salmonella jika bakteria tersebut melewati saluran reproduktif si ayam ketika telur-telur tersebut terbentuk. Dengan demikian, cangkang telur bisa terkontaminasi ketika dikeluarkan dari perut ayam jika telur-telur tersebut bersentuhan dengan kotoran si ayam.

“Ini sebabnya telur perlu dicuci bersih di pabrik pengolahan telur di A.S.,” kata Ghaida Batarseh Havern, edukator ekstensi keamanan makanan di Institut Nutrisi dan Kesehatan Michigan State University.

Karena kekhawatiran akan bakteria dan kesegaran telur, produsen telur di A.S., mulai mencuci dan memasukkan telur ke dalam kulkas pada tahun 1970-an, menurut Departemen Pertanian AS (USDA). Negara-negara lain, termasuk Kanada dan Jepang, kmudian menyusul.

Sekitar 60% telur yang dijual di A.S. berasal dari prosesor yang ikut serta dalam sistem pemeringkatan USDA. Ini adalah sebuah proses sukarela di mana telur digolongkan dalam kelompok AA, A, atau B tergantung pada kualitas telur tersebut dan bagaimana mereka dibersihkan.

“Semua telur yang diberi peringkat oleh USDA dan kebanyakan prosesor berskala besar mengikuti langkah pencucian dengan pembilas bersanitasi pada pebarik pemrosesan,” kata Batarseh Havern.  Ini adalah sebuah syarat untuk mendapatkan peringkat atas AA atau A di karton kemasan telur—umumnya, semakin tinggi peringkatnya, semakin mahal harga telur tersebut.

Ketika telur dicuci, lapisan pelindung alami yang ada pada cangkang telur hilang dan oleh sebab itu telur-telur tersebut perlu dimasukkan ke dalam kulkas untuk kemanan.

Mengapa Sebagian Negara Tidak Memasukkan Telur ke dalam Kulkas

Di seluruh Eropa dan di seantero dunia, telur tidak dibersihkan dan tidak dimasukkan ke dalam kulkas. Kepercayaan mereka adalah bahwa telur memiliki lapisan pelindung atau kutikula yang bisa menjaga agar bakteria tidak masuk menembus cangkang telur.

“Sebagian negara Eropa berpendapat bahwa memasukkan telur ke dalam kulkas tidaklah diperlukan dan mencuci telur bisa menghilangkan lapisan kutikula pelindung,” kata Batarseh Havern. Lagipula, biaya membersihkan dan memasukkan telur ke dalam kulkas—mulai dari telur-telur tersebut keluar dari perut ayam sampai diedarkan dan dijual—bisa jadi mahal.

Jadi Mana yang Lebih Baik?

Sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 2018 di dalam jurnal Poultry Science membandingkan cara-cara umum menyimpan telur. Penelitian tersebut menemukan bahwa metode membersihkan dan memasukkan telur ke dalam kulkas yang dilakukan di AS menghasilkan telur-telur berkualitas tinggi yang yang bisa bertahan hingga 15 minggu.

Bagaimana Cara Menjaga Telur Tetap Segar

Ketika Anda membawa pulang telur dari toko, USDA menyarankan agar Anda segera memasukkan telur-telur tersebut ke dalam kulkas. Biarkan telur-telur tersebut tetap berada di dalam kemasannya yang asli dan letakkan di bagian kulkas yang paling dingin, bukan di bagian pintu kulkas. Karton kemasan telur melindungi telur-telur tersebut tidak pecah dan supaya tidak menyerap bau dari makanan-makanan lain yang ada di dalam kulkas. Perhatikan juga tanggal kadaluarsanya supaya telur yang Anda makan masih segar.

Tak perlu lagi mencuci telur. Jika dicuci lagi, air kotor bisa menyusup ke dalam pori-pori telur.

Dan bagaimana jika Anda membuat resep makanan yang menghendaki telur berada di dalam temperatur ruangan? Jangan biarkan telur-telur tersebut berada di luar kulkas selama lebih dari dua jam, kata USDA.

Jika Anda Membeli Telur Segar dari Pasar Petani

Jika Anda membeli telur dari pasar petani atau langsung dari peternak ayam, tanyakan apakah telur-telur tersebut telah dicuci. Telur yang telah dicuci harus segera dimasukkan ke dalam kulkas. Namun aturan apakah peternak ayam harus mencuci telur produksi mereka berbeda-beda menurut negara bagian masing-masing. Sebagian produsen menyarankan agar telur-telur yang tidak dicuci tidak dimasukkan ke dalam kulkas.

“Sebagian pasar mungkin mengharuskan telur dicuci dan diberi label sebelum dijual. Kami merekomendasikan agar telur segera di masukkan ke dalam kulkas dengan suhu 40oF sesampainya di rumah. “Mungkin juga Anda perlu membawa kotak pendingin ke pasar petani. Untuk mendapatkan kualitas terbaik, jangan simpan telur lebih dari tiga minggu setelah dibeli. (Mary Jo DiLonardo)

https://www.yahoo.com/lifestyle/one-reason-why-eggs-aren-113000202.html

 

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger