Mengapa Anda Harus Mematikan AC Ketika Tidur

 


AC selalu dinanti di musim panas. Dengan cara menyerap panas yang ada di dalam ruangan dan, pada saat yang sama, mengeluarkan udara dingin, perangkat AC adalah cara terbaik untuk menyejukkan ruangan dengan cepat. Tapi meski temperatur yang panas bisa menyebabkan sulit tidur, para ahli mengingatkan untuk tidak menyalakan AC di malam hari.

Mulai dari resiko kesehatan yang berhubungan dengan tidur yang buruk hingga meningkatnya tagihan rekening listrik, baik para ahli masalah tidur maupun ahli energi rumah tangga mengisyaratkan adanya efek negatif menghidupkan AC yng tidak sebanding dengan manfaat udara sejuk yang didapat dari perangkat tersebut. Tentu saja, itu tidak berarti Anda harus menderita karena berkeringat di malam hari.

Sebagai editor masalah tidur di H&G dan seorang yang terbiasa tidur dalam cuaca panas, saya juga telah membuat daftar beberapa produk tempat tidur yang sejuk yang terbaik untuk membantu menjaga temperatur di dalam kamar tidur Anda—tanpa harus menghidupkan AC atau kipas angin.

Jika Anda tidak bisa tidur tanpa pancaran udara yang sejuk, maka Anda tidak harus mengikuti nasihat ini. Akan tetapi, jika Anda ingin tidur dengan lebih baik dan mengurangi tagihan dalam rekening listrik Anda, ini penting untuk dipertimbangkan.

Mengapa Anda harus mematikan AC di Malam Hari

Sekilas nasihat ini tidak masuk akal. Sebuah ruangan yang sejuk semestinya merupakan temperatur yang terbaik untuk tidur, dan jauh lebih murah menghidupkan AC di malam hari. Tampaknya menghidupkan AC di malam hari adalah sudah semestinya.

Akan tetapi, para ahli yang saya tanyai menyarankan bahwa mematikan AC di malam hari mempunyai manfaat bagi tidur Anda, dan juga bagi tagihan listrik Anda.

1.      Mematikan AC bisa membuat tidur lebih baik

Jika Anda pernah terjaga dari tidur dan menggigil, maka Anda tahu bahwa ruangan yang terlalu dingin bisa mengganggu tidur Anda. “Menciptakan lingkungan kamar tidur yang sejuk dan nyaman adalah penting untuk mendapatkan tidur yang lebih baik,’ kata Alvin Pullins, seorang spesialis perbaikan dan perawatan rumah. ‘Akan tetapi, temperatur yang sangat dingin, khususnya ketika kita sedang tidur, bisa mengganggu kualitas tidur dan istirahat secara keseluruhan.

Akan tetapi, itu bukanlah satu-satunya kekurangan dari mendapatkan udara yang dingin di malam hari. ‘Menghidupkan AC ketika kita sedang tidur bisa menimbulkan alergi dan membut Anda merasa sesak (congested), yang bisa memperburuk tidur,’ kata Martin Seeley, pendiri dan CEO MattressNextDay. ‘Hakikatnya, AC atau kipas angin elektrik menyebarkan udara di dalam ruangan. Tapi yang tidak disadari oleh banyak orang adalah bahwa kedua alat ini juga menyebarkan kutu debu (dust mite), spora, serbuk, dan alergen-alergen lainnya.’ AC dan kipas  angin elektrik juga menyebakan udara jadi kering dan bisa menyebabkan Anda menjadi sesak. Jika Anda menderita bersin-bersin, mata berair, hidung mengeluarkan ingus, kerongkongan gatal dan bahkan mengalami kesulitan bernapas, maka lebih baik memasang pembersih udara (air purifier).

Dengan mematikan AC di malam hari’Anda bisa menciptakan lingkungan tidur yang lebih moderat dan alami, yang kondusif bagi tidur yang lebih baik. Lagipula, tidak adanya suara bising dari AC bisa menciptakan lingkungan tidur menjadi lebih tenang dan damai,’ kata Pullins.

2.    Mematikan AC bisa alleviate sches dan pains.

Jika Anda mengalami nyeri sendi atau nyeri otot, itu bisa jadi karena AC yang telah menyebabkan sakit dan nyeri di malam hari. Seperti yang dikatakan Seely, ‘Jika Anda mempunyai rasa sakit sebelumnya, apakah itu karena cedera, bentuk tubuh yang salah (improper posture) atau tidur di kasur yang tak nyaman, maka Anda harus berhenti menghidupkan kipas angin elektrik atau AC di sepanjang malam. Ini karena konsenstrasi udara sejuk bisa menyebabkan otot-otot Anda menjadi tegang dan mengalami kram, yang menyebabkan rasa sakit menjadi lebih meningkat. Anda bahkan mungkin juga mengalami leher kaku karena menghidupkan AC atau kipas angin elekterik, jadi cobalah berhenti menggunakan perangkat tersebut jika Anda mengalami sesuatu yang tidak beres pada tubuh Anda.

Anda harus, tentu aja, berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menangani masalah sakit pinggang atau masalah tidur yang Anda alami. Kemudian Anda harus bertanya apakah tempat Anda tidur merupakan biang kerok semua itu. Kasur tua yang sudah keriput yang tak kuat menyangga tubuh Anda bisa menyebabkan sakit pinggang dan cedera tulang belakang, dan bantal yang salah ukuran bisa menyebabkan leher sakit. Salah satu kasur terbaik (lihat best mattresses), yang dirancang dengan memperhitungkan leher Anda akan membuat tidur Anda berbeda, dan membeli bantal yang tepat (lihat buying the right pillow) akan memberi pengaruh positif pada waktu Anda bangun dari tidur.

3.    Mematikan AC di malam hari juga menghemat uang

Kebanyakan perusahaan penyedia energi akan menempatkan rating mereka terendah di malam hari. Namun mematikan AC akan membantu menghemat energi dan mengurangi biaya rumah tangga. Jika Anda mempertahankan ruangan di rumah Anda dengan temperatur yang diperlukan sepanjang hari, maka Anda tak perlu menyalakan AC ketika Anda sedang tidur, ketika Anda sedang tidak menyadari apa manfaatnya.

Karena prangkat AC adalah salah satu di antara perabotan rumah tangga yang paling banyak mengonsumsi energi, kadang-kdanag, mengurangi pemakaian perangkat tersebut pada waktu mereka tidak dibutuhkan secara esensial bisa menghemat biaya rumah tangga, dan uangnya bisa ditabung,’ kata Pullins.

Chris Harvey Seorang spesialis pemanas ruangan di Stelrad, menjelaskan lebih lanjut bahwa ‘membiarkan AC tetap hidup di sepanjang malam bisa menyebabkan konsumsi energi yang tidak diperlukan dan meningkatkan biaya rumah tangga. Mematikan AC di malam hari juga bisa mencegah terjadinya kelelahan pada sistem AC tersebut, dan bisa membuat performa pemanas meningkat.

‘Dengan menerapkan cara ini, Anda tidak saja menghemat biaya rumah tangga, tapi juga meningkatkan daya tahan dan efisiensi perangkat pendingin dan pemanas Anda, untuk digunakan pasa saat Anda paling membutuhkannya.

Cara lain untuk tetap sejuk di malam hari

Mematikan AC tidak akan membantu jika Anda terbiasa tidur dalam cuaca panas. Kabar baiknya adalah ada cara lain untuk menjaga udara tetap sejuk di malam hari yang tidak mengandalkan AC atau kipas angin elektrik. Sebagai orang yang terbiasa tidur dalam cuaca panas, saya telah mencoba dan menguji beberapa produk pendingin tempat tidur termasuk Kasur pendingin terbaik (lihat best cooling mattress), pelapis tempat tidur (toppers), dan bantalan (pads) yang terasa dingi jika disentuh dan seprei bernapas (lihat breathable bed sheets) yang sempurna untk dipakai ketika musim panas. Ini adalah produk-produk terbaik yang saya rekomendasikan untuk mengatur temperatur ruangan Anda di malam hari. (Louise Oliphant)

https://www.yahoo.com/lifestyle/why-turn-off-ac-night-130040905.html

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger