Rasa Kelelahan Bisa Membuat Tubuh Anda Cepat Ramping


Corbis
Ketika Anda merasa kelelahan (exhausted), pergi ke gym mungkin merupakan pilihan terakhir yang ingin Anda lakukan, tapi ternyata justru itu adalah saat yang tepat untuk pergi ke gym. Menurut sebuah penelitian yang akan diterbitkan dalam Journal of Consumer Research, orang membuat keputusan kesehatan yang lebih baik ketika mereka sedang merasa kelelahan (exhausted) dan kecapaian (rundown).

Desakan untuk merawat tubuh kita ketika kita merasa mengantuk bisa jadi merupakan masalah biologis. “Kami berkesimpulan bahwa orang-orang tergerak untuk melakukan hal-hal yang menyehatkan ketika mereka merasa seperti kehabisan tenaga (depleted) dan merasa keselamatan mereka sedang dipertaruhkan,” tulis penulis penelitian Monika Lisjak, asisten profesor marketing di Univeritas Erasmus di Belanda dan Angela Y. Lee, profesor marketing di Northwestern University.

Di dalam penelitian tersebut, para peneliti meminta para subjek penelitian untuk membaca tentang bahayanya penyakit ginjal dan pendeteksian dini, termasuk mereka yang keluarganya mempunyai riwayat penyakit ginjal. Setelah itu, mereka yang merasa kelelahan (exhausted) menunjukkan sebuah kecenderungan yang lebih tinggi untuk di-test dibandingkan dengan rekan mereka yang bersemangat  (energized). Dalam penelitian lain, para subjek diminta melengkapi sebuah survei tentang kesehatan dan kebugaran (fitness), baik sebelum maupun setelah berolahraga. Setelah survei, mereka semua diminta memilih sebuah hadiah berupa tabir surya atau pelembab. Mereka yang melakukan olahraga cenderung memilih tabir surya pelindung kulit.

More on Yahoo: 5 Ways to Stop Feeling So Hungry

Hasil-hasil tersebut mengejutkan, mengingat penelitian terdahulu mengungkapkan betapa rasa kelelahan (exhaustion) bisa mempengaruhi otak. Menurut Divisi Pengobatan Tidur di Sekolah Kedokteran Harvard, kekurangan tidur bisa mempengaruhi mood, nafsu makan, dan kemampuan fokus kita. Dan mereka yang suka berolahraga ke gym membuktikan mereka tidak sulit bangun dari tempat tidur ketika alarm mereka berbunyi.

More on Yahoo: Exercise Addicts: Pushing Ourselves Too Far?

Tapi membuat keputusan kesehatan yang bijaksana adalah mudah, bahkan meski Anda sedang merasa tidak mudah, menurut Will Torres, personal trainer dan pemilik Willspace, sebuah gym di new York City. “Jika Anda benar-benar mearsa kelelahan (exhausted), maka yang terbaik adalah tidur, tapi jika Anda hanya perlu menambah energi, maka ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan,” katanya pada Yahoo Shine.

Tingkatkan detak jantung Anda: Katakanlah Anda merasa exhausted karena Anda telah terlalu lama duduk di meja kerja Anda sepanjang pagi. Dengan hanya melakukan peregangan (straightening up) Anda bisa meningkatkan level energi Anda. “Ketika Anda duduk dengan tubuh merosot (slumping), Anda tak bisa bernapas dengan sempurna karena diafragma Anda terkompres,” kata Torres. “Duduk tegak lurus memungkin paru-paru Anda menyerap lebih banyak udara, yang mengirim pesan pada otak untuk jaga.” Atau (jika diijinkan oleh rekan sekantor Anda), cobalah melakukan jumping jacks 20 kali dan squats 10 kali. “Ini bukanlah sekedar olahraga biasa, tapi bisa membuat Anda merasa lebih jaga,” katanya.

Makan lebih banyak serat: “Orang cenderung mencari makanan-makanan manis untuk mendapatkan energi dengan cepat, tapi tanpa serat untuk memperlambat percernaan, mereka akan mengalami crash,” kata Torres. Daripada memakan energy bar atau smoothie buah-buahan (keduanya banyak mengandung gula), cobalah makan sebuah apel yang kaya serat, sepotong semangka, atau sebuah pear.

Jangan lakukan olahraga baru: “Anda sudah lama ingin mencoba melakukan olahraga kickboxing, tapi ketika Anda sedang merasa lelah bukanlah waktu yang tepat untuk itu. “Memulai sejenis olahraga baru memerlukan koordinasi dan fokus dan orang yang lelah tidak mempunyai keduanya,” kata Torres. “Ketika Anda merasa exhausted, lakukanlah segala sesuatu yang biasa Anda lakukan dan cobalah lari, latihan beban, atau jalan cepat untuk mengindari cedera. (By Elise Solé, Shine Staff | Healthy Living – Wed, Feb 12, 2014 3:11 PM EST)

More on Yahoo Shine:
We Need to Confront Our Secret Sugar Problem
Weird Reasons You Can't Sleep: Your Phone, Your Bra, Your Dinner
5 Health Habits That Reduce Your Risk of Dementia 

http://shine.yahoo.com/healthy-living/why-being-tired-makes-you-thinner-and-healthier-201116091.html

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger