Lili (Bunga Bakung) Bisa Menyebabkan Keracunan pada Anjing dan Kucing


Full size picture of Oriental Lily 'Star Gazer' (<i>Lilium</i>)
Bunga Lili Stargazer (lihat gambar) merupakan bunga yang anggun, cantik, wangi, dan … juga beracun. Khususnya bagi kucing. Bunga lili (bunga bakung) jenis ini, dan keluarga botanis mereka, termasuk Easter lily, Day lily, Asian lily, dan Tiger lily merupakan pilihan yang banyak disuka sebagai bunga musim liburan (holiday bouquets) dan merupakan bunga yang disukai banyak tukang kebun.

Apa yang membuat bunga jenis lili ini beracun masih belum diketahui, tapi diketahui bahwa racun bunga ini larut di dalam air dan mematikan. Kucing akan menderita gagal ginjal setelah menelan tanaman ini dan bunganya meski hanya sedikit saja. Sistem saraf dam gastrointestinal-nya boleh jadi juga terkena. 

Bagian yang Mana dari Tanaman Ini yang Beracun?
Komponen yang paling beracun adalah bagian bunganya, namun semua bagian bunga ini beracun. Paling tidak satu atau dua batang tanaman telah diketahui menyebabkan kematian hewan. Menarik dicatat bahwa bahkan serbuk (pollen) tanaman ini juga beracun. Jika Anda pernah berada di dekat batang bunga ini, mungkin Anda pernah memperhatikan serbuknya dalam jumlah besar jatuh dari benang sarinya—di atas meja, di hidung Anda, dan di pakaian Anda.

Serbuknya berwarna kuning (tergantung lili jenis apa) dan menyebar ke mana-mana. Kucing yang badannya terkena serbuk bunga ini harus dimandikan, karena mereka bisa menelan serbuk-serbuk tersebut ketika mereka menjilati tubuhnya. 

Tanda-tanda Klinis yang Tampak Jika Keracunan Bunga Lili
Tanda-tanda pertama mulai tampak dalam tempo 6-12 jam setelah menelan, dan boleh jadi menyerupai tanda-tanda keracunan anggur dan kismis (grape and raisin toxicity) dan keracunan bahan anti beku (antifreeze) (ethylene glycol).

Tanda-tanda awal keracunan:
  • muntah-muntah
  • lesu (lethargy)
  • hilang nafsu makan
  • gemetaran (tremors)
  • kejang-kejang (seizures)
Gagal ginjal (renal )biasanya menyusul, dengan tanda-tanda:
  • meningkatnya rasa haus
  • meningkatnya urin pada awalnya, diikuti dengan menurunnya output urin, dan    akhirnya, tidak ada output urin sama sekali.
  • Dehidrasi
  • kematian
Gagal ginjal terjadi terjadi sekitar 36-72 jam setelah menelan.
Mendiagnosa Keracunan Bunga Lili
Tanda epitel (epithelial casts) akan terlihat di dalam urin (dengan uji mikroskop) dalam tempo hanya 12 jam setelah menelan tanaman ini. Meningkatnya level BUN dalam darah, creatanine dan potassium akan terlihat dalam tempo 18-24 jam setelah menelan. Adalah penting untuk segera meminta pertolongan dokter hewan. Kucing yang yang baru diobati setelah 18 jam atau lebih setelah menelan akan mengalami akibat buruk.
Pengobatan Keracunan Bunga Bakung
Jika Anda menduga kucing Anda telah menelan bagian manapun dari tanaman jenis lili, termauk serbuknya, hubungi segera dokter hewan Anda. Elemen racun dari tanaman jenis lili belum diketahui hingga saat ini, sehingga tidak ada penangkalnya.
Tujuan perawatannya adalah therapi cairan IV yang agresif dan perlindungan saluran gastrointestinal. Cairan subkutan (subcutaneous), yang juga dikenal sebagai cairan SubQ, tidaklah efektif. Rata-rata kematian akibat keracunan tanaman jenis lili dilaporkan setinggi 100% jika tidak diobati atau terlambat diobati. Pengobatan lebih awal dan agresif yang dilakukan oleh dokter hewan mempunyai kemungkinan sembuh.
Menjaga Keselamatan Kucing
Saya suka kembang lili, tapi saya melarangnya ditanam di rumah saya. Kucing saya Barnie pernah memakan tanaman rumah (yang tak beracun), dan ingat, hanya dengan satu kali saja menggigit tanaman dari kelompok lili bisa membawa kematian. Yang terbaik adalah melarang kucing Anda dan anjing Anda mendekati tanaman jenis lili, di rumah Anda. (By Janet Tobiassen Crosby, DVM, About.com Guide)
Many thanks to Justine A. Lee DVM DACVECC of the Pet Poison Helpline for assistance with this article.


comment 1 comments:

kucingku imut on March 15, 2014 at 1:17 PM said...

Info yang bermanfaat,

Salam,
http://kucingkuimut.blogspot.com

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger