Berapa Sering Anda Harus Mencuci Rambut?


Sekitar 90% orang Amerika menyampo rambutnya setiap hari. Seratus tahun yang lalu, orang hanya mencuci rambut mereka setahun sekali, dan pada tahun 1950-an, kaum wanita terbiasa mencuci dan mendandan rambut mereka sekali seminggu di salon
Rambut yang bersih terasa segar dan wangi namun pencucian yang berlebihan bisa membuat rambut yang semula sehat menjadi seperti setumpuk jerami. Rata-rata rambut kita tumbuh setengah inci setiap bulan sehingga rambut yang panjang yang sering kali di-shampo (dan juga diberi perawatan kimia, menggunakan pengering rambut blow drying, dan elemen-elemennya), cenderung menjadi kering dan kusam di ujungnya dan bahkan pecah (break off). Semakin gaya rambut berarti semakin kotor cara mendandannya.
Seberapa sering Anda perlu menyampo rambut Anda tergantung pada seberapa berminyak kulit rambut Anda dan tekstur rambut Anda. Minyak—yang dikenal sebagai sebum—terserap dengan lebih mudah pada rambut yang licin dan lurus, sehingga membuat rambut terlihat lebih cepat berminyak. Kedengarannya agak dahsyat, namun sebum membantu melembabkan rambut dan melindungi helai rambut dari air. Inilah salah satu alasan mengapa rambut keriting atau rambut yang kasar itu lebih kering. Jika Anda mencuci rambut setiap hari, berarti Anda melunturkan pelembab alami ini dan kemudian Anda harus melumasinya kembali dengan pelembab komersial.
Joe Murray, pemilik Hale Organic Salon di New York City, mengatakan pada Yahoo! Shine bahwa menyampo rambut dua kali seminggu saja sudah termasuk sering. “Jika Anda tidak tahan rambut jadi berminyak, maka lapisi rambut Anda yang basah dengan kondisioner hingga sampai ke telinga untuk melindunginya dan kemudian cucilah kulit kepala Anda.”
Ketika Anda melakukan olahraga, cobalah mencuci rambut hanya dengan air dan tidak menggunakan shampo dan akhiri dengan memberi sedikit kondisioner untuk mencegah kusut. Tip lain yang ditawarkan Murray adalah dengan “menyikat (spot clean) di wilayah sekitar tepian rambut dengan sedikit shampo kering. Hal ini juga akan membuat Anda tidak sering-sering menggunakan alat pengering rambut.”
Mencuci rambut dengan shampo berarti men-stimulasi kulit kepala, yang dengan demikian mengarahkan aliran darah dan nutrient yang sehat menuju folikel-folikel rambut. Sebagai gantinya, Murray menyukai pijatan kulit kepala yang lembut dan menyikatnya secara teratur dengan sikat rambut yang berkualitas bagus.
Orang yang kulit kepalanya mengelupas (flaky) mungkin tergoda untuk sering-sering bershampo, namun dokter kulit yang juga merupakan juru bicara American Academy of Dermatology, Nia Terezakis, MD mengatakan hal ini sebenarnya bisa memperburuk masalah. ”Jika kulit kepala Anda mengelupas itu bukan berarti kotor, itu adalah ketombe atau semacam psoriasis,” katanya pada Yahoo! Shine. “Gunakan shampoo yang bisa membasmi ketombe dan tunggu selama 20 detik sebelum dicuci. “Anda bisa menyhamponya lagi dengan shampo yang lain dan kondisioner pilihan Anda, “Tapi jangan digosok,” katanya menasehati. “Karena hal ini akan menyebabkan kulit mengelupas lebih banyak (flake).”
Dalam memilih shampoo, Terezakis menasehati untuk memilih yang sesuai dengan tipe rambut Anda, apakah rambut Anda kering, berminyak, lemas, keriting, dll. “Perusahaan pembuat shampo menghabiskan banyak uang untuk membayar para ahli kimia kosmetik dan produk yang khusus biasanya memang cocok untuk rambut tertentu.” Satu pengecualian: “Shampo bayi boleh jadi tidak terasa lembut pada rambut orang dewasa,” katanya mengingatkan. “Shampo bayi dibuat karena bayi suka menggeliat. Shampo bayi tidak perih di mata tapi bisa jadi kering.”
Jika Anda terbiasa mencuci rambut Anda setiap hari, maka mungkin diperlukan waktu beberapa minggu untuk mengubah kebiasaan tersebut. Kulit kepala Anda boleh jadi akan memproduksi sebum secara berlebihan karena pengelupasan jadi berkurang. Dan secara perlahan, perlama jarak hari Anda bershampo, lalu perhatikan apakah rambut Anda jadi lebih sehat dan tidak mudah kotor.  (By Sarah B. Weir, Yahoo! blogger | Get Up and Go – Mon, Feb 27, 2012 5:29 PM EST)
Copyright © 2012 Yahoo Inc.
Also on Shine:

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger