7 Angka yang Bisa Menyelamatkan Hidup Anda


Sedikit perhitungan matematika bisa membuat perbedaan besar pada kesehatan Anda. Di bawah ini, statistik yang perlu Anda ke tahui.

Menit latihan: 150
WHO merekomendasikan agar orang dewasa melakukan sekurangnya 150 menit aktifitas fisik yang sedang setiap minggunya. Tidak peduli apakah Anda membagi-bagi waktu 150 menit tersebut menjadi beberapa sesi latihan-latihan pendek selama 10 menit ataukah melakukannya lebih lama, asalkan jumlahnya 150 menit seminggu akan bisa menurunkan resiko terkena stroke, penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan kanker usus dan kanker payudara.

Related: 12 Ways To Naturally Lower Your Blood Pressure

Gula darah: A1C kurang dari 5.7%
Persentase gula di dalam darah Anda mengindikasikan apakah Anda akan terkena diabetes atau tidak—yang bisa meningkatkan resiko terkena seranga jantung, kata Tracy Stevens, MD, seorang ahli jantung dari New York dan sekaligus jurubicara Asosisasi Jantung Amerika. Dokter Anda biasanya akan memeriksa hal ini jika Anda melaksanakan check up kesehatan tahunan. Hasil test Gula darah yang normal adalah A1C (sebuah test yang mengukur rata-rata gula darah Anda selama beberapa bulan terakhir) kurang dari 5,7 persen dan glukosa darah dalam keadaan puasa (yang mengukur gula darah Anda ketika Anda belum makan selama sekurangnya 8 jam) kurang dari 100.

Anda kira Anda tidak beresiko? Asosiasi Diabetes Amerika melaporkan bahwa 79 juta orang mengalami kondisi pradiabetes. Namun, ada berita baik: menurunkan 7 persen berat tubuh dan berolahraga selama 150 menit seminggu bisa mengurangi resiko pradiabetes berkembang menjadi diabetes tipe 2 hingga sebanyak 58 persen.

Related:
9 Excuses That Are Preventing You From Losing Weight

Tekanan darah: 130/80 mm Hg atau kurang
Tekanan darah adalah ukuran seberapa kuat darah menekan dinding arteri Anda ketika darah mengalir di dalam tubuh. Idealnya, tekanan darah Anda harus kurang dari 130/80 mm Hg; jika terlalu tinggi bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi lemah dan rusak, menyebabkan jantung tertekan dan meningkatkan resiko terkena gagal jantung. “Setiap orang seharusnya mempunyai alat pengukur tekanan darah di rumahnya,” kata Stevens. “Harganya cukup murah dan bisa memberi Anda banyak informasi.” Jaga tekanan darah Anda dengan makanan makanan sehat dan melakukan banyak olahraga.

Target Denyut Jantung: 85 hingga 145 denyut per menit
Ini adalah jumlah rata-rata denyut yang menunjukkan apakah Anda cukup berolahraga untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda. Ukuran sehat bagi wanita berusia 40 tahun adalah 85 hingga 145 denyut per menit. Secara historis, Target Denyut Jantung (THR) dihitung sama bagi pria maupun wanita (unisex formula), tapi kini para peneliti percaya bahwa angka tersebut mungkin terlalu tinggi bagi wanita. Angka THR menurun seiring usia—kami telah melakukan perhitungan matematika untuk mencari target yang bagus untuk Anda. 
  
Kolesterol: di bawah 100 mg/dL untuk LDL, di atas 50 mg/dL untuk HDL
Asosiasi Jantung Amerika merekomendasikan rentang level kolesterol wanita di bawah 100 mg/dL untuk  LDL (kolesterol “jahat”), di atas 50 mg/dL untuk HDL (kolesterol “baik”), dan di bawah 100 mg/dL untuk trigliserida. LDL yang terlalu tinggi bisa menyebabkan timbulnya plak di dinding arteri, kata Stevens, yang bisa menimbulkan serangan jantung atau stroke. Perbaiki LDL Anda melalui olahraga dan makanan, khususnya kurangi asupan lemak jenuh, yang terdapat di dalam daging berlemak (fatty cuts of meat) dan produk susu dengan lemak tinggi. Dan hindari lemak trans, yang banyak terdapat di dalam margarin dan pada makanan panggang siap-saji.

Related: 7 All-Natural Ways To Boost Your Energy And Feel Great

Berat badan: BMI (indeks massa tubuh) paling tinggi 25

Salah satu cara untuk mencari tahu apakah berat tubuh Anda cukup sehat adalah menghitung BMI Anda. Indeks massa tubuh (BMI) di atas 25 bisa meningkatkan tekanan darah dan resiko terkena diabetes. Tapi menurunkan berat badan sebanyak 10 pond saja bisa membantu menurunkan resiko terkena serangan jantung. Perhatikan pula ukuran garis pinggang Anda. Anda boleh jadi mempunyai ukuran BMI yang normal namun masih terdapat kelebihan lemak di tubuh bagian tengah Anda, yang bisa menyebabkan jantung Anda beresiko. AHA merekomendsaikan  agar wanita berusaha mempertahankan ukuran garis pinggang mereka di bawah 35 inci.

Jumlah langkah setiap hari: 10,000
Jika olahraga formal tidak menyenangkan bagi Anda, maka cobalah meningkatkan aktifitas Anda sehari-hari. Cobalah naik tangga daripada menggunakan lift, parkirkan mobil Anda di bagian belakang tempat parkir, atau turunlah dari KA di satu perhentian lebih awal dan berjalanlah hingga tiba di stasiun tujuan. Satu cara mudah untuk melacak gerakan adalah dengan menggunakan sebuah pedometer dan tentukan Anda melakukan sebanyak 10.000 langkah setiap hari.(

-Marnie Soman


http://shine.yahoo.com/healthy-living/7-numbers-could-save-life-192800460.html#!lQfS1

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger