12 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tanpa Obat


Jika tekanan darah Anda melonjak atau tekah mencapai level “waduh…,” cobalah cara yang tanpa obat di bawah ini untuk menurunkannya.

1.      Naikkan denyut jantung

 
Sehari berjalan kaki, jogging, atau melakukan kegiatan aerobik lainnya bisa menurunkan tekanan darah. Ini berlaku untuk siapa saja, terutama bagi mereka yang tekanan darahnya sedang naik. Cobalah melakukan latihan yang bisa meningkatkan denyut jantung dan pernapasan ini selama 30 menit di sebagian besar hari dalam seminggu.

2.      Lakukan latihan beban 

 

Latihan kekuatan menggunakan beban bebas, mesin, atau resistance bands bisa menurunkan tekanan darah sebanyak beberapa poin. Cobalah melakukan latihan ini dua kali seminggu, usahakan Anda melakukan 10 kali pengulangan sebanyak 3 kali.

3.      Kuatkan genggaman 

 

Memeras handgrip atau sebuah bola (empat kali selama 2-menit, dengan jeda satu menit di antara masing-masing) sebanyak 3 kali seminggu telah terbukti bisa menurunkan tekanan darah sebanyak 13 histolik (angka atas) dan 8 poin diastolik. (Jika tekanan darah Anda terlalu tinggi, tanyakan terlebih dahulu dengan dokter).

4.      Lakukan yoga 

 

Lakukan beberapa pose yoga dua atau tiga kali seminggu, dan Anda akan bisa menurunkan tekanan darah sebanyak beberapa poin. Dalam sebuh penelitian terbaru di Universitas Pennsylvania, rata-rata tekanan histolik turun mulai dari 133 hingga 130 setelah melakukan yoga. Namun angka tersebut masih dianggap sebagai prahipertensi, jadi kombinasikan yoga dengan beberapa strategi lain.


5. Tingkatkan asupan potasium 

 

Mineral ini bisa merileksasi pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dan mencegah sodium melakukan penyempitan pembuluh darah. Idealnya adalah 4,700 mg/hari, tapi 750 hingga 1.000 mg di atas asupan harian Anda bisa menurunkan tekanan darah 2 hingga 3 poin. Angka ini bisa didapat dari 2 buah pisang atau 1 biji kentang atau secangkir spinach yang dimasak.


6. Cobalah makanan hasil fermentasi 

 

Dalam Penelitian Jantung Farmingham, terbukti mereka yang makan lebih dari 2% dari asupan kalori mereka dari makanan dalam bentuk yogurt (lebih dari, katakanlah, 6 ons setiap 3 hari) maka 31% lebih kecil kemungkinannnya akan terkena DT dibandingkan dengan mereka yang makan lebih sedikit atau tidak sama sekali. produk dairy lainnya juga bisa membantu. (catatan: 1 ons = 28,35 gram).


7. Minum jus 

 

Dalam sebuah penelitian, minum jus bit (beet juice) secangkir sehari bisa menurunkan tekanan darah  sebanyak 10 poin pada orang yang mengalami hipertensi ringan. Tidak suka jus bit? Banyak-banyaklah makan sayuran yang berdaun hijau dan umbi-umbian lainnya.


8. Isi lemari es Anda 

 

Para ahli jantung merekomendasikan DASH diet sebagai kunci bagi segala pendekatan alami untuk menurunkan DT. Dasar DASH diet: banyak-banyak makan sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian utuh, bersama dengan protein, produk susu (dairy) tanpa lemak atau rendah lemak, dan kurangi makan lemak, garam, dan gula.


9. Lakukan meditasi 

 

Anda boleh jadi akan merasa rileks ketika menyaksikan film komedi kesukaan Anda, namun level tekanan darah sebenarnya meningkat semakin lama Anda menonton TV. Cobalah melakukan meditasi bukannya menonton TV; meditasi bisa menurunkan tekanan darah lebih banyak daripada teknik-teknik relaksasi otot.


10. Turunkan berat badan 

 

Menurunkan berat badan bisa meningkatkan spirit sekaligus membuat perbedaan antara menurunkan tekanan darah dengan cara Anda sendiri dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan menjadi lebih berarti. Faktanya, hanya dengan menurunkan berat badan sebanyak 9 pond bisa menurunkan tekanan darah sistolik 4,5 poin, menurut sebuah tinjauan penelitian.


11. Berendam dalam bak mandi 

 woman in tub

Tambahkan dua cangkir garam Epsom (magnesium sulfat) ke dalam bak mandi Anda, maka pembuluh darah Anda akan menjadi lega ketika tubuh Anda menyerap mineral melalui kulit Anda.


12. Atur napas Anda

 

Bernapas secara perlahan bisa menurunkan tekanan darah. Perlu pelatih? Alat bantu napas (resperate device) bisa melatih Anda bernapas 5 hingga 10 kali semenit. Jika digunakan selama 15 menit sehari, alat tersebut bisa menurunkan tekanan darah sekitar 4 poin lebih banyak daripada input relaksasi lainnya (seperti mendengarkan musik), menurut penelitian.

http://www.goodhousekeeping.com/health/womens-health/lower-blood-pressure-naturally?link=lower-blood-pressure&dom=yah_life&src=syn&con=blog_gh&mag=ghk

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger