Berdiri Selama 3 Jam Sama dengan Lari Marathon Sebanyak 10 Kali, Kata Seorang Dokter Terkemuka


Standing for three hours a day, five days a week, is the equivalent of running ten marathons a year, a doctor has claimed
Jika Anda sulit menemukan waktu yang tepat—atau motivasi—untuk pergi ke gym, di bawah ini adalah beberapa berita bagus untuk Anda.

Berdiri saja selama tiga jam sehari adalah sama baiknya bagi Anda dengan lari marathon sebanyak 10 kali setahun, kata seorang ahli.

Dr. Mike loosemore, Kepala Konsultan pada Pengobatan Olahraga di Institut Olahraga, Latihan dan Kesehatan, mengatakan bahwa panduan resmi tentang latihan yang ada selama ini tidak praktis dan bisa jadi tidak memungkinkan bagi kebanyakan orang.

Tapi, dia berkeras, bahkan jumlah latihan yang sedikit saja bisa bermanfaat bagi kesehatan.

Pemerintah menganjurkan kita meluangkan waktu setengah jam sehari, lima hari seminggu melakukan olahraga ringan.

Tapi Dr. Loosemore mengatakan hanya 7 persen saja pria dan 4 persen wanita yang bisa memenuhi anjuran itu.

Lebih dari seperempat orang dewasa tidak bisa melakukan latihan walau hanya satu jam seminggu saja, membuat Inggris sebagai salah satu negara yang paling tidak aktif di dunia.

Berbicara dalam acara Today di BBC 4, dia mengatakan: Pesan yang ingin saya sampaikan di sini adalah bahwa jumlah aktifitas fisik yang kecil sekalipun, meski tidak sampai memenuhi jumlah yang dianjurkan pemerintah di atas, masih bermanfaat banyak bagi Anda—bahkan berdiri saja adalah baik untuk Anda.

‘Saya sedang berdiri sekarang, saya sedang menggunakan semua otot-otot kecil di tungkai saya dan di seluruh tubuh saya, saya sedang menjaga tubuh saya tegak lurus. 

‘Jika saya berdiri seperti ini dan bekerja sambil berdiri, yang memang saya lakukan, tiga jam sehari, lima hari seminggu, itu akan setara dengan melakukan lari marathon sebanyak sepuluh kali dalam setahun.’

Dr Loosemore, yang juga merupakan Kepala Medis Olahraga bagi tim boxing Inggris dalam Olimpiade London 2012 lalu, menambahkan bahwa orang akan ‘salah sama sekali’ jika berpikir bahwa perubahan-perubahan kecil saja, seperti berdiri lebih banyak, tidak akan berguna.

‘Itu juga akan memperbaiki kesehatan mereka, itu akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung, diabetes, itu akan mengurangi resiko terkena penyakit kanker, itu akan menurunkan kolesterol mereka dan juga bisa membuat mereka lebih langsing,’ katanya.

‘Jika Anda terus melakukan yang aktifitas fisik kecil-kecil, maka itu juga akan memperbaiki kesehatan Anda. Itu mudah dilakukan dan Anda menjadikan itu sebagai bagian dari gaya hidup Anda. Ini bukan tentang melakukan olahraga yang sebenarnya dan gyms, ini hanya soal menambahkan sedikit aktifitas.’

Seorang juru bicara dari Derpartemen Kesehatan mengatakan: ‘Kami menyadari bahwa setiap orang harus memulainya di mana saja mereka bisa, dan bahkan membuat perubahan-perubahan kecil dalam kegitan rutin mereka sehari-hari akan mempunyai manfaat jangka panjang bagi kesehatan dan kebugaran mereka.

‘Panduan aktifitas fisik dirancang untuk menjadi sebuah cara yang mudah dilakukan di mana orang bisa memulai membuat perubahan-perubahan kecil seperti ini.’

Cara-cara kecil lainnya untuk membuat perubahan yang besar termasuk memarkirkan kendaraan Anda sejauh 50 yard dari pintu supermarket, bukannya tepat di depan pintu supermarket, dan keluar dari pintu lift satu lantai sebelumnya dan lanjutkan dengan menggunakan tangga.

Dr. Loosemore, yang merupakan kepala bagian medis bagi tim Inggris dalam Pesta Olahraga Negara-negara Persemakmuran pada tahun 2010, mengatakan: ‘Saya mengatakan pada pasien-pasien saya, ketika Anda menaiki eskalator jangan hanya berdiri di eskalator dan menunggu tubuh Anda diangkat menuju lantai berikutnya, tapi naiklah satu langkah ke atas. 

Hanya satu langkah saja karena meski itu cuma satu langkah, tapi itu merupakan satu bagian yang membentuk sebuah keseluruhan. (By Fiona Macrae)

http://www.dailymail.co.uk/health/article-2663889/Standing-three-hours-day-health-benefits-10-marathons-says-leading-doctor.html

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger