Penelitian Ungkap Kenapa Anggur Merah Baik Bagi Kesehatan



Segelas anggur merah sehari boleh jadi benar-benar menyehatkan dan menjauhkan kita dari dokter—sekurangnya begitulah yang terjadi pada mereka yang menderita diabetes tipe 2, menurut sebuah penelitian terbaru. Penelitian tersebut mengisyaratkan bahwa anggur merah dalam jumlah yang moderat bisa membantu para pasien mengatasi kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. 


Para peneliti bekerja untuk menemukan efek dari alkohol dalam jumlah yang moderat terhadap orang-orang yang menderita diabetes tipe 2 yang terkontrol dengan baik, yang biasanya mempunyai resiko yang lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskuler dan menurunnya level kolesterol HDL, yang baik jantung, menurut laporan Time. 224 orang partisipan yang tidak minum alkohol yang tentu saja mempunyai resiko 
penyalahgunaan alkohol yang rendah, yang berusia antara 40 hingga 75 tahun, kemudian dibagi menjadi tiga kelompok minum—air mineral, anggur putih kering dan anggur merah kering—mereka diminta minum 5 ons ketika makan malam setiap malam selama dua tahun, sambil menjalankan diet Mediteranea. 

Pada akhir masa penelitian, tidak ditemukan perbedaan berarti dalam hal tekanan darah dan fungsi liver di antara ketiga kelompok minum tersebut, menurut laporan Medical News Today. Akan tetapi, mereka yang minum anggur merah adalah satu-satunya kelompok yang menunjukkan penurunan resiko kardiometabolik. Mereka juga menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada level kolesterol HDL mereka dan penurunan kolesterol secara keseluruhan, dan semua kelompok yang minum anggur dilaporkan mengalami perbaikan tidur, menurut laporan CBS News.

Meski alkohol tampaknya bisa membantu kontrol glisemik pada mereka yang minum anggur putih, namun perbedaan antara kelompok peminum anggur putih dan anggur merah mengisyaratkan bahwa bukanlah alkohol yang menimbulkan semua manfaat tersebut. Anggur merah mempunyai level fenol yang tujuh kali lebih tinggi dibandingkan anggur putih, dan “fenol, resveratro, dan tannin” yang terdapat di dalam anggur merah inilah yang menimbulkan manfaat seperti di atas, kata seorang ahli.


Perbedaan genetik juga mempengaruhi kontrol glisemik, yang berarti hanya orang-orang tertentu yang cenderung mendapat manfaat dari minum anggur. (Just watch out for arsenic.) (By Arden Dier, Newser.com| November 15, 2015 )

This article originally appeared on Newser.com: "More Proof That Glass of Red Wine Is Good For You."
More from Newser:
http://magazine.foxnews.com/food-wellness/red-wine-good-sufferers-type-2-diabetes-says-study

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger