Capek Minum Air Putih? Baca yang Ini!

By Lucy Danziger, the Editor-in-Chief of SELF magazine
Agu 17, 2010


ANDA tentu tahu bahwa minum air adalah kunci kesehatan Anda. Menenggak sekurangnya enam gelas air sehari bisa mengurangi resiko perut kembung (bloating), mencegah sakit kepala, mencegah datangnya penyakit dan memperhalus kerutan pada wajah. Minum air juga bisa membantu meningkatkan metabolisme Anda secara sementara, jika Anda meminumnya dalam keadaan dingin (72 derajat F). Sesungguhnya, ada banyak keuntungan dari minuman beverage yang tidak perlu Anda bayar! Tetapi H20 (air) bukanlah satu-satunya minuman yang bisa menjaga kesehatan Anda. Kopi, yang oleh sebagian orang dianggap bisa menimbulkan kecanduan, sebenarnya adalah minuman emas. Kopi bisa mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer dan Parkinson, kanker payudara, kanker kulit, diabetes, batu empedu (gallstone) dan bahkan kanker mulut. P.S., peminum kopi yang mengandung kafein (kopi java) hanya melakukan separuh kesalahan dalam kehidupannya sehari-hari dibandingkan dengan mereka yang meminum kopi tanpa kafein (kopi decaf), menurut sebuah penelitian di Cardiff University di Wales, karena kafein membantu Anda memproses informasi dengan cepat. Kafein juga membantu mengurangi resiko depresi. Kedai kopi Starbucks bukan hanya menyenangkan bagi saya—tetapi juga melindungi setiap bagian tubuh saya! Anda bukan peminum kopi java? OK, baca keterangan di bawah ini untuk menemukan manfaat kesehatan tersembunyi dari minuman favorit Anda: 
Orange juice melindungi Anda dari penyakit jantung. Antioksidan dalam OJ membantu melindungi jantung Anda dengan cara melawan inflamasi yang bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Pertimbangkan hal ini; orang yang memakan fast food dengan segelas orange juice memiliki lebih sedikit radikal bebas yang bisa merusak artery (pembuluh nadi) di dalam darahnya dibandingkan dengan mereka yang makan burger dan gorengan dengan minuman air putih biasa, menurut sebuah studi di The American Journal of Clinical Nutrition. Bukankah ini adalah alasan hebat untuk meminum juice? Hanya hati-hati dengan gulanya—satu cangkir jus mengandung 21 gram dan 122 kalori.
Teh chamomile bisa membantu Anda tetap tenang (menjaga ketenangan). Orang yang menenggak ekstrak chamomile setiap hari selama dua bulan akan merasa lebih tenang secara signifikan, menurut sebuah laporan studi dari University of Pennsylvania di Philadelphia. Maka tunggu apa lagi, nikmati ketenangan malam dengan secangkir teh chamomile.
Juice cranberry bisa mencegah gingivitis dan periodontitis (penyakit gugi) (gum disease) dan infeksi saluran urin. Natural compounds yang ada dalam juice cranberry bisa mencegah gum disease dengan cara mencegah bakteria berkumpul di gigi di bawah baris gusi. Juice cranberry juga mengandung 39 persen dari nilai harian vitamin C per 8 ons, meningkatkan level kolesterol yang baik dan menjaga saluran urin Anda tetap lancar. Sungguh sebuah minuman yang bermanfaat!
Susu coklat menjaga otot perut Anda tetap rata. Segelas susu coklat skim mengandung kombinasi karbohidrat dan protein yang hebat, yang bisa membantu memulihkan tenaga Anda setelah bekerja keras. Para atlit yang minum susu coklat setelah latihan memiliki tingkat kerusakan otot perut yang lebih rendah setelah latihan intensif selama empat hari daripada mereka yang hanya minum air putih atau minuman recovery yang lain, menurut sebuah penemuan yang dipresentasikan dalam sebuah pertemuan di American College of Sports Medicine di Seattle.
Dengan demikian mengurangi rasa nyeri dan lelah (soreness and fatigue), sehingga Anda bisa segera kembali ke lapangan dan menggunakan alat pengecil perut itu lagi. Caranya mudah, hanya dengan mengaduk 2 sendok bubuk cocoa atau sirup yang mengandung gula kurang dari 20 gram ke dalam susu Anda, dan meminumnya.
Green tea bisa menjaga berat tubuh Anda. Tikus yang melakukan latihan dan minum teh hijau (green tea) mengalami penurunan resiko penambahan berat badan sebesar 22 persen dibandingkan dengan mereka yang hanya melakukan latihan dan hanya minum teh biasa, menurut sebuah studi di International Journal of Obesity. Polyphenols yang terdapat dalam teh hijau bisa meningkatkan metabolisme Anda dan memudahkan tubuh Anda membakar lemak. Ditambah lagi, kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau bisa mengurangi resiko penyakit kanker dan jantung. Cobalah minum teh hijau dengan es di musim panas ini!
Juice tomat bisa mengurangi resiko kanker! Minuman berwarna scarlet ini mengandung vitamin dan lycopene, yang melindungi Anda dari kanker. Cobalah minum dengan bumbu penyedap, tangkai daun seledri, dan Anda tidak akan memerlukan vodka lagi untuk cocktail Anda di sepanjang hari!
Teh hitam (black tea) bisa membantu mencegah kanker kulit. Seduhan teh hitam klasik mengandung flavanoids, antioksidan yang bermanfaat sebagai antikanker. Penelitian menunjukkan bahwa meminum segelas atau lebih teh setiap hari bisa mengurangi reskio squamous cell carcinoma, sejenis kanker kulit, sebanyak 30 persen. Panas atau dingin, teh hitam sedap diminum untuk perawatan kulit Anda—dan sebuah cara yang baik  untuk menjaga tubuh tetap terjaga karena kandungan kafein yang ada di dalamnya—jadi taruhlah teh hitam di ceret Anda setiap pagi. (Yahoo! Health)

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger