Kebenaran di Balik Teh Botol

KEBANYAKAN dari kita tahu bahwa teh mengandung banyak antioksidan dan manfaat bagi kesehatan—atau benarkah demikian? Sebuah studi terbaru menemukan bahwa teh botol mengandung level antioksidan yang sangat rendah jika dibandingkan dengan teh bubuk (brewed tea)l.

Teh Botol: Apa yang hilang
Bukan kebetulan jika teh adalah minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi di dunia, setelah air. Dalam beberapa tahun terakhir ini banyak penelitian menganggap teh yang kaya akan antioksidan bermanfaat dalam memerangi penyakit kanker, mengurangi penyakit jantung, dan mencegah timbulnya penyakit lainnya. Sehubungan dengan hasil-hasil penemuan ini, penjualan teh di A.S. telah meningkat sebanyak empat kali lipat dalam dua dekade terakhir ini. Dengan meningkatnya permintaan akan teh, pabrik pembuat teh mulai mensuplai teh botol sebagai alternatif minuman kesehatan dan jus. 
Akan tetapi seberapa sehatkah teh botol? Penelitian yang dipresentasikan pada sebuah pertemuan American Chemical Society baru-baru ini mengungkapkan bahwa konsumen teh botol yang bertujuan kesehatan boleh jadi tidak mendapatkan antioksidan dari teh botol yang mereka konsumsi. Antioksidan kesehatan—yang disebut polyphenols—yang membuat teh mampu melindungi sel-sel dalam tubuh kita dari kerusakan radikal bebas terdapat dalam kebanyakan teh botol.
Penelitian terbaru ini menguji enam merk teh botol yang dibeli dari supermarket, dengan menggunakan high-permformance liquid chromatography (HPLC) untuk mengukur kandungan polyphenyl-nya. Shiming Li, Ph.D, yang melaporkan hasil riset tersebut, terkejut dengan rendahnya kandungan polyphenol yang didapat, dan berkata: “Seseorang harus meminum berbotol-botol teh jenis ini, dalam beberapa kasus, untuk mendapatkan manfaat kesehatan seperti yang diharapkan.
Anda Suka teh dengan Gula?
Produsen teh botol tahu bahwa rasa adalah penting. Polyphenols kesehatan yang terkandung di dalam teh berasa pahit dan kecut (astringent). Karena tidak semua orang menyukai rasa seperti ini, maka para produsen menanggapinya dengan mengurangi kadar teh dan menambahkan lebih banyak gula per botolnya. Dengan demikian, Anda mendapatkan tambahan gula dan kalori ekstra, tetapi kehilangan kandungan antioksidan yang signifikan
Ingatlah bahwa meski teh botol mencantumkan kadar kandungan polyphenols pada labelnya, namun jumlahnya boleh jadi kurang tepat, belum ada standar dari dunia industri atau dari pemerintah menyangkut masalah pencantuman kandungan polyphneyls dalam setiap produk.
Pada pokoknya, tidak ada teh botol yang dijual di pasar yang lebih bermanfaat bagi kesehatan Anda daripada teh bubuk segar yang Anda sedu di rumah.
Jika Anda Ingin Aman, Sedu Teh Anda Sendiri
Dapatkan manfaat antioksdian dalam setiap rupiah yang Anda belanjakan untuk menyedu teh Anda sendiri. Dalam studi yang disebut di atas, dari enam botol teh botol, skenario kandungan antioksidan terbaik yang didapat adalah lebih dari 80 miligram polyphenols per botol 16 ons; sedangkan yang terburuk hanya mengandung 3 miligram polyphenols. Bandingkan dengan teh bubuk rumahan (baik teh hijau maupun teh hitam), yang bisa mengandung 50-150 miligram hanya dalam satu cangkir.
Untuk membuat teh dalam porsi besar, masaklah air hingga mendidih, kemudian tuang ke sebuah mangkuk terpisah dan bubuhkan 2 atau 3 sendok teh segar atau herbs per cangkir air. Untuk mendapatkan kandungan yang terbaik, tutup dan biarkan mengembang selama tiga sampai lima menit. Kemudian saring dan masukkan ke dalam toples air dan masukkan ke kulkas, sehingga Anda bisa meminumnya di waktu santai atau memasukkannya ke dalam termos untuk dibawa berpergian. Lebih suka teh celup (tea bags)? Gunakan satu kantung teh celup untuk secangkir air.
Beberapa pilihan teh yang lezat dan juga bermanfaat bagi kesehatan adalah:
·          Teh hijau: meningkatkan akuitas (ketajaman) mental dan melindungi terhadap penyakit jantung; tambahkan perasan sedikit lemon untuk membantu menyerap antioksidan ke dalam aliran darah Anda.
·          Teh mint: meredakan perut dan melancarkan kentut
·          Teh jahe (ginger tea): membantu pencernaan dan meningkatkan energi
·          Teh chamomile: menenangkan sistem syaraf dan melonggarkan otot-otot; minum satu jam sebelum tidur.
·          Kombinasi herbal: pertimbangkan untuk mencoba Teh Tao ( Tao Tea Collection), satu set  teh untuk pembersihan internal, menenangkan emosi, dan meningkatkan keseimbangan.
Tambahkan satu perasan lemon, satu serpih mint, rosemary, atau segenggam selasih segar untuk mendapatkan aroma yang sedap. Kemungkinan kombinasinya tak terbatas! Untuk menambahkan rasa manis, gunakan sedikit madu, stevia products atau sepotong kayu manis (cinnamon).
Tidak dijual? Pikirkan hal ini: Ketika Anda membeli sebotol teh botol dari toko, harganya bisa mencapai di atas tiga dolar, sedangkan membeli teh celup (tea bag) tidak berharga lebih dari seperempatnya.
Bonus tip: Jika Anda membeli teh botol untuk mendapatkan manfaat kesehatannya, sebenarnya ada banyak ramuan herbs yang bagus yang bisa Anda manfaatkan untuk kesehatan dan keseimbangan.  5 elemen kesehatan (5 Elements of Health) adalah tune-up seluruh tubuh yang bisa mendatangkan vitalitas fisik, toleransi yang tinggi terhadap stres, imunitas yang kuat, pikiran yang jernih, fleksibilitas tubuh, dan pencernaan yang sehat.
Saya berharap Anda terinspirasi untuk meminum teh botol buatan Anda sendiri! Saya mengundang Anda untuk berkunjung lebih sering dan berbagi pengalaman kesehatan pribadi dan longivitas Anda.
Semoga Anda panjang umur, kuat, dan hidup bahagia!
—Dr. Mao

(By Dr. Maoshing Ni, Agu 31, 2010)

(dari: Yahoo! Green)

comment 2 comments:

andri akbar on July 9, 2011 at 5:28 PM said...

masak sih mas?

Hasim said...

@mata Leo: iya sih, katanya .... ;)

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger