LOS ANGELES (Reuters)—Ketika panitia Oscar membuka kampanye promosi mereka dengan, “You’re invited.” Sesungguhnya mereka tidak sedang bercanda—sekurangnya bagi pemirsa melalui Internet.
Tahun ini, beda dengan tahun-tahun sebelumnya, Academy of Motion Picture Arts and Sciences telah memenuhi halaman Facebook, Twitter dan website mereka dengan petunjuk cara-cara para pemirsa bisa menyaksikan penghargaan film paling top di dunia tersebut dan semua kemeriahan yang menyertainya.
Tujuannya, seperti yang dikatakan oleh anggota panitia Academy, adalah untuk membuat siaran Hollywood yang gemerlap itu terasa lebih inklusif bagi para penonton bioskop sehari-hari dan menyita perhatian para fan muda dengan HP di salah satu tangan mereka dan komputer laptop di tangan mereka yang lain.
Kami tahu bahwa, semakin banyak dan semakin banyak lagi, orang yang menonton TV sambil memainkan perangkat lainnya di tangan mereka. Kami ingin perangkat yang kedua itu juga mempunyai hubungan, konten yang komplementer di dalamnya,” kata Ric Robertson, seorang administratoreksekutif Academy tersebut yang juga merupakan orang yang berada di balik media outreach dari siaran Oscar.
Kami tahu bahwa, semakin banyak dan semakin banyak lagi, orang yang menonton TV sambil memainkan perangkat lainnya di tangan mereka. Kami ingin perangkat yang kedua itu juga mempunyai hubungan, konten yang komplementer di dalamnya,” kata Ric Robertson, seorang administrator
“Idenya adalah untuk membuka layar, dan membuat pemirsa mendapat kesan yang nyata tentang bagaimana malam piala Oscar yang sebenarnya,” kata Robertson.
Bukanlah rahasia lagi bahwa dalam tahun-tahun terakhir ini, para pemirsa mulai berpaling dari siaran piala Oscar, yang merupakan siaran TV paling popular ke-dua di Amerika Serikat, dan juga film, secara general. Pemirsa muda kini mempunyai lebih banyak cara untuk menghibur diri—jejaring sosial, video games, SMS, dll—daripada pergi menonton bioskop.
Jumlah penjualan tiket total di bioskop-bioskop di AS dan Kanada jatuh 5 persen pada tahun 2010 hingga menjadi 1,34 miliar. Penghasilan dari box office tidak naik dibandingkan dengan tahun 2009 yang sebanyak $10,6 miliar, dan harga rata-rata tiket bioskop naik menjadi $7,89 dari $7,50.
Menyangkut siaran piala Oscar, siaran tahun lalu adalah siaran yang paling banyak ditonton dalam lima tahun terakhir ini yang hampir mencapai 42 juta pemirsa, namun ini disebabkan sebagian besar oleh popularitas nominasi film terbaik “Avatar,” sebuah hit box office terbesar yang pernah ada.
Pemirsa siaran Oscar biasanya bertambah jika ada film-film populer yang masuk nominasi penghargaan. Capaian pemirsa paling tinggi adalah pada tahun 1998 ketika 57 juta pemirsa tuned in di depan TV untuk menyaksikan film smash hit “Titanic” memenangkan penghargaan sebagai film terbaik. Sedangkan capaian pemirsa terendah adalah tahun 2008 ketika hanya tercatat 32 juta pemirsa tuned in untuk menyaksikan kemenangan film “No Country for Old Men.”
OSCAR ON THE WEB
Jadi, dalam rangka untuk mengundang lebih banyak pemirsa menyaksikan bintang-bintang Hollywood papan atas, panita Academy telah melakukan pendekatan agresif untuk menayangkan gambar-gambar bintang-bintang papan atas tersebut di red carpet, di belakang panggung setelah kamera TV tidak lagi membuntuti mereka, dan bahkan menyiarkan sekilas kehidupan pribadi mereka dengan menampilkan uraian singkat dari ibu mereka dalam siaran yang disebut Oscar's tweeting moms.
Di Twitter, bukan saja website milik Academy tersebut akan diaktifkan (@TheAcademy) dan berbagai nominasi akan di-tweet-kan, tetapi juga ibunya James Franco (@Francosmom) dan neneknya (@Grandmamitz), sutradara “The Fighter” David O. Russell (@Orussellsmom), ibunya sutradara “Toy Story” Lee Unkrich (@EmilieUnkrich) dan lain-lain, direncanakan akan men-tweet.
Di Facebook, Academy akan memposting foto-foto bintang-bintang Hollywood yang hadir dalam acara malam itu atau kejadian-kejadian tak terduga yang tidak tertangkap kamera, dan juga apa yang akan ditampilkan dalam siaran tersebut.
Untuk para fan yang ingin menyaksikan segala sesuatunya menyangkut piala Oscar, website siaran tersebut Oscar.com kini sedang menjual sebuah “tiket semua pintu” (“All Access Pass”) di mana orang bisa menyaksikan siaran langsung lewat Internet tentang apa yang terjadi yang tertangkap oleh 24 kamera di sepanjang red carpet, di belakang panggung, dalam di ruang konferensi pers dan di acara makan malam Governors Ball setelah show selesai.
Akhirnya, ada pula tersedia sebuah applikasi untuk menonton Oscar yang bisa di-download untuk para pengguna iPads dan iPhone.
“Kami telah me-reboot Oscar.com dengan video streams pilihan para user ini,” kata Robertson.
“Kami telah memperbesarnya secara lengkap.”
Source: http://oscars.movies.yahoo.com/news/2435-tweeting-moms-and-web-cams-oscar-gets-geeky-reuters
0 comments:
Post a Comment