5 Cara Mengatasi Dengkur

Mendengkur bukan hanya sekedar gangguan tidur di malam hari; mendengkur juga bisa merupakan masalah kesehatan yang serius, yang mengganggu pola tidur normal dan mengganggu pasangan yang ingin mencoba tidur dengan suara dengkurnya yang keras. Penyakit mendengkur menyerang lebih dari 90 juta kaum dewasa dan pasangan mereka. Salah satu survei di Inggris menemukan bahwa jika pasangan Anda mendengkur, maka pada ulang tahun perkawinan Anda yang ke lima puluh, Anda telah kehilangan waktu tidur selama empat tahun.

Di samping merasa lelah setiap saat, orang yang kurang tidur bisa mengalami gangguan memori dan masalah mood; bahkan mempunyai resiko kecelakaan lalu lintas yang lebih tinggi. Para pendengkur tingkat menengah termasuk mereka yang mendengkur setiap malam, tetapi mungkin hanya ketika mereka tidur terlentang dan tidak berlangsung sepanjang malam. Sedangkan pendengkur berat harusnya berobat ke dokter untuk memastikan bahwa mereka tidak mengalami gangguan tidur yang disebut apnea.

Untuk mereka yang mendengkur ringan atau menengah, di bawah ini adalah cara pengobatan yang bisa membantu Anda—dan partner Anda—tidur lebih baik.
1) Bola Tenis
Jika Anda kebanyakan mendengkur ketika Anda tidur terlentang, letakkan sebuah bola tennis di dalam kantung kemeja yang dipotong dari T-shirt bekas dan jahitkan di tengah-tengah bagian belakang bagian atas piyama Anda yang ketat. Rasa tidak nyaman akan mengganggu Anda untuk memutar dan tidur menyamping, tanpa harus terjaga. Ahli masalah ini: Jacob Teitelbaum, MD, seorang internis bersertifikat dan direktur medis dari Fibromyalgia and Fatigue Centers.
2) Bantal Ekstra
Cobalah mengganjal kepala Anda menjadi lebih tinggi dengan sebuah bantal ekstra untuk menghentikan mendengkur. Hal ini akan lebih membuka saluran udara Anda, yang akan mencegah bagian belakang kerongkongan menjadi kolaps dan menyebabkan mendengkur. Anda bisa pula menaikkan kepala tempat tidur Anda dengan cara meletakkan beberapa potong bata di bawah kaki tempat tidur Anda, misalnya. Ahli masalah ini:Philip Westbrook, MD, pendiri dan mantan direktur Sleep Disorders Center pada Mayo Clinic di Rochester, MN, dan Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles, mantan presiden American Academy of Sleep Medicine, dan bekas editor jurnal Sleep Medicine Reviews
3) Pelembab Ruangan
Jika Anda mendengkur disebabkan oleh flu atau hidung tersumbat, salah satu cara untuk meng melonggarkan hidung Anda adalah dengan menghidupkan pelembab ruangan (humidifier) di dalam kamar tidur Anda. Hal ini akan membuat sinus Anda tersalurkan, yang dengan demikian akan menciutkan ingus Anda dan memperbaiki aliran udara untuk mengurangi dengkur. Mengoleskan sedikit Vicks VapoRub di dada Anda di malam hari juga akan membantu membuka saluran nasal Anda, dan mengurangi dengkur. Ahli masalah ini: James Herdegen, MD, direktur medis Sleep Science Center at the University of Illinois
4) Plester Hidung
Jika Anda mendengkur tetapi Anda tidak mempunyai masalah sinus atau batuk, Anda bisa mengurangi dengkur Anda dengan cara memakai sebuah OTC nasal strip (plester hidung OTC), seperti Breathe Right. Plester ini akan membuka saluran nasal Anda sehingga menjadi lebi lebar, yang akan memberi Anda aliran udara yang lebih baik. Ahli masalah ini: James Herdegen, MD, direktur medis of Science Center at the University of Illinois
Obat alami untuk 9 penyakit umum

5) Mouth Guard (pelindung mulut)
Alat penyangga rahang bawah (mandibular advancement device), yang juga dikenal sebagai oral appliance, bentuknya seperti mouth guard (penyangga gigi seperti yang dipakai para petinju) untuk Anda pakai di malam hari. Alat ini bisa menopang rahang bawah Anda keluar, sehingga memperlebar saluran udara dan mengurangi dengkur. Studi menunjukkan alat ini 90% efektif untuk mengurangi suara ribut akibat mendengkur. Harganya $500 hingga $1.000 dan bisa bertahan hingga 3 tahun. Dokter gigi Anda bisa memilihkan yang cocok bagi Anda. Untuk yang lebih murah, Anda bisa membeli sebuah alat OTC yang dinamakan snore guard. Rebus terlebih dahulu dan masukkan ke dalam mulut Anda untuk menciptakan sebuah impresi pada gigi dan struktur gigi Anda. Tujuannya sama: untuk membuat rahang bawah Anda sedikit lebih maju sehingga kerongkongan bagian belakang Anda sedikit lebih lega. Ahli masalah ini: James Herdegen, MD, direktur medis Sleep Science Center di University of Illinois.( by The Editors of Prevention, on Wed Mar 30, 2011 12:26pm PDT)

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger