Di China, Telur Direbus Dengan Air Kencing

Anda boleh berkata bahwa Anda sudah mendengar tentang makanan China yang aneh-aneh, tapi China melakukan sesuatu yang baru. Kali ini mereka menyajikan telur rebus segar yang direbus menggunakan air kencing (urin) anak-anak. Di provinsi Zhejiang di China, telur rebus urin adalah sebuah makanan yang lezat dan orang-orang sana tidak pernah merasa bosan menikmatinya.

telur sedang dimasak dengan urin

Telur-telur tersebut direndam dan direbus di dalam urin anak-anak yang belum akil baligh. Para pedagang mengumpulkan urin dari sekolah-sekolah setempat menurut juru masak Lu Ming, semakin muda sang anak, semakin bagus urinnya. “Urin tersebut dikumpulkan dari sekolah-sekolah setempat dan urin yang terbaik adalah urin anak yang berusia di bawah 10 tahun,” katanya.

urin dikumpulkan dari sekolah-sekolah
Kemudian telur-telur tersebut—yang mempunyai nilai budaya resmi yang penting—direbus di dalam air urin tersebut, pertama-tama dengan kulitnya dan kemudian dengan tanpa kulit selama sehari semalam. Prosesnya memakan waktu sekitar satu hari sebelum siap dihidangkan dalam keadaan ‘segar’ dan dijual seharga 1,50 Yuan atau sekitar $23 (sekitar Rp.2.000).

telur direndam dengan urin anak-anak

Telur rebus urin tersebut yang dikenal sebagai Tong Zi Dan (telur anak-anak) telah lama menjadi hidangan di beberapa bagian China selama beratus-ratus tahun dan jika pejabat kebudayaan China pandai-pandai, mungkin kita bisa pula melihat telur-telur ini di seluruh dunia. “Kami kini mempunyai keinginan besar untuk mengekspor karena kami ingin orang-orang di luar China juga ikut menikmati kelezatan masakan kami,” kata juru masak Lu Ming dalam sebuah artikel di Qianjiang Evening Post. Akan tetapi tidak semua orang suka ‘telur anak-anak’ ini. Mr. Li yang dikutip dalam artikel tersebut mengatakan, “Saya tidak tahan dengan baunya. Memikirkannya saja saya ingin muntah.” (By POPJOLLY MARCH 13, 2011 WEIRD)

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger