Tanaman yang Bisa Menyehatkan Ruangan


Zat kimia yang berasal dari material bangunan, furnitur, dan bahkan penyegar udara bisa menimbulkan racun udara dalam ruang, menurut Badan Perlindungan Lingkungan (Environmental Protection Agency). Tapi hal ini bisa diatasi dengan menempatkan beberapa jenis tanaman di dalam ruang, kata B.C. Wolverton, Ph.D, seorang bekas ilmuwan peneliti NASA dan pengarang buku How to Grow Fresh Air.
“Tanaman rumah melepas oksigen dan membantu membuang zat-zat kimia seperti formaldehyde, sejenis uap air (vapor) yang umum terdapat dalam ruang yang bisa menimbulkan masalah pernapasan dan saraf, dan juga kanker. Lima tanaman di bawah ini mungkin tidak akan bisa menyembuhkan penyakit astma Anda, tapi bisa membantu Anda bernapas dengan lebih mudah.
English ivy
Terdapat dalam pelbagai bentuk dan warna, tanaman merambat ini membantu menghilangkan formaldehyde. Tanaman ini juga sangat serbaguna: Anda bisa menanamnya dalam keranjang gantung, pot lantai, atau bahkan dibuat sebagai tanaman berbentuk (topiary). Tanaman ini memerlukan pelembaban dengan cara menyemprotkan air (misting) secara teratur, terutama pada musim dingin.

 

Bamboo palm 
Berguna untuk menghilangkan formaldehyde dari udara, bamboo palm ini tidak perlu perawatan rumit: Letakkan saja di tempat di mana tanaman ini bisa mendapatkan cahaya matahari langsung selama dua jam, dan siram secara teratur.

 

Peace lily 
Mahir dalam menghilangkan racun yang ditimbulkan oleh pencucian pakaian (laundry), termasuk acetone, benzene, alkohol, dan ammonia, peace lily adalah satu-satunya tanaman pembersih udara dalam daftar ini yang bisa berbunga. Untuk menjaga tanaman ini tetap sehat dan bebas serangga, Anda harus membersihkan daun-daunnya sekali-sekali.


Lady palm 
Tanaman ini bisa membersihkan udara dari zat-zat kimia, termasuk ammonia, dan sangat resisten terhadap serangga. Tanaman ini cukup mudah perawatannya, namun Anda perlu memangkas ujung-ujung daunnya jika berubah warna menjadi kecoklatan akibat endapan garam dan mineral.

 

Rubber plant
Anda bertangan panas? Rubber plant cocok untuk Anda. Tanaman ini mendapat reputasi tinggi dalam menghilangkan formaldehyde dan bisa diletakkan pada temperatur dan cahaya yang rendah. Anda hanya perlu menyiramnya secara teratur. (By Elizabeth Roehrig, Rabu 04 April 2012)

Related links: 

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger