Therapi Gen: Glybera Disetujui oleh Komisi Eropa

Pill
Therapi gen mengubah DNA pasien
Sebuah cara pengobatan (treatment) dengan cara memperbaiki kesalahan pada kode genetik (genetic code) seseorang telah disetujui untuk digunakan secara komersial di Eropa untuk yang pertama kalinya.

Komisi Eropa telah memberi Glybera hak atas pemasaran, yang berarti obat tersebut bisa dijual di seluruh wilayah Eropa.
Glybera adalah sebuah therapi gen bagi penyakit langka yang menyebabkan tubuh seseorang tidak mampu mencerna lemak dengan baik.
Pembuat produk tersebut mengatakan Glybera akan tersedia di pasaran tahun depan.
Therapi gen mempunyai premis yang sederhana. Jika ada masalah dengan sebagian dari kode genetik si pasien maka kode tersebut harus diubah.
Akan tetapi, metode tersebut telah dilanda banyak masalah. Para pasien banyak yang terkena leukemia dan pada salah satu percobaan di AS seorang remaja tewas.
Di Eropa dan AS, therapi tersebut hanya digunakan di dalam laboratorium penelitian.
Masalah lemak

Glybera digunakan untuk menangani kekurangan lipoprotein lipase. Satu dalam sejuta orang mengalami kerusakan pada kopi-kopi dari sebuah gen yang esensial untuk memecah lemak.
Hal itu menyebabkan lemak menumpuk di dalam darah sehingga menimbulkan rasa sakit di perut dan inflamasi pankreas yang berbahaya (pancreatitis).
Satu-satunya cara menangani kondisi seperti ini adalah dengan mengkonsumsi diet yang sangat rendah lemak.
Therapi Glybera, yang dikembangkan oleh UniQure, menggunakan sebuah virus untuk menginfeksi sel-sel otot dengan sebuah kopi gen yang masih bisa bekerja.
Badan Pengobatan Eropa merekomendasikan therapi tersebut diberikan bagi pasien yang kondisinya paling parah pada awal tahun 2012.
Kepala UniQure John Aldag mengatakan: “Persetujuan akhir bagi Glybera dari Komisi Eropa menandai sebuah langkah besar ke depan dalam menyediakan therapi gen bukan hanya bagi penyakit kekurangan lipoprotein lipase, tetapi juga bagi sejumlah penyakit langka lainnya dengan yang cara pengobatannya masih langka pula.
Perusahaan tersebut mengatakan mereka akan meminta persetujuan untuk penggunaan di AS dan Kanada.
China adalah negara pertama yang secara resmi persetujuan (sanction) bagi sebuah therapi gen. ()
More on This Story
Related Stories

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger