Si Jenius Berusia 5 Tahun Ini Belajar Membaca di Toilet

Gus Dorman sedang mengerjakan teka-teki Tabel
 Elemen Periodik (Rob Dorman/ABC News)
Dia adalah salah satu anggota Mensa termuda, namun bocah berusia 5 tahun dari Collinville. Ill., ini mendapatkan predikatnya tersebut dengan cara yang cukup konvensional: belajar membaca di toilet.

“Dia mulai membaca ketika usianya 18 bulan,” kata Rob Dorman pada Suburban Journal tentang anaknya, Gus, yang ketika itu dia temukan sedang membaca sebuah koran di kamar mandi. “Waktu itu dia sedang duduk di toilet portabel sambil membaca sebuah surat kabar. Saya perhatikan dia suka membaca peta jadi saya memberinya sebuah peta. Dalam tempo kira-kira seminggu, dia telah berhasil menghapal segala sesuatu yang ada dalam peta tersebut. Dia selalu sangat pintar.”

Selain bisa membaca pada usia yang masih sangat-sangat muda, Gus juga telah mampu menghapal setiap elemen dalam tabel periodik, dan juga semua negara-negara di dunia dan semua dari 50 Negara Bagian A.S.

“Mereka mengajari saya hal-hal yang saya sudah tahu,” kata Gus pada Suburban Journal ketika ditanya tentang pengalamannya di sekolah TK.

Orang tuanya setuju, sambil mengatakan bahwa Gus mengalami masalah di sekolahnya karena pelajaran-pelajarannya terlalu mudah baginya.

“Dia berada terlalu jauh di depan, dia merasa bosan dan mengalami kesulitan,” kata Rob Dorman. “Dia pikir dia adalah anak nakal tapi sebenarnya dia hanya membutuhkan tantangan.”

Bulan lalu, keluarga Dorman memutuskan untuk menguji IQ anak mereka tersebut secara resmi. Hasilnya menunjukkan bahwa IQ Gus adalah 147, yang berarti dia berhak dimasukkan sebagai anggota Mensa, yang mensyaratkan IQ 130 bagi siapa saja yang ingin bergabung.

Mensa adalah organisasi orang yang ber-IQ tinggi yang tertua dan terbesar di dunia. Mensa menggambarkan tujuan mereka “untuk mengidentifikasi dan untuk membina kecerdasan manusia bagi  kepentingan kemanusiaan; untuk menggairahkan penelitian tentang hakikat, karakteristik, dan kegunaan intelijensi; dan sebagai wadah lingkungan sosial dan intelektual yang membantu perkembangan setiap anggotanya.”

Mensa mempunyai anggota lebih dari 100.000 orang di lebih dari 100 negara, menurut website kelompok tersebut.

Menariknya, ada banyak anak-anak yang menjadi anggota Mensa selama beberapa tahun belakangan ini. Website Mensa bahkan menyediakan sebuah panduan bagi para orang tua yang ingin mengetahui apakah “anak mereka cemerlang.”

Pada bulan Mei 2012, Mensa kedatangan seorang gadis Kanada berusia 2 tahun sebagai anggota mereka. Tentu saja, bahkan meski IQ-nya sangat tinggi, Emmelyn Roettger si bocah cilik ini masih cenderung bersifat sebagai anak-anak pada umumnya. Dalam sebuah penampilannya dalam acara “Today” di NBC, Roettger melihat para presenter acara tersebut sedang lengah ketika dia dengan polosnya berkata, “Saya mau e’ek.” (By Eric Pfeiffer, Yahoo! News | The Sideshow – Thu, Apr 25, 2013)

http://news.yahoo.com/blogs/sideshow/5-old-mensa-member-learned-read-while-using-192904073.html

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger