Perjalanan Menuju Mars; Siapa Ikut?

(Photo: Bryan Versteeg /Mars One)

Sekurangnya 20.000 orang petualang sejati telah mendaftar untuk ikut dalam sebuah proyek perjalanan permanen menuju planet merah ini.

Hanya dalam tempo satu minggu, pendaftar dalam proyek Mars One meledak—600 orang hanya dari China saja.

Meski perjalanan dan training menuju planet ini kedengarannya tidak mudah, namun persyaratannya bagi para calon terbuka lebar: Jika Anda punya ketangguhan, mampu beradaptasi, dan punya rasa ingin tahu, Anda boleh jadi memenuhi syarat. Kemampuan ilmiah dan keterampilan sebagai astronot tidak diperlukan.

Kita bisa menambahkan bahwa kesabaran adalah sebuah nilai plus, karena tiket sekali jalan menuju planet merah yang spesial ini, yang ditawarkan oleh sebuah organisasi Belanda yang bernama Mars One, baru akan tersedia pada tahun 2023.

Namun hal itu tampaknya tidak membuat para petualang Mars berkecil hati. Pada tahun lalu, 10.000 orang dari 100 negara telah mengemukakan minatnya ikut program tersebut, dan sekarang banyak pelamar yang telah membayar uang pendaftaran telah pula mengirimkan dan membagikan video satu menit mereka, yang telah disiarkan untuk publik dalam website Mars One.

Organisasi tersebut berencana mengadakan acara pemilihan oleh pemirsa TV untuk memilih kandidat yang paling mereka sukai. Jadi ya, proses ini lebih menyerupai sebuah reality show daripada “Right Stuff.” Faktanya, setelah melalui kompetisi di TV selama dua tahun, para pemirsa akan membantu menyeleksi para calon hingga menjadi tinggal 24 orang.

“Hari-hari ketika keberanian dan jumlah jam terbang seseorang menjadi syarat utama untuk mengikuti perjalanan ke angkasa luar itu sudah berlalu,” kata Norbert Kraft, direktur medis utama Mars One dan bekas peneliti senior NASA, dalam sebuah pernyataannya.

Dia menambahkan, “Untuk misi penempatan permanen ini, kami lebih memperhatikan seberapa baik masing-masing astronot hidup dan bekerja sama satu sama lain dan kemampuan mereka menghadapi tantangan seumur hidup.”

Para penjelajah yang beruntung terpilih nanti—yang harus sekurangnya berusia 18 tahun, dengan tinggi 157 cm, dan mempunyai visi 20/20—kemudian akan menjalani training selama enam hingga delapan tahun dan akan dikelompokkan ke dalam beberapa tim yang masing-masing terdiri dari empat orang, yang kemudian akan berlatih bersama dalam sebuah simulasi kondisi kehidupan di planet. Dan ya, para pemirsa akan memutuskan kelompok empat yang pertama yang akan pindah ke Mars.

Hanya empat orang sekali jalan yang akan menuju Mars. Kemudian menurut rencana empat orang lainnya akan dikirim setiap dua tahun sekali.

Lembaga yang ada di balik petualangan yang ambisius ini adalah Mars One, yang menggambarkan dirinya sebagai sebuah organisasi “not for profit” yang merencanakan mendanai perjalanan ke Mars yang mahal ini—yang diperkirakan akan menelan biaya $6 miliar—dari hasil pemasukan dari siaran TV global interaktif yang belum pernah disaksikan dunia sebelumnya, mulai dari pemilihan para astronot hingga, akhirnya, terbang.

Co-founder Mars One Bas Lansdorp menjelaskan pada Yahoo! News tahun lalu, “Proyek ini akan menjadi acara reality TV yang ‘real’—petualangan otomatis akan terlibat dengan sendirinya; kami tidak perlu menambahkan tantangan-tantangan palsu.” Dia melanjutkan, “Dengan cara mengirim kru yang baru setiap dua tahun, Mars akan memiliki penduduk manusia yang nyata dan berkembang biak—siapa yang tidak ingin mengikuti peristiwa besar dalam sejarah manusia ini?” (By Claudine Zap | Compass – Mon, Apr 29, 2013 4:52 PM EDT)

http://travel.yahoo.com/blogs/compass/want-visit-mars-applications-being-taken-205216264.html

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger