Tiga Alasan Bangun Pagi Boleh Jadi Tidak Baik Bagi Anda

woman sleeping
Unsplash

Baru-baru ini saya menemukan sebuah artikel dari seorang kontributor fellow Inc. yang mengklaim bahwa bangun pukul 5 pagi bisa meningkatkan produktivitas. Kedengarannya seperti sebuah nasihat yang kukuh. Apalagi, Benjamin Franklin mengatakan, “Tidur lebih awal, bangun pagi lebih awal, membuatmu menjadi sehat, kaya, dan bijaksana.” 

Sebagai seorang ilmuwan behavioral, saya harus bertanya: Benarkah itu? Benarkah Anda akan menjadi lebih baik jika Anda bangun pukul 5 pagi? Setelah meneliti riset tersebut, ternyata saya harus tidak setuju. Tidak semua kita merupakan orang yang terbiasa bangun pagi. Kecuali Anda memang secara biologis disetel untuk bangun pagi, Anda tidak perlu memaksakan diri. Di bawah ini adalah tiga alasan kenapa begitu:

1. Bangun pagi bisa mengurangi kebahagiaan 

Banyak orang sukses yang bangun pagi-pagi untuk memulai pekerjaan mereka. Menurut ilmuwan neurosain circadian Russel Foster, tidak ada penelitian yang mengatakan bahwa bangun pagi-pagi akan membuat Anda menjadi lebih produktif. Tidak juga berarti Anda akan menjadi lebih kaya—tidak ada beda antara status sosioekonomi antara orang yang bangun pagi-pagi dengan orang yang bangun agak siang.

Nyatanya, dalam sebuah survei tentang apa yang membuat orang bahagia (a survey on what makes people happiest), faktor nomer satu adalah tidur yang cukup. Jauh di bawahnya adalah interaksi sosial.

2. Bertentangan dengan sigat biologis 

Dr. Michael Breus, yang juga dikenal sebagai “Dokter Tidur”, menekankan bahwa tubuh kita terprogram untuk berfungsi terbaik pada jam-jam tertentu di siang hari. Preferensi waktu ini berbeda-beda dari orang yang satu ke orang yang lain karena masing-masing kita mempunyai jam biologis yang berbeda-beda. Dalam "The Power of When", Dr. Breus memisahkan preferensi ini ke dalam empat kategori Kronotipe—Lumba-lumba, Singa, Beruang, dan Serigala.
  • Singa adalah orang-orang pagi yang cenderung bangun bersama matahari terbit.
  • Beruang adalah orang yang mempunyai pola tidur paling umum dan normal, di mana Anda tidur di malam hari dan terjaga di sepanjang hari.
  • Lumba-lumba adalah mereka yang tidak pernah tidur dengan baik. Di alam, lumba-lumba hanya membiarkan separuh dari otak mereka tidur setiap kali mereka tidur.
  • Serigala adalah mereka yang bekerja di malam hari dan paling produktif ketika malam hari.
Biologi kita mempengaruhi pukul berapa di siang hari kita paling produktif. Kebanyakan orang tidak diciptakan untuk secara konsisten bangun pada pukul 5 pagi.

Keucali Anda adalah tipe Singa, yang diciptakan untuk bekerja di malam hari, jangan paksakan diri Anda. Boleh jadi Anda akan bisa menjalaninya selama beberapa waktu, tapi tidak secara terus menerus. Pada akhirnya, tubuh Anda akan rubuh. 

3. Kehilangan produktivitas

Bangun pada waktu yang tidak alami bagi Anda bisa membuat Anda kekurangan tidur. Ketika Anda lelah, maka Anda akan kehilanagn produktivitas. Anda akan menjadi lebih rongseng (pemarah) dan kurang berfungsi dengan baik.

Berbagai penelitian memperkirakan bahwa efek dari kekurangan tidur bisa menyerupai mereka mengalami intoksikasi. Nyatanya, salah satu penelitian menemukan bahwa setelah tidak beristirahat selama 17 hingga 19 jam, performa seseorang akan sama atau lebih buruk dibandingkan mereka yang level konsenstrasi alkohol (BAC) dalam darahnya 0,05 persen. Waktu reaksi pada mereka yang kurang tidur 50 persen lebih lambat dibandingkan dengan mereka yang telah meminum alkohol.

Bagi sedikit orang yang memang secara biologis diciptakan untuk bangun pagi-pagi, bangun pada pukul 5 pagi boleh jadi adalah hal yang alami dan bermanfaat. Akan tetapi, kebanyakan dari kita diciptakan untuk tidur pada siklus yang berbeda-beda dan mencoba mengubah hal itu adalah sama halnya dengan mencoba melawan gravitasi. Tak peduli berapa tinggi pun Anda melompat, Anda akan selalu jatuh ke tanah. Jangan merasa bersalah karena Anda tidak bangun pagi-pagi. Anda tidak akan mendapat manfaat jika Anda memaksakan diri untuk itu. Dalam jangka panjang, hal itu bisa secara negatif mengganggu siklus tidur biologis Anda dan mengurangi kekuatan Anda—dengan tanpa membuat Anda menjadi lebih efisien atau mendapatkan sesuatu yang benar-benar bermanfaat bagi Anda.

Read the original article on Inc.. Copyright 2017. Follow Inc. on Twitter.

http://www.businessinsider.com/you-shouldnt-wake-up-at-5am-every-day-2017-5?IR=T&r=US&IR=T

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger