Pesan Penting untuk Pengguna ATM

www.oceanatm.com

Di bawah ini adalah tips keamanan penggunaan ATM yang berlaku di A.S., yang saya ambil dari situs www.buzzvines.com. Saya tidak tahu apakah teknik ini berlaku juga di Indonesia. Begini bunyi tips itu:

Ingatlah selalu**Jika Anda dipaksa oleh seorang perampok atau seseorang untuk mengambil uang dari mesin ATM**Masukkan nomer PIN Anda**secara terbalik**

Misal nomer PIN Anda 1254, masukkan 4521. Maka mesin ATM akan tetap mengeluarkan uang yang Anda minta, tetapi juga akan mengenali ini secara otomatis sebagai sebuah panggilan untuk minta**Bantuan**Dan akan memberi tahu polisi.

Pilihan ini terdapat pada semua mesin ATM, tetapi tidak banyak orang yang tahu. Sampaikan pesan ini pada yang lain. Tidak ada salahnya hal ini diingat-ingat ….

**Keep Smiling**


Tapi tampaknya sistem itu tidak dengan serta merta bisa diterapkan, tidak semudah itu, dan masih ada beberapa kendala, baca tanggapan pembaca berikut ini:

Saya tidak setuju dengan tips di atas. Ada klaim bahwa teknologi jenis ini memang ada; akan tetapi, belum ada institusi perbankan yang sudah mengimplementasikannya. Oleh karena itu, kemungkinan si korban berhasil memberi tahu polisi dengan cara memasukkan kode PIN-nya secara terbalik sangatlah kecil.

Joseph Zinger, orang yang berada di balik ide ini, telah mengembangkan software ATM yang bernama Safetypin pada tahun 1994. dan semenjak saat itu, dia berusaha menjual idenya pada bank-bank A.S. tetapi tidak berhasil. Pada tahun 2004, undang-undang yang meminta bank menggunakan teknologi ini diberlakukan di Negara bagian Illinois, meskipun itu bukan keharusan.

Gerakan pengimplementasian  kode PIN secara terbalik ini sekarang sedang berlangsung. Akan tetapi, tidak ada desakan untuk menggunakan cara ini, karena jika cara ini dipergunakan pada bank yang belum menginstal sistem ini, hal itu malah akan membahayakan si korban lebih jauh, karena hal itu bisa menyebabkan penundaan pencairan uang. Dan kalau hal ini terjadi tentu akan memberi cukup alasan bagi sang penjahat untuk melakukan kekerasan lebih jauh.

Tampaknya belum masuk akal untuk menggunakan cara ini. Bagaimana jika PIN saya adalah sebuah palindrome misalnya 3443 atau 4444. Apakah saya  bisa memberi tahu para penegak hukum ataukah tidak, meski saya ingin melakukannya?  Hanya diperlukan satu atau dua menit untuk melakukan sebuah transaksi, kemudian para perampok itu lari. Apa yang akan Anda katakan pada polisi, “Dia lari ke sana sekitar 15 menit lalu, Pak Polisi?” Apalagi gunanya? 
BABAR SHEHZAD Karachi

** Keep Smiling**

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger