Keuntungan Meditasi dan Bagaimana Memulainya

Written by Suzannah Moss - FHG Staff Writer

Meditation1SEMAKIN hari semakin banyak orang belajar meditasi untuk mengurangi stress dan melawan serangkaian penyakit, baik penyakit fisik maupun mental. Manfaat meditasi, baik secara  fisik maupun psikologis, boleh jadi sangatlah besar.
Meditasi telah dipraktikkan orang selama ribuan tahun dan merupakan bagian integral dari banyak agama, seperti Buddha dan Hindu. Tapi Anda tidak perlu menganut agama-agama tersebut untuk melakukan meditasi. Faktanya, bentuk-bentuk meditasi non-religius dan ‘terapi kognitif berdasarkan pemusatan pikiran’ (mindfulness based cognitive therapy)—sebuah kombinasi dari meditasi dan terapi kognitif—semakin menanjak popularitasnya sebagai cara untuk mendapatkan kesehatan dan membentuk kepribadian yang baik.
Dasar
Salah satu ciri umum dari semua bentuk meditasi adalah menyalurkan pikiran yang sadar, sering diartikan sebagai melepaskan pikiran—dalam rangka untuk menciptakan sebuah keadaan di mana kesadaran yang tenang tercipta secara lengkap.
Manfaat
Ide bahwa tidak ada yang terjadi ketika Anda sedang melakukan meditasi tidak bisa dipungkiri. Dengan bantuan teknologi scanning-otak yang maju, para peneliti kini menemukan bahwa meditasi secara langsung memperngaruhi fungsi dan struktur otak, mengubah otak sedemikian rupa sehingga mampu memperpanjang jangka waktu perhatian (attention span), mempertajam fokus dan memperbaiki memori. Sebuah studi pada tahun 2005 menggunakan hasil scan untuk membandingkan otak orang yang melakukan meditasi selama 1 – 30 tahun dengan yang tidak pernah melakukan meditasi sama sekali. studi tersebut menemukan bahwa meditasi mempertebal area di seputar korteks, sebuah bagian otak yang berperan kunci dalam memori, proses pikiran dan bahasa.  
Beberapa studi yang dirancang khusus untuk menyelami manfaat meditasi telah menunjukkan bahwa meditasi membantu menghilangkan penyakit jantung, mengurangi rasa sakit, memperlambat proses penuaan, mengurangi tekanan darah, melawan inflamasi, mengurangi kecemasan, dan mengendalikan penyakit astma.
Pada level psikologis, meditasi membantu membangkitkan pikiran positif dan mengembangkan kesabaran dan pemahaman, membantu membangkitkan kesadaran akan ‘apa yang ada’ bukannya berjuang mendapatkan ‘apa yang seharusnya ada’ atau ‘apa yang seharusnya sudah ada’.
Pada level psikologis, pernapasan yang lambat (slow) dalam meditasi bisa memantapkan detak jantung, memperendah tekanan darah dan menggeser aktifitas dari  sisi sebelah kanan otak, yang berhubungan dengan bicara, membuat pertimbangan dan akal sehat, ke sisi yang lebih intuitif, sisi sebelah kiri yang non verbal.
Penelitian juga telah menemukan bahwa meditasi mengurangi produksi hormon stress seperti kortisol dan meningkatkan produksi neurotransmitters yang membantu kita merasa bahagia dan rileks.
Hasil yang Diharapkan
Anda bisa mempelajari teknik-teknik dasar meditasi di tempat-tempat pelatihan meditasi yang baik tentu saja, dan banyak guru yoga mengajarkan meditasi singkat pada bagian akhir pelajaran yoga yang mereka berikan. Kini semakin banyak dokter dan perawat yang juga menawarkan pelatihan meditasi sebagai bagian dari perawatan mereka.
Guru yang berbeda mempunyai teknik yang berbeda pula dan kebanyakan dari mereka menawarkan banyak cara untuk mencapai keadaan diam (stillness), namun semuanya mensyaratkan tubuh kita harus dalam keadaan rileks sebagai permulaannya. Anda tidak perlu duduk menyilang dalam posisi lotus untuk melakukan meditasi—Anda bisa melakukannya di mana saja—di bus, pada saat makan siang, di meja kerja Anda, di taman dan Anda bisa melakukannya kapan saja Anda merasa perlu berhenti sejenak dari pekerjaan Anda.
Dalam beberapa tradisi meditatif, seperti Tai Chi dan Chi Gung, menggerakkan badan atau berjalan kaki dilakukan untuk mengharmoniskan tubuh dan pikiran.
Banyak teknik meditatif yang mengharuskan Anda menjaga tulang punggung Anda tegak lurus untuk memperlancar aliran ‘chi’ atau ‘kundalini’, atau dalam istilah umum, istilah umum untuk menstimulasi sirkulasi. Sebagian guru meditasi menyarankan Anda untuk menutup mata untuk melepaskan diri dari godaan visual, sebagian lainnya hanya meminta Anda untuk memfokuskan pandangan hanya pada objek tertentu.
Ada banyak cara untuk mencapai keadaan meditatif. Cara-cara tersebut mencakup mengamati pernapasan Anda ketika Anda sedang menarik napas dan mengeluarkannya secara perlahan, kadang-kadang mengucapkan mantra berulang-ulang, atau merenungkan sebuah koan (teka-teki) atau hanya memfokuskan pandangan pada sepotong lilin atau benda-benda lainnya.
Sebagian guru meditasi dan CD-CD tentang meditasi menggunakan cara meditasi terpimpin atau visualisasi yang kadang-kadang mencakup cara-cara membayangkan sebuah pemandangan relaksasi tertentu seperti hutan rimba atau pegunungan. Jika perhatian Anda melayang-layang, Anda akan diajak dengan halus untuk mengembalikan pikiran Anda pada keadaan saat ini. Ini mungkin kedengaran sulit namun dengan sering melakukan praktik hal itu akan menjadi mudah.
Bagaimana Rasanya
Anda mungkin akan merasa sangat rileks dengan perasaan tenang dan damai setelah melakukan meditasi. Banyak orang yang merasa kejelasan (clarity) dan kesadaran (awareness) mereka meningkat, dan keadaan ini terus berlangsung dalam kehidupan mereka sehari-hari. Meskipun kebanyakan orang hanya mengalami efek positif dari meditasi yaitu bisa meredakan emosi-emosi negatif. Emosi-emosi negatif ini mencakup kecemasan, kepanikan, kemarahan, disorientasi atau merasa menjadi sangat murung. Itulah sebabnya sebaiknya Anda memulainya dengan guru yang baik yang bisa membuat Anda merasa nyaman.

Jenis-jenis Meditasi

Meditasi transendental

·        Apa itu: Jenis meditasi ini diperkenalkan ke dunia Barat oleh Maharishi Mahesh Yogi dan dipopulerkan oleh the Beatles pada tahun 1960-an. Meditasi transcendental (TM) adalah sebuah adaptasi dari teknik-teknik dalam agama Hindu. Kebanyakan penelitian medis dan ilmiah tentang meditasi dilakukan pada TM ini.

·        Bagaimana cara melakukannya? Meskipun Anda bisa mendapatkan CD dan DVD tentang TM, namun teknik yang sebenarnya perlu bimbingan secara pribadi dari ahlinya. Teknik ini mencakup sebuah seremoni di mana Anda diberi kata rahasia tertentu atau mantra. Untuk melakukan TM Anda perlu meluangkan waktu 15-25 menit per hari.

 

Meditasi Vipassana (Vipassana Meditation)

·        Apa itu? Kadang-kadang disebut juga meditasi dari dalam (insight meditation), vipassana berarti ‘melihat segala sesuatu dengan jelas’. Teknik meditasi ini telah digunakan dengan sangat sukses di penjara.

·        Bagaimana cara melakukannya? Secara tipikal Anda akan diarahkan untuk fokus pada pernapasan Anda dan diarahkan untuk melihat sisi impermanen segala sesuatu.

 

Meditasi Zen (Zen Meditation)

·        Apa itu? Berasal dari Jepang dan China, jenis meditasi ini mencakup relaksasi tubuh dan pikiran untuk menyelami hakikat kehidupan Anda dari dalam. Zen mengajarkan bahwa sifat Ego secara alamiah adalah menentang, sehingga diperlukan latihan yang regular untuk untuk mencapai hal ini.

·        Bagaimana cara melakukannya? Duduklah dalam posisi yang berbeda-beda termasuk posisi lotus, tutup bathin Anda dari segala macam pikiran dan bayang-bayang dengan cara menghitung napas Anda atau dengan memfokuskan diri pada pusat energi di bawah pusar.

Terapi Kognitif Berdasar Pemusatan Pikiran (Mindfulness Based Cognitive Therapy)

·        Apa itu? Meditasi jenis ini akhir-akhir ini diteliti di Oxford University. Meditasi ini adalah gabungan dari berbagai macam meditasi dan terapi kognitif yang mengajarkan Anda menyadari segala sesuatu yang Anda lakukan di dalam kehidupan Anda sehari-hari. Terapi jenis ini telah disetujui oleh NHS untuk membantu orang-orang yang mengalami dua atau tiga jenis depresi.

·        Bagaimana cara melakukannya? Biasanya diajarkan selama delapan minggu di mana Anda akan diarahkan untuk memusatkan perhatian Anda pada tempat di sini (here) dan sekarang (now) melalui penyadaran akan kegiatan sehari-hari. Jika timbul pikiran atau perasaan yang tidak diinginkan, Anda akan diarahkan untuk memahaminya dan menerimanya jika Anda bisa, daripada menolaknya atau mengingkarinya.

 

Berapa Biaya Kursus Meditasi?

Ada banyak biaya yang berbeda-beda. Beberapa pusat latihan meditasi menawarkan praktik meditasi gratis, sedangkan beberapa tempat lain menawarkan biaya yang berbeda-beda antara £10 sampai £60 satu jam, tergantung di mana Anda tinggal dan di mana Anda latihan.
Jika Anda melakukan meditasi sebagai bagian dari pelajaran yoga biayanya kira-kira antara £5 sampai £12 satu jam.

Berapa Sesi yang Saya Perlukan?

Tidak ada angka pasti. Anda bisa mempelajari dasar-dasarnya dalam satu sesi, atau Anda lebih suka mengikuti sesi reguler sampai Anda merasa lebih nyaman.

Kecocokan (Compatibility)

Meski tidak secara langsung, meditasi ‘terapi’ akan bekerja sama dengan baik dengan obat-obatan ortodoks dan terapi komplementer lainnya. Jika Anda mempunyai masalah kesehatan mental, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter atau psikoterapis terlebih dahulu.

Beberapa Kondisi Akibat Meditasi

·        Rasa Sakit: Ada banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa meditasi bisa mengurangi rasa sakit kronis. Salah satu penelitian yang terkenal yang dilakukan di Texas University menemukan bahwa sebagai bagian dari pengobatan tradisional, meditasi memperkuat efektifitas pengobatan medis gaya barat. Dalam sebuah penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of Behavioural Medicine, para pasien yang menderita sakit pinggang, migraine kronis dan sakit kepala tensi (tension headache), mampu mengurangi atau menghentikan sama sekali obat-obatan penghilang rasa sakit yang biasa mereka konsumsi.

·        Kecemasan dan Depresi: Semenjak awal tahun 60-an, para ilmuwan telah berspekulasi bahwa meditasi  bisa memperbaiki fungsi mental. Dr. Benson melaporkan bahwa “meditasi mengurangi konsumsi oksigen, rata-rata detak jantung (heart rate), tingkat pernapasan (respiratory rate), dan tekanan darah, dan meningkatkan intensitas gelombang otak alpha, theta, dan delta’, kebalikan dari perubahan-perubahan psikologis yang terjadi selama masa respon stress.

·        Infertilitas: Satu team peneliti Italia menemukan bahwa meningkatnya level stress ada hubungannya dengan ketidaksuburan (infertlititas). Meditasi, dengan cara menstimulasi kelenjar pituitary (kelenjar di bawah otak) yang berfungsi mengatur hormon-hormon reproduktif wanita, bisa membantu mengatasi masalah infertilitas. 

·        Inflamasi: Meditasi juga telah terbukti mampu memperlambat detak jantung dengan cara mengirim sinyal-sinyal melalui syaraf vagus (vagus nerve). Sinyal-sinyal penting tersebut, menurut penelitian, bisa juga memperlemah respon imun, yang bisa membantu mengatasi penyakit radang seperti arthritis, astma dan eksim.

·        Diabetes: Meditasi juga membantu mengontrol level gula darah. Para peneliti di University of Virginia telah membuktikan bahwa setelah meditasi,level stres menurun berkorelasi dengan menurunnya level glukosa dalam darah.

·        Hipertensi: Di samping bisa menghilangkan stress, meditasi juga bisa mengurangi tekanan darah tinggi dan secara keseluruhan bisa mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler.

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger