'Keghita Nyangu'


Gurita adalah salah satu makanan laut yang berlaku di Krui, Lampung Barat, Indonesia, di samping ikan. Selain gurita, ada pula lobster, siput, kerang, kepiting, dsb yang juga disukai masyarakat Krui. Di antara makanan laut selain ikan seperti yang tersebut di atas, gurita relatif sering muncul, dan ditemukan dijual di pasar. Namun, tidak seperti ikan, tidak setiap hari kita bisa menemukan binatang yang konon cerdas ini dijual orang.

Gurita basah, yang baru ditangkap, berbentuk seperti usus sapi jika diikat dan dijinjing dengan tali. Hewan yang tak bertulang belakang ini sama sekali tidak menarik jika masih dalam keadaan basah dan dijinjing dengan tali. Tubuhnya yang lembut seperti usus sapi menggumpal menjadi satu, terburai, dan tak lagi berbentuk seperti yang biasa terlihat di laut. Hanya orang-orang yang sudah biasa saja yang bisa mengetahui itu gurita.

Di Krui, gurita basah dijajakan seharga Rp.20.000 hingga Rp.40.000 per ekor, tergantung ukuran besar kecilnya.

Tapi, bila tak mendapat gurita basah, jangan khawatir, Anda bisa pula mendapatkannya dalam keadaan kering, meski dengan harga yang sedikit lebih mahal. Gurita kering, orang Krui menyebutnya keghita nyangu, banyak pula disukai orang secara eksklusif. Gurita kering mempunyai cita rasanya sendiri, berbeda dengan gurita basah. Itulah sebabnya banyak orang yang sengaja mencari gurita dalam bentuk kering.

Gurita kering berbentuk seperti layang-layang karena dijemur dengan cara digelar menggunakan bingkai kayu, seperti bingkai layang-layang. Bagian kepalanya yang sebagian besar terdiri dari air menjadi pipih, lebar, seperti selembar plastik tipis. Sedangkan bagian lengannya, yang terdiri dari delapan lengan, mengkerut, mengeras seperti ranting kayu.

Gurita kering paling cocok dijadikan campuran masakan berkuah santan. Tapi tentu saja Anda bisa mengolahnya sendiri tergantung selera Anda.

Di Krui, gurita kering dijajakan mulai dari Rp.40.000 hingga Rp.50.000. Tapi jika Anda pandai-pandai menawar, Anda akan membawanya pulang dengan harga di bawah itu.***

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger