Perlukah Berlangganan Internet Supercepat?

(Photo: Tyler Olson/Shutterstock)
Kemajuan yang pesat dalam bidang teknologi selama beberapa tahun belakangan ini telah membuat koneksi broadband esensial bagi kebanyakan dari kita dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun jika kita melakukan streaming film-film berkualitas HD lebih banyak, men-download musik dan menggunakan layanan percakapan video yang sarat data seperti Skype dan Face Time bisa membuat broadband dengan kecepatan dasar terasa agak lambat. 

Untunglah, Anda mempunyai beberapa pilihan. Kami telah meneliti tiga dari provider broadband yang lebih besar di negeri ini—Comcast, Time Warner Cable, dan Verizon—untuk menunjukkan pada Anda beberapa pilihan jika Anda ingin meningkatkan kecepatan Internet Anda secara dramatis.

Seberapa cepat broadband yang saya punya sekarang? 

Kecepatan rata-rata yang didapat oleh orang Amerika untuk layanan Internet rumah mereka adalah 5,8 megabit per detik (Mbps). Angka tersebut boleh jadi sudah cukup, namun kecepatan yang demikian menempatkan Amerika Serikat pada tempat ke-13 di seluruh dunia, di belakang negara-negara seperti Latvia, Republik Czech, dan Romania. Bahkan kota yang mempunyai kecepatan Internet paling cepat di Amerika, Boston, hanya mempunyai kecepatan rata-rata 8,4 Mbps— kecepatan yang tidak akan menempatkannya pada 50 kota tercepat di dunia.

Kecepatan broadband yang rendah di Amerika bukan karena kurangnya ketersediaan namun karena kurangnya pengetahuan para pelanggan prusahaan cable. Perusahan cable menjual paket-paket broadband yang low-end, karena paket-paket yang demikian biasanya lebih murah—dan jauh lebih lambat. Sebagai contoh, kebanyakan pelanggan Verizon tidak mengetahui bahwa Verizon juga menawarkan broadband dengan kecepatan 300 Mbps pada tanggal 17 Juni kemarin—koneksi broadband yang tercepat yang ada di negeri ini, yang cukup cepat untuk men-download sebuah film HD sepanjang dua jam hanya dalam tempo kurang dari dua menit.

[
Want to change Internet providers? Click to compare rates now.]

Apa saja kecepatan tinggi yang bisa saya pilih? 

Di samping tawaran kelas dunia dari Verizon di atas (yang berharga $204 sebulan), ada pula pilihan yang sangat cepat dari Comcast, Time Warner Cable, dan Verizon.

Berada di belakang paket broadband dari Verizon yang tertinggi adalah tawaran kecepatan 150 Mbps dengan biaya $94 sebulan. Pilihan lain adalah sebuah plan $84 sebulan yang akan memberi Anda kecepatan 75 Mbps. Hati-hatilah dengan biaya terselubung dari Verizon; semua harga tersebut hanya berlaku jika Anda mengambil kontrak selama dua tahun (jika Anda tidak menandatangai kontrak tersebut, maka harganya naik $5 sebulan, ditambah Anda harus membayar biaya peralatan sebesar $100) dan juga layanan telepon rumah dari Verizon (tambah biaya $5 sebulan jika Anda tidak memilikinya).

Time Warner Cable juga mempunyai pilihan yang lebih cepat untuk Anda, namun tidak secepat yang ditawarkan oleh Verizon. Tawaran tertinggi dari Time Warner adalah $79 sebulan, yang akan memberi Anda kecepatan 50 Mbps untuk kebutuhan Internet rumah Anda. Dan dengan harga $49 dan $39 sebulan, Anda bisa mendapatkan kecepatan 30 Mbps dan 20 Mbps. Semua harga tersebut adalah harga promosi dan akan naik setelah tahun pertama. Comcast ada menawarkan kecepatan yang lebih tinggi daripada Time Warner Cable, namun paket tersebut adalah paket premium. Dengan kecepatan 105 Mbps, pilihan tercepat dari Comcast tersedia dengan harga $199 sebulan, $5 lebih murah dibandingkan dengan pilihan tertinggi dari Verizon, yang menawarkan kecepatan hampir tiga kali lipat. Dengan membayar $115 sebulan pada Comcast, Anda bisa memperoleh kecepatan 50 Mbps, sedangkan yang seharga $50 sebulan akan memberi Anda kecepatan 30 Mbps (untuk enam bulan pertama). 

Perlukah Anda membayar harga yang setinggi itu? 

Jika Anda tinggal sendirian dan bukan merupakan pengguna Internet yang keranjingan, Anda mungkin tidak memerlukan kecepatan yang sedemikian tinggi. Namun jika Anda tinggal dengan orang yang mengerti teknik atau mempunyai anak remaja yang menggunakan Internet secara konstan, maka kecepatan yang demikian dibutuhkan.

Bahkan dengan semua kemajuan teknologi yang ada, cara kerja koneksi broadband Anda punya masih sama halnya dengan cara kerja mesin pemanas air Anda—jika semua orang menggunakan air panas pada saat yang sama, maka air panas tersebut akan kehilangan panasnya lebih cepat dibandingkan jika hanya satu orang yang menggunakannya.

[
Want a faster Internet connection? Click to compare rates from providers now.]

Hal yang sama berlaku pada broadband. Jika Anda melakukan streaming Netflix dan pada saat yang sama menjelajah web dengan iPad Anda, maka koneksi Internet Anda yang 5 Mbps akan memakan waktu lebih lama untuk men-download file yang besar tersebut dibandingkan dengan biasanya.

Jika Anda mengalami kecepatan yang rendah atau Anda menginginkan kecepatan yang lebih tinggi, tentu koneksi Internet yang supercepat pantas Anda beli. Dan jika Anda memilih melakukan upgrade, maka Anda akan kehilangan nikmatnya buffering Netfliz shows, klip-klip YouTube yang slow-loading, dan lamanya men-download file—namun kami yakin Anda akan banyak menghemat waktu dan akan menemukan sesuatu yang lain yang bisa Anda lakukan dalam waktu luang Anda.
By Micah Singleton | Tecca.com – Fri, Aug 3, 2012 2:38 PM EDT

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger