Bimbingan Ultima Untuk Mendapatkan Kulit Indah

The Ultimate Guide to Good Skin
Setiap orang menginginkan kulit yang indah, sebagian orang mempunyai kulit yang indah secara alami, sebagian lain harus bekerja keras untuk mempertahankan keindahan kulit mereka. Meski obat-obatan topikal atau “detox diet” bisa jadi mengatasi masalah kulit secara sementara namun kemungkinan masalah itu akan timbul kembali, sering kali dalam keadaan yang lebih buruk. Dalam pengalaman saya, masalah-masalah kulit biasanya berhubungan dengan area-area utama tubuh kita—disfungsi pencernaan, ketidakseimbangan hormon, kekurangan nutrient atau keracunan (toxicity). Di bawah ini saya akan ceritakan sedikit tentang masing-masing hal tersebut dan memberi Anda beberapa tips.

1) Disfungsi pencernaan: Hubungan antara sistem pencernaan (perut) dengan kulit telah lama dikenal. Obat-obat antibiotik sering kali digunakan untuk mengobati masalah-masalah kulit, tapi pernahkan Anda memperhatikan ketika Anda minum obat antibiotik untuk mengobati flu lalu kulit Anda kelihatan sempurna. Hal ini karena antibiotik membunuh bakteria yang terdapat di dalam sistem pencernaan Anda. Masalahnya adalah antibiotik tersebut membunuh bakteria yang “baik” dan bakteria yang ‘”buruk” sebaligus. Bakteria yang buruk cenderung menjadi sebuah komponen utama dari kebanyakan masalah-masalah kulit dan kecuali Anda bisa secara alami mempertahankan keseimbangan bakteria tersebut melalui makanan dan pilihan gaya hidup maka akan sulit mempertahankan keindahan kulit Anda.

RELATED:
How Your Diet Shows up on Your Skin

2) Ketidakseimbangan hormonal: Pria dan wanita semuanya mempunyai hormon yang sama, hanya rasionya berbeda. Perubahan-perubahan kecil pada level hormon bisa menyebabkan perubahan-perubahan besar pada penampilan dan perasaan Anda. Hubungan antara hormon dan masalah-masalah kulit paling banyak terlihat pada anak-anak ketika memasuki masa pubertas, pemakaian suplementasi anabolik steroid, therapi penggantian hormon pada wanita, pemakaian suplemen tiroid. Sistem hormonal (sistem endokrin) adalah cukup kompleks dan jika terjadi ketidakseimbangan akibat pilihan makanan yang tidak sehat, stress, toksisitas dan pengunaan suplemen, masalah kulit bisa timbul.

3) Kekurangan nutrient: Tubuh Anda memerlukan banyak nutrient (vitamin, mineral, asam lemak, asam amino) untuk berfungsi dengan baik. Ketika Anda kekurangan nutrient tertentu, maka akan timbul masalah-masalah dan sering kali masalah ini muncul pada kulit. Kekurangan nutrient bisa timbul akibat rusaknya sistem pencernaan dan kekurangan nutrient bisa mengarah pada ketidakseimbangan  sistem hormonal, Anda tentu tahu bagaimana ini semua berhubungan. Tubuh kita adalah sebuah sistem yang terdiri dari banyak sistem.

4) Toksisitas: Kita terekspos pada toksin sepanjang hari—menghirup udara ketika berangkat kerja, minum secangkir kopi, mandi, menggunakan body lotion. Oh, dan bakteria “jahat” itu yang saya sebutkan di atas, mereka menghasilkan toksin pula. Untunglah, tubuh kita mempunyai banyak mekanisme alami untuk membuang toksin ini (liver, ginjal, paru-paru, kulit). Sayangnya, kita  sering mendapatkan masalah ganda, liver yang tersumbat (sebagai contoh) dan tubuh yang terlalu banyak mengandung racun. Hal ini sering kali mengakibatkan melimpahnya toksin di dalam tubuh yang sering kali keluar melalui kulit. Untuk berfungsi normal, organ-organ seperti liver memerlukan nutrient-nutrient tertentu, sehingga kekurangan nutrient yang disebabkan oleh pencernaan yang buruk bisa mengakibatkan liver tidak berfungsi dengan baik yang akhirnya akan mengakibatkan akumulasi toksik dan ketidakseimbangan hormon.

OK, sekarang inilah yang Anda tunggu-tunggu—11 hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kulit Anda tetap indah. (Tolong catat, sebagian orang bisa melihat hasilnya hanya dengan melakukan beberapa hal saja dari daftar ini, sebagian lain harus melakukan semuanya dan mungkin lebih banyak lagi, ini adalah seni bukannya sains).

RELATED:
Which Cleanser Is Right for Your Skin Type?

1) Hindari makanan-makanan yang menyebabkan pencernaan jadi tidak nyaman, sakit kepala, kekurangan energi, nyeri sendi. Besar kemungkinan Anda sensitif terhadap makanan-makanan ini dan makanan-makanan tersebut akan memicu timbulnya sebuah mata rantai peristiwa yang akan mengarah pada timbulnya masalah-masalah kulit (penyebab utama umumnya—gluten, produk susu, kedelai, jagung, kacang-kacangan (beans), serat berlebihan, terlalu banyak makan makanan mentah, makanan fermentasi, stabilisator makanan seperti carageenan dan guar gum).

2) Hindari makanan-makanan berserat tinggi dan berhentilah minum suplemen serat. Makanan-makanan tersebut bisa menyebabkan radang pencernaan dan menyediakan makanan bagi bakteria yang saya sebutkan di atas. Makan 2 wortel mentah sehari (di antara waktu makan utama) akan memberi Anda semua serat yang Anda butuhkan dan wortel bisa membantu membersihkan sisa-sisa racun yang ada dalam sistem pencernaan Anda (ini sangat bermanfaat dan hanya dengan wortel saja bisa membantu Anda).

3) Hindari makanan-makanan mengandung PUFA (asam lemak tak jenuh ganda). Lemak ini berfungsi sebagai prooksidan (lawan dari antioksidan) dan bisa menimbulkan stress pada berbagai sistem di dalam tubuh Anda: minyak sayur, minyak kanola, minyak biji bunga matahari, minyak biji safflower, dan banyak minyak-minyak “biji-bijian” lainnya. Satu-satunya minyak yang perlu Anda konsumsi adalah minyak zaitun dan minyak kelapa.

4) Produk Dairy/Gula. Jika Anda tidak punya masalah dengan produk dairy, minumlah susu organik secara teratur (susu mentah jika mungkin) bersama dengan jus jeruk tanpa ampas (pulp). Bagi Anda yang sedang berusaha mengatasi masalah Candida (sebuah infeksi fungal yang berhubungan dengan masalah-masalah kulit) minuman ini biasanya tidak berhasil dan masalah-masalah kulit tersebut mungkin tetap tidak akan hilang. Saya pernah melihat susu dan gula tambahan (dari jus buah) bisa membersihkan kulit klien saya hanya dalam semalam. Susu dan jus jeruk  keduanya mengandung nutrient yang baik untuk meningkatkan kesehatan dan memperindah kulit.

5) Pertimbangkan menjalani diet Rendah Tepung (Low Starch) (bukan rendah karbohidrat). Kedua sumber karbohidrat utama adalah tepung (starch) dan gula. Starch bisa jadi cukup sulit dicerna, pertimbangkan mengganti starch dengan buah-buahan dan jus buah-buahan.

RELATED:
10 Best Moisturizers Under $30

6) Tiroid/Estrogen/Hormone. Pastikan tiroid Anda cukup berfungsi. Tiroid disebut kelenjar utama (master gland) karena sebuah alasan dan memainkan sebuah penting bagi kesehatan kulit dan fungsi metabolisme. Seimbangkan hormon Anda, khususnya estrogen. Kelebihan estrogen adalah masalah yang sangat biasa terjadi. Penggunaan pil KB dan zat-zat kimia di dalam lingkungan Anda (seperti plastik) bisa meningkatkan estrogen. Wortel mentah dikombinasikan dengan diet padat gizi secara keseluruhan bisa membantu menyeimbangkan hormon Anda.

7) Jangan biarkan gula darah Anda turun. Ketika Anda lupa makan dan tubuh Anda gemetaran, Anda sedang menciptakan respons stress di dalam tubuh Anda. Stress saja bisa menimbulkan masalah-masalah kulit dan masalahnya bisa jadi lebih buruk dengan adanya fakta bahwa tubuh Anda akan mencari sumber bahan bakar dari dalam tubuh Anda itu sendiri dan akan mulai memecah tisu dalam tubuh Anda untuk menciptakan energi. Proses ini bisa menyebabkan pelepasan toksin tambahan di dalam tubuh (ingat masalah-masalah kulit yang timbul selama melakukan pembersihan kulit (cleanse). Ini bisa juga “memperlambat” metabolisme Anda dan menimbulkan ketidakseimbangan hormon.

8) Kerja keras, beristirahat dengan lebih keras. Gunakan waktu satu hari dalam seminggu untuk memulihkan tubuh (dan pikiran) Anda. Sauna inframerah, Epsom salt baths, pijat, berjalan kaki di taman semuanya bisa menimbulkan keajaiban. Anda juga mungkin ingin mempertimbangkan melakukan sebuah colon cleanse (cuci usus) atau coffee enema (enema dengan menginjeksi kopi ke dalam dubur untuk membersihkan rektum dan usus besar) .

9) Kurangi muatan toksik Anda. Makanlah makanan organik. Gunakan produk-produk higien pribadi yang tak mengandung racun, berhentilah menggunakan suplemen (suplemen-suplemen tersebut biasanya bersifat sintetis). Hindari orang beracun dan hubungan dengan orang-orang beracun. Makanlah makanan yang baik bagi liver Anda—bit, artichoke, dandelion, bone broth (kaldu tulang), protein kualitas tinggi, hati ayam.

10) Perbaiki kekurangan nutrient dengan cara memakan makanan-makanan yang kaya nutrient. Kebanyakan orang mengalami kekurangan nutrient, khususnya mereka yang sedang menjalani diet terbatas. Kekurangan nutrient akan menggangu jalannya detoksifikasi dan sistem hormonal Anda. Kekurangan nutrient yang biasanya berhubungan dengan kesehatan kulit: kekurangan vitamin A, E. K2, B-, Kalsium. Magnesium, Glycine dan protein.

11) Kelola stress Anda/Tidur Cukup. Anda akan menghadapi sebuah peristiwa penting dan Anda kondisi tubuh Anda tidak sempurna. Hubungan tubuh dengan pikiran tak terbantahkan. Stress tidak akan pergi, jadi kelolalah stress yang bisa Anda atasi, makanlah makanan padat yang mengandung nutrient, serta lakukan pula kegiatan manajemen stress secara teratur, ini akan membantu tubuh Anda beradaptasi dengan stress secara lebih efisien. Terakhir, tubuh Anda bisa memperbaiki diri dengan sendirinya ketika Anda tidur, maka tidurlah sebanyak mungkin. Saya kira ini lebih bermanfaat daripada nutrisi dan latihan. (
By: Steven Macari*)
*Steven Macari, holistic health practitioner, nutritionist at Drive 495 and founder of the SLVRBK mat, shares his tips to getting your best skin ever.
More from HarpersBazaar.com:
The Latest Anti-Aging Products For Eyes
8 Latest Face Masks for All Skin Types
Dermatologists’ Cult-Favorite Skin Savers

https://www.yahoo.com/beauty/the-ultimate-guide-to-good-skin-105609484584.html

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger