Karnaval



Satu-satunya penanda peringatan HUT RI di Krui, Lampung Barat, yang harus ada setiap tahunnya, selain upacara peringatan detik-detik proklamasi, adalah pawai budaya atau karnaval. Turnamen olahraga atau lomba seni boleh jadi tidak diselenggarakan, namun pawai budaya atau karnaval tentu tidak boleh ditinggalkan.


Selain dengan karnaval, penanda yang mesti ada lainnya adalah lomba baris berbaris. Namun tahun ini lomba baris berbaris tidak diselenggarakan karena kebanyakan waktu penyelenggaraan yang semestinya bertepatan dengan bulan Ramadan. Tahun 2012 ini bulan Ramadan dimulai tanggal 20 Juli dan berakhir pada tanggal 19 Agustus sehingga membuat panitia peringatan HUT RI Krui kesulitan dalam menentukan waktu perlombaan yang tepat, yang tidak bertepatan dengan bulan puasa.  

Namun demikian, pelaksanaan upacara peringatan detik-detik proklamasi tetap diselenggarakan pada tanggal 17 Agustus, meski bertepatan dengan bulan puasa dan sekolah sedang libur.


Dan tahun ini, seperti halnya tahun lalu, karnaval HUT RI yang biasanya diselenggarakan sekitar tanggal 15 atau 16 Agustus terpaksa diundur ke tanggal 28 Agustus, hari kedua sekolah masuk kembali setelah libur Idu Fitri. Namun hal itu tentu tidak mengurangi kemeriahan acara yang selalu berhasil mengundang ribuan penonton memenuhi sisi jalan sepanjang  jalan raya di kota ini. Seperti yang sudah-sudah, karnaval kali ini, yang berlangsung dalam susana mendung setelah turun hujan, pun dimeriahkan oleh para peserta dengan berbagai atraksi dan busana, mulai dari siswa-siswi PAUD hingga sekolah menegah atas.  

Ada yang unik dari penyelenggaraan karnaval kali ini. Sekitar dua jam sebelum acara dimulai, hujan deras mengguyur kota Krui. Namun hujan berhenti ketika acara akan diselenggarakan. Dan anehnya, hujan turun kembali setelah acara selesai.


comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger