Lensa Kamera Seharga Rp.20 Milyar

leica
Anda mungkin berpikir bahwa menghabiskan uang jutaan rupiah hanya untuk membeli sebuah lensa kamera yang bernar-benar kerkualitas tinggi adalah sebuah contoh dari tindakan yang sangat sembrono. Anda boleh jadi benar tentang hal itu, namun boleh jadi karena Anda tidak mempunyai uang sebanyak yang dipunyai oleh seorang penggila fotografi yang kara raya Sheikh Saud Bin Mohammed Al-Thani dari Qatar. Sheikh yang satu ini telah memesan lensa Leica APO-Telyt-R 1:5.6/1600mm yang dibuat khusus langsung dari pabrik Leica dan untuk itu dia telah mengeluarkan dana sebesar $2,064,500. Hal ini berarti bahwa lensa tersebut adalah lensa kamera konsumen yang paling mahal yang pernah dibuat.
Leica APO-Telyt-R ini dibuat dan di-prototipe-kan di Leica’s Solms, pabrik Leica di Jerman, di mana prototipenya masih bisa dilihat. Lensa tersebut mempunyai bayonet yang bisa dipasangkan pada kamera Leica SLR manual focus R-series. Bodi lensa ini mempunyai panjang 1,2 meter, dan lebar bagian ujungnya 42 cm. beratnya paling tidak 60 kg, atau 132 pons. Tentu kamera ini memerlukan sebuah tripod yang kokoh untuk mengoperasikannya.
Karena kamera APO-Telyt-R ini dibuat satu-satunya, maka spesifikasi pastinya tidak tersedia, namun sebagian figurnya bisa kita ketahui. Focal length-nya adalah 1600 mm, yang artinya lensa ini bisa digunakan untuk mengambil gambar yang sangat jauh dengan field of view yang sangat sempit, sekitar 1,5 derajat. Lensa ini juga bisa dipasangkan pada teleconverter Leica’s 1.4x dan 2x APO, yang dengan demikian bisa meningkatkan focal length-nya hingga 1240 mm dan 3200 mm. karena focal length-nya sangat panjang, maka sulit mendapatkan gambar yang tajam. Inilah alasan lain mengapa lensa ini memerlukan dukungan tripod yang sangat solid.
Sayangnya, Anda mungkin tidak pernah akan melihat hasil bidikan lensa ini. Lensa ini dikirimkan pada Al-Thani pada tahun 2006, dan tidak ada gambar yang pernah diambil dengan lensa ini yang pernah dipublikasikan. Ini adalah benda yang menjengkelkan, namun tentu menarik untuk mengetahui bahwa ada lensa yang seperti ini. (Aug. 25, 2012 (12:04 pm) By: Ryan Whitwam)
via Apo Telyt

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger