Pembangunan Jangan Merusak Keindahan Alam

Jangan biarkan sawah yang indah ini menjadi tempat permukiman

Pembentukan Kabupaten Pesisir Barat yang baru saja ditetapkan oleh DPR RI tanggal 25 Oktober 2012 lalu tentu membawa konsekuensi pembangunan. Dan pembangunan tentu saja membawa konsekuensi kerusakan lingkungan. Sangat disayangkan bila hal ini terjadi nanti di kabupaten yang dikenal dengan keindahan alamnya ini. Apalagi kabupaten ini mengandalkan industri wisata yang tentunya sangat tergantung pada keindahan alam.

Dan konsekuensi paling nyata dari kerusakan alam lingkungan adalah bencana. Bencana banjir dan tanah longsor yang beruntun menimpa kabupaten ini baru-baru ini tentu akibat dari penggundulan hutan, atau alih fungsi lahan. Pohon-pohon damar yang dibabat untuk diganti dengan tanaman sawit atau untuk diambil kayunya telah menimbulkan banjir dan tanah longsor di mana-mana di wilayah kabupaten ini yang menimbulkan korban jiwa dan juga harta benda yang tidak sedikit.

Pemerintah yang akan dibentuk nanti hendaknya bisa menjaga keseimbangan antara membangun  dan menjaga keutuhan dan keindahan alam wilayah ini. Wilayah-wilayah tertentu yang disukai wisatawan karena keindahan dan kesejukan alamnya hendaknya dipertahankan. Sawah-sawah yang menghampar luas yang merupakan  andalan sektor wisata hendaknya dipertahankan sebagai sawah, jangan dialihfungsikan menjadi lahan permukiman atau wilayah industri karena jika ini terjadi tentu akan menjadi bencana bagi industri wisata di daerah ini.

Wilayah permukiman dan industri hendaknya dikonsentrasikan pada lahan yang selama ini tidak produktif atau lahan tidur. Wilayah sekitar pantai hendaknya dieksplorasi secara optimal untuk kepentingan wisata. Jangan menjadikan wilayah sekitar pantai sebagai pusat perkantoran atau industri.

Pemerintahan yang terbentuk nanti harus mempunyai visi menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan karena sektor inilah yang secara nyata bisa diandalkan sebagai sumber penghasilan asli daerah, jangan berspekulasi dalam sektor lain yang belum tentu potensinya.

Repong damar yang sudah terkenal karena reputasinya sebagai salah satu pola dalam konservasi alam hendaknya dilestarikan dan  dikembangkan lebih luas lagi. Jangan ada lagi alihfungsi repong damar menjadi perkebunan sawit atau perkebunan apapun lainnya. Repong damar adalah ikon masyarakat pesisir; identitas dan kebanggaan tradisional masyarakat pesisir yang sudah terkenal di mana-mana. Keberadaan dan kelestarian repong damar harus dijaga. Jangan sampai masyarakat pesisir kehilangan identitas dan kebanggaan tradisionalnya yang selama ini dijaga turun temurun hingga ratusan tahun.  

Pembangunan Kabupaten Pesisir Barat ke depan hendaknya merupakan pembangunan yang berwawasan lingkungan.

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger