Masyarakat Pesisir Krui Gelar Syukuran DOB KPB


Masyarakat pesisir Krui melakukan acara syukuran atas terbentuknya DOB Kabupaten Peisir Barat di lapangan sepakbola pekon Way Napal, Senin, 10 Desember 2012. Sebagaimana yang kita ketahui DOB Kabupaten Pesisir Barat telah disahkan oleh DPR pada tanggal 25 Oktober 2012 lalu seperti yang tertuang dalam UU No.22 tahun 2012.

Acara yang meriah tersebut dihadiri oleh gubernur Lampung Drs. Sjachroedin ZP, beserta ribuan masyarakat pesisir dan tokoh-tokoh adat setempat yang datang dengan beraneka pakaian adat. Turut hadir pula tokoh masyarakat pesisir Krui yang kondang sebagai pengacara di Jakarta yaitu Henry Yosodiningrat beserta istri, adik ketua MPR Taufik Kiemas Ir Nazarudin Kiemas, tokoh masyarakat Krui  yang pernah mencalonkan diri sebagai bupati lampung Barat dalam pilkada tahun 2007 Agus Istiqlal, dll.

 
Selain itu, turut pula hadir kapolda Lampung brigjen Heru Winarko, komandan lanal Lampung, bupati lampung Selatan Rycko Menoza, anggota DPD RI H. Aryodhia Febriansyah, beserta beberapa pejabat lainnya.

Kepala P3KPB Drs Aidin Adlan dalam kata sambutannya mengucapkan syukur dan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah turut serta berpartisipasi dalam pembentukan Kabupaten Pesisir Barat. Beliau menyebutkan beberapa tokoh yang sangat berjasa dalam pembentukan kabupaten tersebut seperti Taufik Kiemas, gubernur Lampung Sjachroedin ZP, bupati Lampung Barat Drs Mukhlis Basri, dll.

Sedangkan bupati Lampung Barat, dalam kata sambutannya yang dibacakan oleh wakilnya Drs. Makmur Azhari, yang baru dilantik pada hari itu juga, selain mengucapkan syukur atas terbentuknya kabupaten yang baru tersebut juga mengajak masyarakat pesisir Krui agar bekerja sama membangun daerahnya agar Kabupaten Pesisir Barat kelak menjadi daerah yang maju. “Bahkan lebih maju dari kabupaten-kabuaten yang lainnya,” katanya.

Di lain pihak, gubernur Lampung, dalam sambutannya yang meriah dan menggebu-gebu mengatakan wilayah Kabupaten Pesisir Barat membentang mulai dari ujung utara di Pugung hingga Bengkunat Belimbing di ujung selatan. “Seluruh kekayaan alam yang ada di wilayah ini adalah milik Kabupaten Pesisir Barat; lautnya, ikan hiunya, ikan pausnya, serta belut-belutnya semuanya milik Kabupaten Pesisir Barat,” kelakarnya, yang mendapat sambutan meriah dari hadirin.

Dalam kata sambutannya yang memegang teks namun tidak dia bacakan tersebut, Sjachroedin juga mengatakan bahwa dia mendukung sepenuhnya pembangunan Pesisir Barat. “Pemerintah provinsi Lampung siap menganggarkan dana 5 milyar dalam tahun anggaran 2013 mendatang untuk pembangunan Pesisir Barat,” katanya. Selain itu, Sjachroedin juga mengatakan dia berencana akan membangun rumah sakit, rumah adat, dan pelabuhan di kabupaten tersebut.

Acara yang mendapat sambutan hangat dari masyarakat pesisir tersebut sempat tertunda selama beberapa jam dari jadwal yang direncanakan. Menurut rencana acara akan dibuka pukul 11:00, namun gubernur Lampung yang ditunggu-tunggu beserta rombongan baru tiba pada pukul 14:00. Masyarakat Krui yang telah hadir di tempat acara sejak pukul 10 terpaksa harus sabar menunggu.

Tiba di tempat acara gubernur Lampung beserta Ibu Truly Sjachroedin disambut dengan tata cara adat setempat, yaitu dengan dimasukkan ke dalam alam gemiser dan diarak dengan iringan hadra.

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger