Produk 'Anti-aging' Sebenarnya Cuma Mitos

There's No Such Thing as Anti-Aging
Photo: Getty Images

Saatnya mengungkapkan fakta: sebenarnya tidak ada yang disebut obat anti-aging kecuali jika Anda mempunyai gaya hidup yang bisa mendukung penggunaan produk tersebut.

Kita di Amerika Serikat umumnya takut menghadapi proses penuaan, dengan melakukan kampanye “perang melawan penuaan.” Namun kita mempunyai gaya hidup yang menghendaki diri kita selalu dalam keadaan “on” selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun. Banyak produk tampaknya ditujukan untuk menghentikan proses penuaan; sebotol obat atau serum dipercaya bisa mengembalikan wajah muda kita yang sudah lama menghilang. Namun sebenarnya, setiap kali kita ulang tahun berarti usia kita bertambah setahun, dan produk-produk anti-aging punya keterbatasan. Yang penting Anda ingat, sejauh mana sebuah produk akan berhasil hampir secara keseluruhan tergantung pada bagaimana cara Anda memperlakukan tubuh Anda ketika Anda sedang menggunakan produk tersebut, sekarang dan di masa yang akan adatang.

Related: Six (free) ways to have healthier skin

“Setiap hari kita hidup,  tubuh kita menua,” kata Dr. Jeannette Graf, M.D., asisten profesor dermatologi klinis di The Mount Sinai Medical Center. “Apa yang sebenarnya dimaksud oleh industri kecantikan ketika mereka mengatakan “anti-aging” adalah memperlambat proses penuaan tersebut; pencegahan dengan memperlambat beberapa aspek yang terlihat atau mengembalikan keadaan kulit kita. Namun bahkan jika Anda pindah ke sebuah gua dan berdiam di sana dan tidak melakukan apa pun, kulit Anda akan terus menjadi lebih tipis.”

Kemampuan produk-produk ini memperlambat tanda-tanda penuaan sangat tergantung pada gaya hidup Anda. “Jika Anda merokok, mandi sinar matahari, atau tidak pernah membersihkan wajah Anda, maka produk-produk tersebut tidak akan banyak membantu.” Kebiasaan buruk lainnya adalah kurang istirahat. “Tidur adalah vital,” kata Graf. “Anda perlu tidur cukup, atau kulit Anda akan mengalami ‘jet lag’”.

Related: The most important time to wash your face

Jadi, apa harapan kita yang realistis dari sebuah produk anti-aging? “Produk-produk tersebut bisa melakukan banyak untuk mengembalikan penampilan kulit kita. Penggunaan retinoid secara konsisten akan meningkatkan kolagen dan membantu proses pergantian sel, tabir surya melindungi kulit dari kerusakan akibat UV, dan antioksidan bisa membantu menghilangkan  kerusakan akibat radikal bebas, sebuah faktor penuaan lainnya. Pembersihan wajar secara benar bisa membantu menjaga kesehatan kulit.

Dengan kata lain, produk-produk anti-aging tersebut dimaksudkan untuk mendukung kebiasaan hidup sehat yang bisa membuat kulit Anda sehat dan bertingkah laku dan berpenampilan muda. Jika digunakan bersama gaya hidup sehat. Produk anti-aging sangat memungkinkan bisa memperbaiki efek penuaan yang terlihat pada kulit, tapi pasti tidak mungkin bisa menghentikan efek penuaan itu sama sekali.

Related: Internet DIYs that can ruin your skin

 “Secara realistis, keberhasilan produk-produk anti-aging tergantung pada kebiasaan gaya hidup Anda,” kata Graf. “Jika Anda merokok dan suka mandi sinar matahari, maka sebuah produk anti-aging tidak akan banyak berarti buat Anda. Produk-produk tersebut bisa membantu, tetapi pencegahan dari dalam juga diperlukan. Proses perawatan dan produk-produk seperti mini-peels dan moisturizer bisa membalikkan proses penuaan dan mengubah penampilan Anda, tetapi penuaan adalah penuaan. Ketika kita menua, tubuh kita tidak akan begitu efektif dalam memperbaiki kerusakan dirinya sendiri.

Meski tidak mungkin menghentikan proses penuaan, namun kebiasaan pribadi yang benar bisa mempertahankan penampilan kulit yang berseri dan luwes di tahun-tahun yang akan datang. “Kita bisa memperlambat proses penuaan itu, dan dengan demikian membalikkan efek dari proses penuaan tersebut, seperti kerutan dan kerusakan akibat sinar matahari,” kata Graf. “Sebuah cara untuk mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan memang ada, tapi sebenarnya tidak ada yang bisa menghentikan tubuh Anda dari penuaan. Bagaimana cara kita merawat kulit kita akan menentukan bagaimana penampilan kita, sekarang dan ketika kita menua.

https://www.yahoo.com/beauty/theres-no-such-thing-as-anti-aging-107603183858.html

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger