Apakah Susu Organik Bermanfaat?

Is Organic Milk Worth It?
(Photo: Getty Images)

Ada banyak jenis susu sekarang ini dibandingkan jaman dulu—susu kedelai, susu almond, susu kelapa. Tapi yang membingungkan adalah adanya banyak pilihan susu sapi murni. Primer susu kita, yang mencakup susu organik, susu yang diperkaya omega-3, susu UHT, dan lain-lain, bisa membantu.

Haruskah memilih susu organik?
Jika Anda bisa menyisihkan uang lebih untuk membeli susu, ya, kata Maxine Siegerl, R.D., manager pengujian makanan pada Consumer Report. Aturan Departemen Pertanian AS menghendaki peternakan susu organik menggunakan 100 persen makanan organik, tidak menggunakan hormon pertumbuhan, dan tidak menggunakan antibiotik.  Membeli produk organik juga mendukung praktik pertanian sehat. Susu organik yang berasal dari sapi yang diberi makan rumput berharga sedikit lebih mahal tapi lebih banyak mengandung CLA dan asam lemak omega-3.
(Read more about organic food.)

Susu tanpa lemak, susu 1 persen, susu 2 persen—apa bedanya?
Lebih dari yang Anda perkirakan. Delapan ons susu 2 persen (lemaknya dikurangi) mengandung 122 kalori dan 5 gram lemak, 3 gram di antaranya lemak jenuh; susu 1 persen (rendah lemak) mengandung 102 kalori dan 2 gram lemak, yang kebanyakan merupakan lemak jenuh. Susu nonlemak (skim milk) adalah yang paling tipis: hanya mengandung 83 kalori dan hampir 0 gram lemak. Plus, susu nonlemak mengandung kalsium sedikit lebih banyak daripada susu murni (whole milk). Dan mendapat kalisum yang cukup, khususnya yang berasal dari makanan, adalah penting begi kesehatan tulang. 

Tidakkah lemak yang terdapat di dalam susu murni baik untuk saya?
Susu murni mengandung asam linoleik terkonyugasi (conjugated linoleic acid (CLA)), yang bisa melindungi tubuh terhadap kanker dan penyakit jantung—tapi mungkin tidak cukup untuk menghapuskan lemak jenuh 4,5 gram yang terkandung di dalamnya. (Dan ya, lemak jenuh masih tetap tidak baik bagi Anda.) Seseorang yang menjalani diet 2.000 kalori harus mengonsumsi lemak jenuh kurang dari 13 gram. “Jika Anda minum beberapa gelas per hari, adalah sulit untuk menjaga asupan lemak jenuh Anda tetap pada level tersebut,” kata Siegel. 


Apakah susu yang diperkaya omega-3 bermanfaat untuk mendapatkan “lemak yang baik” itu?
Susu yang diperkuat dengan asam lemak omega-3 mengandung 32 hingga 50 miligram lemak yang baik dalam setiap gelasnya—500 gram per hari adalah jumlah yang disarankan untuk dikonsumsi. Plus omega-nya ditambahkan dalam bentuk minyak ikan tanpa rasa ikan atau minyak algae, jadi rasanya seperti menelan sebuah suplemen mini dengan susu. Ini tidak ideal. Riset menyarankan bahwa suplemen omega-3 boleh jadi tidak sama efektifnya dengan omega-3 yang asli. Lebih baik memakan dua porsi lemak ikan (fatty fish) per minggu, kata Siegel. (See our advice on how to incorporate more healthy fish into your diet.)

Apa arti “UHT” pada lebel susu yang saya beli dan apakah itu penting?
UHT adalah singkatan dari ultra-high temperature processing. Susu yang dioleh dengan cara ini telah dipanaskan hingga sekurangnya 275 derajat (F) selama satu hingga dua detik. Cara ini bisa membunuh lebih dari 99,9 persen bakteria yang musnah akibat temperatur tinggi, pasteurisasi singkat (HTST); seperti yang digunakan dalam kebanyakan susu konvensional. UHT membantu susu bertahan lebih dari satu bulan—enam bulan jika dikemas dalam kotak karton shelf stable. (Bungkus kartonnya steril dan bisa membendung oksigen dan cahaya). UHT mengubah protein di dalam susu. Sehingga membuat susu menjadi rasa “matang”, dan bisa sedikit mengurangi level vitamin B. 

Apa yang membuat susu skim “creamy” seperti Skim Plus begitu creamy?
Produsen juga bisa membuat susu krim “bebas lemak” dengan cara menambahkan padatan susu (milk solids) untuk membuang air dan sebagian dari gula di dalam susu. Enam ons dari produk seperti ini mengandung sekitar 40 kalori atau lebih, 3 gram ekstra protein, dan 100 miligram lebih banyak kalsium dibandingkan susu skim regular tapi dengan jumlah lemak yang sama. 

 
Bagaimana cara mendapatkan kalsium jika Anda tidak minum susu—atau tidak suka susu:
Susu mengandung sekitar 300 miligram kalsium per cangkirnya, sedikit di bawah sepertiga dari jumlah yang Anda butuhkan per hari. Tapi sebagian orang mempunyai masalah dengan susu. Di bawah ini adalah cara bagaimana Anda bisa mendapatkan kalsium.

Jika tubuh Anda tidak toleran terhadap laktosa.
Minumlah susu bebas laktosa sebagai gantinya. Susu tersebut diolah dengan laktase, enzim yang bisa memecah laktosa (gula susu), sehingga tidak menyebabkan kentut dan diare. Atau cobalah makan yogurt. Yogurt mengandung sangat sedikit laktosa dan biasanya bisa diterima oleh tubuh dengan baik.

Jika Anda tidak minum produk susu (dairy).
Memenuhi kebutuhan kalsium tanpa produk susu adalah sulit. Sebagai contoh, untuk mendapatkan 1.000 miligram, Anda harus memakan secangkir spinach beku yang dimasak (292 miligram); secangkir collard hijau yang dimasak yang dibekukan (356 miligram); 3 ons ikan salmon kaleng yang tulangnya lunak (181 miligram); dan secangkir white beans (192 miligram) setiap hari.

Jika pil kalsium tampaknya lebih mudah.
Tambahkan pil kalsium dalam makanan Anda, dan gunakan suplemen tersebut hanya untuk memenuhi asupan kalsium harian Anda seperti yang disarankan. Lebih banyak kalsium tidaklah lebih baik dan bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan tidak pula berarti memberi manfaat ekstra bagi tulang.

https://www.yahoo.com/health/is-organic-milk-worth-it-107903686913.html

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger