Makanan dan Minuman yang Baik untuk Membersihkan Ginjal Anda


Lebih dari 26 juta orang Amerika menderita CKD (chronic kidney disease) atau penyakit ginjal kronis. Ini berarti Amerika mempunyai masalah kandung kemih yang serius yang bukan hanya karena mereka tidak cukup minum air. Penyakit ginjal berhubungan erat dengan penyakit-penyakit besar lainnya seperti diabetes, hipertensi (tekanan darah tinggi) dan penyakit jantung. Penyakit ini bisa juga berkembang secara genetik dan boleh jadi mempunyai resiko kesehatan tersendiri. Banyak orang yang menderita obesitas, penyakit autoimun atau infeksi saluran pernapasan (UTI) boleh jadi juga menderita penyakit ginjal di sepanjang hidup mereka. Setiap kali ketegangan terjadi pada tubuh kita, ginjal-ginjal kita akan menderita. Tanda-tanda umum penyakit ginjal termasuk sering buang air kecil, buang air kecil bermasalah, nyeri (pain), rasa panas seperti terbakar (burning), atau merasa haus terus menerus.

Cara terbaik untuk merawat ginjal adalah dengan melakukan pendekatan terhadap kesehatan Anda dengan sebuah metode “all in one”. Apa saja yang baik bagi kebanyakan bagian tubuh Anda (menjaga berat tubuh yang sehat, mengaktifkan tubuh, makan makanan bersih yang kaya buah-buahan dan sayur-sayuran, mengelola stress dan cukup minum air) adalah juga merupakan hal yang bagus bagi ginjal Anda. Tapi di balik hal-hal dasar tersebut, perlu kiranya disadari bahwa ada makanan-makanan tertentu dan minuman-minuman tertentu yang juga bisa melindungi (atau menyakiti) ginjal Anda pula. Dengan demikian, ketika Anda membaca tulisan tentang adanya diet gila atau mendengar beberapa nasihat kesehatan yang tidak jelas yang mengatakan bahwa Anda akan mengalami penurunan berat badan sebanyak 5 pond dalam semalam, Anda akan berpikir bahwa itu boleh jadi bukan merupakan pilihan terbaik bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Anda perlu pula mengetahui makanan dan minuman apa saja yang bisa membantu ginjal Anda ketika Anda mengalami masalah yang di luar dugaan Anda di kemudian hari yang mengarah pada memburuknya kesehatan ginjal Anda atau berkontribusi terhadap masalah ginjal yang Anda alami sekarang ini. 

Makanan dan Minuman yang Terbaik bagi Ginjal Anda
Bagi mereka yang menderita CKD, makanan dan minuman di bawah ini hanyalah sebagian dari beberapa yang perlu Anda perhatikan, tapi merupakan sebagian yang terbaik dan paling banyak direkomendasikan. Makanan dan minuman ini juga merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang sedang berusaha merawat ginjal dengan tanpa menyebabkan terlalu banyak kehilangan air di dalam tubuh. 

Air
Jelas, H20 adalah ingredient terbaik untuk keseimbangan air secara keseluruhan di dalam tubuh Anda. Tidak perlu berlebih, tapi usahakanlah minum air dalam jumlah klasik yakni sebanyak 6-8 gelas sehari tergantung berat tubuh Anda. Jika Anda lebih aktif, kemungkinan Anda memerlukan lebih banyak air, sedangkan orang lain mungkin perlu mengurangi satu atau dua gelas. Air membantu menghilangkan racun yang bisa menyebabkan infeksi bakterial atau batu ginjal, bersama dengan partikel-partikel berbahaya yang terdapat di dalam darah. Ingatlah bahwa air merupakan “pembersih” terbaik yang mutlak dari semua yang bisa Anda makan, tidak perlu detox!

Jus Cranberry 100 Persen
Secara normal, jus buah bukanlah pilihan terbaik untuk minuman karena kandungan jus buah utama adalah gula, air, dan zat pengawet, akan tetapi, jus cranberry 100 persen (terutama yang organik dan terbuat dari hanya buah dan air) adalah pilihan yang baik untuk membersihkan ginjal. Cranberry adalah buah super untuk arteri, ginjal, saluran pencernaan Anda dan banyak lagi. Jika Anda tidak percaya dengan produk-produk yang dijual di pasar, buatlah jus cranberry Anda sendiri ataulah campur cranberry dengan air dan saring dengan menggunakan kantung susu kacang.

Cranberry
Anda bisa, tentu saja, makan cranberry, untuk melindungi ginjal Anda. Buah cranberry merupakan sumber vitamin C, antioksidan, serat yang hebat, dan lagi, kandungan gulanya rendah. Buah beri ini bermanfaat bagi saluran kemih karena buah tersebut bisa mencegah ulcers (mag) dan bakteria berkembang dan bahkan bisa melawan bakteria ulcers yang ada di dalam ginjal dan saluran pencernaan. Ingat, yang terbaik adalah buah cranberry segar, tapi karena buah cranberry segar tidak tersedia setiap hari (sayangnya), Anda juga bisa memilih buah cranberry beku atau buah cranberry kering yang tidak mengandung gula tambahan (baca labelnya). Tambahkan buah cranberyy kering ini ke dalam oatmeal, smoothies (minuman buah), bubur gandum (whole grain porridge), atau bahkan salad yang Anda makan untuk mendapatkan rasa tart yang segar.

Buah Paprika Merah
Biasanya, potassium dipromosikan sebagai ingredient yang sehat untuk kita makan karena buah ini bisa membersihkan ginjal dan mengeliminasi air dari dalam tubuh, akan tetapi, bagi mereka yang menyandang penyakit ginjal, potassium bisa membuat haus dan membuat buang air kecil menjadi lebih sering karena kandung kemih terlalu sering kosong. Buah paprika merah adalah salah satu jenis buah dengan kandungan potassium yang rendah untuk dipilih dan merupakan sumber vitamin C protektif yang baik. Buah ini uga mengandung lycopene dalam jumlah yang cukup. Lycopene adalah sebuah antioksidan yang bisa membantu melawan jenis-jenis kanker tertentu pada orang yang memakan makanan sehat 

Apel
Apel adalah buah yang juga rendah potassium yang juga bisa berfungsi sebagai pembersih alami bagi tubuh. Apel bisa menjaga ginjal Anda tetap bersih tanpa menyebabkan sering buang air kecil. Apel merupakan sumber vitamin C lainnya, dan juga antioksidan quercetin, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pencegahan kanker. Apel juga merupakan sumber pectin yang besar. Pectin adalah sejenis serat yang larut dalam air yang bermanfaat bagi diabetes karena bisa memperlambat naiknya gula darah dan menghilangkan kolesterol berlebih. 

Jamur
Vitamin D merupakan mineral penting untuk kesehatan ginjal dan jamur adalah sumber vitamin D makanan utuh terbaik, yang berbasis tumbuhan. Vitamin D telah ditemukan bisa melancarkan fungsi ginjal dan bisa membantu mencegah penyakit ginjal. Susu kedele yang diperkaya dan susu almond boleh jadi merupakan pilihan bagus yang lain, akan tetapi pastikan kandungan potasiumnya tidak lebih dari 200-300 miligram jika Anda menderita penyakit ginjal.

Grapefruits (Jeruk Bali)
Grapefruits merupakan sumber vitamin C lainnya. Vitamin C adalah sebuah sumber mineral penting bagi sistem imun dan untuk mencegah berkembangnya bakteria di dalam tubuh. Grapefruit juga merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan potassium dan gula yang rendah, sehingga membuat buah ini menjadi sumber nutrient yang hebat bagi ginjal Anda. 

Oatmeal (Havermut)
Oatmeal tidak saja lebih kaya akan potassium dibandingkan sebagian padi-padian lainnya, tapi juga dibandingkan dengan banyak buah-buahan dan sayur-sayuran lainnya. Oats merupakan sumber zat besi dan Vitamin B6 yang baik, yang keduanya telah terbukti merupakan nutrient penting untuk mencegah batu ginjal dan mencegah deplesi nutrisi bagi mereka yang menderita CKD.

Kale
Kale merupakan sumber Vitamin A dan C yang fantastis untuk mencegah peradangan (inflammation) dan melindungi sistem imun. Kale juga mempunyai kandungan potassium lebih rendah dibandingkan beberapa sayuran dan yang tumbuhan hijau lainnya dan mengandung banyak zat besi. Zat besi adalah penting untuk kesehatan ginjal mengingat banyak orang yang menderita penyakit ginjal mengalami kekurangan zat besi. 

Yang Perlu Dihindari
Makanan kaya protein harus dihindari, khususnya makanan yang bersumber dari hewan. Juga dianjurkan untuk mengurangi asupan makanan yang kaya fosfor jika Anda menderita penyakit ginjal. Makanan berasal dari hewan bisa menyebabkan peradangan dan makanan yang kaya fosfor bisa menyebabkan batu ginjal. Jika Anda tidak menderita CKD dan mengalami kesulitan buang air kecil, tambahkan sedikit makanan kaya potassium ke dalam makanan Anda, bukannya mengurangi potassium dari makanan Anda. Potassium banyak terdapat di dalam buah-buahan, sayur-sayuran, dan bahkan sebagian whole grains (gandum), kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Yayasan Ginjal Amerika (American Kidney Fund) menganjurkan penderita penyakit ginjal mengonsumsi protein dalam jumlah moderat (40-50 gram), dan satu atau dua buah-buahan dan sayur-sayuran pada setiap waktu makan untuk membuat ginjal berfungsi dan seimbang secara keseluruhan. Daging, prosuk susu (dairy), telur, dan alkohol adalah sebagian makanan terbesar yang harus dihindari.

Jika Anda Tidak Menderita Penyakit Ginjal
Jika Anda tidak menderita penyakit ginjal dan Anda hanya ingin memakan makanan yang baik  bagi ginjal Anda, pastikan Anda makan banyak jenis buah-buahan, sayur-sayuran, beans (kacang-kacangan), legumes (tumbuhan polong), whole grains (gandum), nuts (kacang-kacangan), dan biji-bijian sebagai makanan yang seimbang antara yang kaya potasium dengan yang moderat potasium. Gaya hidup yang memakan makanan utuh berbasis tumbuhan adalah kaya akan protein anti-inflamasi (anti-inflammatory proteins) yang kecil kemungkinan akan menyebabkan inflamasi atau acidity (keasaman) di dalam tubuh dan akan memastikan kesehatan jantung dan level gula darah Anda tetap sehat.

Ginjal merupakan komponen detox alami yang terbesar yang ada dalam tubuh Anda. Pastikan Anda tidak menyia-nyiakan ginjal Anda sehingga ginjal-ginjal Anda tersebut akan menjaga tubuh Anda tetap sehat dan segar. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang ginjal dan kesehatan ginjal, kunjungi The National Kidney Foundation.(By Heather McLees)

Lead Image Source: wessexman/Flickr

http://www.onegreenplanet.org/natural-health/cleaning-up-your-kidneys-helpful-foods-and-drinks-to-consider/

comment 1 comments:

Brofitz Jp on December 21, 2015 at 10:13 AM said...

berbagai khasiat dari susu kambing etawa untuk kesehatan ginjal > http://www.susubegifa.com/manfaat-susu-kambing-etawa-begifa/

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger