Fenomena-fenomena Alam yang Aneh dan Gila 2

Bumi ini penuh dengan feneomena yang aneh-aneh—sebagian bisa dijelaskan secara ilmiah, dan sebagian lagi… kurang bisa dipahami. Dalam seri yang kedua tentang fenomena alam yang mengerikan dan tidak biasa ini, kami meliput beberapa fenomena yang bahkan lebih langka dan lebih merupakan teka-teki di dalam dunia yang alami.

Sinkholes

 Sinkholes holes ground 2010 guatemala city 21283 600x450
Sinkholes adalah salah satu dari fenomena yang paling mengerikan dan paling aneh di bumi ini. Sinkholes tampaknya timbul tanpa tanda-tanda peringatan tertentu, dan sering kali terjadi di daerah perkotaan, dan kadang-kadang terjadi di bawah rumah-rumah dan gedung-gedung.
 Sinkholes holes ground 2007 guatemala sinkhole 21282 600x450
Minggu lalu saja, muncul khabar tentang seorang wanita di Guatemala yang mendengar sebuah suara keras di bawah tempat tidurnya, dan ketika dia memeriksa apa yang terjadi, dia menemukan sebuah lubang besar ukuran 4 kaki dengan kedalaman sekitar 40 kaki telah menghisap lantai tepat di bawah tempat tidurnya dengan berbentuk lingkaran yang sempurna. Sinkhole tersebut turun menuju sebuah lubang kegelapan, dan dia tidak bisa melhat dasarnya!
 Guatemala Sinkhole 1
Sebagain sinkholes timbul secara alami, yang disebabkan oleh adanya gerakan air di bawah tanah dan aktivitas vulkanik. Sebagian lainnya disebabkan oleh aktifitas manusia, ketika pipa-pipa bawah tanah bocor atau ekskavasi yang menyebabkan erosi dan instabilitas.
 714
Sebagian sinkholes lauh lebih besar daripada yang digambarkan di atas, bahkan berukuran hingga ratusan meter baik diameter maupun kedalamannya!

Penitentes

 Field of penitentes

CB0E3F6C4DC7C6BE031D9C7FEED2E
Penitents adalah pahatan es yang berbentuk aneh yang timbul secara alami, khususnya di tempat yang tinggi. Pahatan es ini diberi nama seperti nama para Pendeta di New Meksiko yang memakai topi tinggi.
 Penitentes2
Penitentes
Ketika es mencair dengan pola-pola yang aneh, kadang-kadang menimbulkan pahatan yang tajam tertancap menghadap ke atas, ke arah matahari. Kita sering menyaksikan gelombang-gelombang es di atas salju, yang menimbulkan bayang-bayang seperti riak air yang kecil di antara gelombang-gelombang tersebut. Penitents ini adalah hasil dari bayang-bayang yang terdapat di antara riak-riak es tersebut, yang tidak terekspos ke matahari. Matahari mencairkan es secara perlahan, tapi tidak bisa mencairkan es yang berbentuk bayang-bayang tersebut. Inilah yang dipercaya oleh para ilmuwan sebagai penyebab timbulnya penitents ini.
Awan Lenticular 
Lenticular clouds
Lenticular18
Lenticularlogo
Awan Lenticular berbentuk seperti UFO ketika muncul, membentuk formasi awan yang berbentuk lingkaran yang aneh, yang seringkali muncul di atas gunung-gunung. Awan-awan ini mengandung gerakan udara vertikal (updrafts) yang sangat kuat. Karenanya, awan ini dihindari oleh para pilot pesawat udara tradisional karena efek yang bisa ditimbulkan oleh awan ini terhadap pesawat.
Lenticular clouds
Para pilot glider, di sisi lain, malah suka mencari awan ini karena updrafts-nya yang kuat merupakan jalan yang efektif untuk menuju ke ketinggian dengan gratis. Awan yang langka ini disebabkan oleh adanya udara yang hangat yang bergerak di pegunungan yang besar atau oleh adanya formasi geologis lainnya dan kemudian meluncur ke atas dan membentuk awan yang terlihat eksotik ini.

Pilar Cahaya

 090219 01 night light pillars big
Pilar cahaya adalah fenomena alam yang sangat-sangat aneh, dan seperti halnya awan Lenticular di atas, sering kali dianggap tidak alami, melainkan sebuah aktifitas ekstraterrestrial oleh mereka yang tidak mengetahui bagaimana terbentuknya pilar-pilar cahaya ini.
 84638
Lightpillars
Pilar-pilar tersebut disebabkan oleh partikel-pertikel es yang mengambang di udara, yang merefleksikan cahaya ketika ditembus cahaya dari arah manapun, serupa dengan terjadinya pelangi. Tapi tidak seperti pelangi, pilar-pilar cahaya ini bisa pula disebabkan oleh cahaya buatan manusia yang dipancarkan dari bumi di malam hari, bukan hanya disebabkan oleh cahaya matahari. Karena itu, pilar-pilar cahaya ini seringkali muncul di kota-kota besar di malam hari, yang sering kali menimbulkan rasa takut bagi orang yang meihatnya. (Posted by By Justin at 5 August, at 09 : 35 AM)

Fenomena-fenomena Alam yang Aneh dan Gila 1
Fenomena-fenomena Alam yang Aneh dan Gila 2
Fenomena-fenomena Alam yang Aneh dan Gila 3

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger