Bagaimana Membuat Mobil Anda Tahan Hingga 200.000 Mil


Oktober tahun lalu, odometer pada mobil Honda Accord tahun 1990 milik Joe LoCicero melewati angka 1 juta mil. Joe  adalah seorang inspektur klaim kerusakan yang menurut laporan telah mengemudikan Accord-nya sekitar 62.500 mil setiap tahun. Untuk itu Honda tidak hanya memberi “Joe Sejuta Mil” ini sebuah Accord baru, tapi juga menyelenggarakan sebuah parade di kotanya di Maine demi untuk menghormati capaian tersebut.
Tidak banyak di antara kita yang mau memelihara sebuah mobil sekian lama hingga mencapai jarak tempuh satu juta mil, karena kebanyakan dari kita hanya mengemudi sekitar 15.000 mil per tahun, menurut AAA. Namun para ahli setuju bahwa perawatan dasar yang dilakukan secara teratur bisa membantu Anda membuat mobil Anda bertahan hingga jarak tempuh 200.000 mil bahkan lebih.

[Related: 5 money-saving DIY tips for car owners]
Baca Buku Panduan—dan Ikuti
Joe Maliza Sr., pemilik Bel Air Fast Lube di Maryland, mengatakan yang terbaik yang bisa Anda lakukan adalah membaca buku manual ketika Anda membeli mobil baru, dan temukan jadwal perawatan mobil Anda, karena mengikuti aturan perawatan sesuai jadwal yang dianjurkan bisa menambah usia mobil Anda secara signifikan. Tampaknya memang merepotkan untuk mengunjungi mekanik setiap beberapa bulan sekali, dan sebagian orang mengeluhkan harga bahan bakar premium yang mahal yang direkomendasikan untuk mobil mereka. Namun mengikuti petunjuk-petunjuk sederhana seperti yang ada dalam buku panduan bisa mencegah timbulnya masalah-masalah yang tidak diinginkan yang bisa membuat mobil Anda usang sebelum waktunya.
John Lawlor, seorang technical advisor di Car Talk di  NPR, setuju, dia mengatakan, “buku yang paling sedikit dibaca di dunia ini adalah buku manual.” Dia menambahkan bahwa yang penting bukan saja merawat oli dan minyak (oil and fluids), tapi juga menjaga ban mobil Anda tetap kembung sesuai dengan buku petunjuk adalah faktor penting lain untuk menjaga mobil Anda tetap sehat. Meski mengunjungi mekanik secara teratur untuk perawatan normal tampaknya seperti memboroskan uang, tapi sebenarnya Anda malah menghemat uang yang lebih banyak karena Anda tidak perlu lagi mengunjung bengkel pinggir jalan. Seperti yang dikatakan Lawlor, “Orang yang menghematlah yang membelanjakan uang paling banyak.”
Pahami Mobil Anda
Kecuali Anda seorang suka mengutak-atik, mungkin Anda tidak pernah tahu bagaimana cara mengganti busi, atau apa yang membuat sistem kontrol stabilitas elektronik di mobil Anda bekerja. Tapi mengetahui hal-hal dasar seperti bagaimana memeriksa level oli dan memperhatikan mobil Anda ketika ada yang tidak beres bisa menyelamatkan Anda dari perbaikan besar-besaran di bengkel, kata Malizia dan Lawlor.

[Related: 14 Things You Should Always Buy Used]
Malizia juga mengatakan bahwa sangat penting untuk memperhatikan lampu peringatan. sistem monitoring kendaraan Anda dibuat tentu karena suatu alasan, dan adalah lebih baik untuk menanggulangi sebuah masalah selagi dia kecil daripada membiarkannya berkembang hingga menjadi bencana yang bisa membuat kendaraan Anda tersebut tidak mampu mencapai 200.000 mil.
Lawlor mengatakan bahwa salah satu yang paling penting yang bisa Anda lakukan adalah menjaga mobil Anda tetap bersih. Cat mobil sekarang ini bisa rusak oleh hal-hal sepele seperti kejatuhan kotoran burung, hujan asam atau kena getah. Menggunakan pelapis (coat) atau lilin (wax) akan mencegah mobil Anda dari kerusakan, yang bisa menghindari logamnya berkarat. Selain itu, Lawlor mengatakan Anda harus memastikan interior mobil Anda tetap bersih. Kotoran di tempat duduk atau dashboard bisa beraksi sebagai amplas, yang mengikis permukaan setiap kali Anda menyentuhnya.
Cari Mekanik yang Bisa Dipercaya
Salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa mobil Anda terawat dengan baik untuk jangka waktu lama adalah menemukan seorang mekanik yang bisa dipercaya, kata Malizia. Kita semua pernah mendengar cerita-cerita seram mengenai bengkel mobil yang meminta bayaran pada pelanggan yang lugu untuk kerusakan “blinker fluid” yang fiksional, atau akan memperbaiki sesuatu kerusakan ternyata menemukan 15 masalah kerusakan lain. Namun kebanyakan teknisi jujur dan terbuka, dan membangun hubungan dengan seorang mekanik yang Anda percaya akan membantu Anda jika Anda ingin membuat mobil Anda mencapai angka kilometer 200.000.

[Related: Debunking Fuel-Economy Myths]
Lawlor menyarankan mengambil mobil model terbaru pada dealer, khususnya jika mobil tersebut ada garansi. Semakin baru tahun keluaran mobil tersebut, semakin kompleks masalahnya, dan teknisi di dealer melakukan pelatihan khusus sehingga mereka tahu tentang mobil Anda seperti mereka mengetahui bagian punggung tangan mereka. Meski dealer lebih suka melayani mobil-mobil model baru, namun Lawlor mengatakan Anda sebaiknya membawa mobil-mobil yang berusia lebih dari sepuluh tahun ke bengkel mobil di tempat Anda. Mereka mengetahui dasar-dasar mobil Anda dengan cukup baik untuk melakukan perawatan seperti mengganti prodo rem, tapi kebanyakan dari mereka tidak akan membebani biaya yang tinggi seperti dealer.
Tidak peduli bagaimanapun cara Anda merawat mobil Anda, kecelakaan bisa saja terjadi dan gagal mekanis bisa terjadi diluar dugaan Anda. Merawat mobil dengan benar akan membuat mobil Anda tahan lama dan berharga lebih tinggi jika Anda ingin menjual atau menukarnya. Ingat apa kata Joe Malizia: Mobil dengan capaian kilometer tertinggi yang pernah dia lihat di bengkelnya adalah mobilnya sendiri, Ford Taurus SHO, 1993, yang masih bertahan dengan kuat setelah 19 tahun dan melewati angka 238.000 mil. (By Katie LaBarre | U.S.News & World Report LP – Wed, Jun 27, 2012 8:44 AM EDT)

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger