10 Bagian Tubuh yang Harus Diperhatikan oleh Seorang Wanita Setiap Pagi

Jika satu-satunya kesempatan Anda untuk memperhatikan anatomi tubuh Anda adalah pada saat Anda sedang mencabut bulu alis mata Anda atau ketika Anda sedang memencet jerawat, maka Anda telah kehilangan sebagian informasi krusial tentang kesehatan Anda.

Salah satu hal yang mengagumkan tentang tubuh Anda adalah bahwa tubuh Anda memiliki sensor penyakit yang built-in, dan para ahli mengatakan Anda bisa mengetahui tanda-tanda awal penyakit atau bahkan kondisi yang serius sekalipun hanya dengan meluangkan waktu beberapa menit untuk memperhatikan bayangan Anda di cermin.

Jadi lanjutkan, amati tubuh Anda lebih dekat lagi. Menurut kata-kata Ice Cube yang immortal: Periksa tubuh Anda sebelum Anda merusaknya (It's time to check yourself before you wreck yourself). 
Jika Anda melihat ada garis-garis berwarna gelap di bantalan kuku Anda.

Ukuran tahi lalat yang kelewat besar bukanlah satu-satunya penanda (red flag) kanker kulit—penyakit tersebut juga bisa berkembang di bawah kuku Anda. Garis-garis berwarna kekuningan, cokelat, atau hitam adalah pertanda kerusakan sel, kemungkinan akibat melanoma, jenis kanker kulit yang paling berbahaya, kata Ariel Ostad, M.D., seorang dokter kulit di New York City.

Namun, jika diketahui dan diobati sejak dini, sekitar 95 persen kasus seperti ini bisa disembuhkan, jadi beri kesempatan dokter kulit Anda memeriksanya sekali lagi.

10 Best Foods for Perfect Skin
 

Jika Anda melihat ada garis-haris berwarna putih terang 
Hal itu bisa berarti setiap orang mempunyai titik-titik berwarna putih di kuku mereka dari waktu ke waktu (biasanya itu merupakan pertanda bahwa jari Anda telah terjepit di dalam laci), namun jika yang Anda lihat adalah garis yang berubah warna yang memanjang horizontal di permukaan kulit Anda dan Anda sering merasa kelelahan (fatigue) belakangan ini, maka itu boleh jadi berita buruk bagi ginjal Anda.

“Garis-garis ini boleh jadi merupakan sinyal bahwa ginjal-ginjal Anda tidak mampu menyaring protein dari urin Anda,” kata Ostad. Hal itu berarti tubuh Anda sedang kehilangan protein lebih cepat daripada Anda bisa menyendok seiris daging di piring makan Anda—dan hal itu bisa menyebabkan gagal ginjal. Kunjungi dokter Anda secepatnya untuk dilakukan test urin.

10 Supplements Every Woman Needs 

Ketiak Anda 
Jika Anda melihat ada sedikit bagian kulit yang kasar berwarna gelap 

Itu bisa berarti Kecuali Anda baru saja pergi berlayar dengan menggunakan losion self-tanner, maka boleh jadi Anda mengalami diabetes, kata Michael Smith, M.D., editor medis utama pada WebMD. Insulin yang berlebihan yang terdapat di dalam aliran darah bisa menyebabkan sel-sel kulit melipat ganda dengan kecepatan tidak normal, sehingga bisa menyebabkan penumpukan tissue dan melanin.

Hal ini membuat kulit kelihatan lebih gelap dan terasa lebih tebal. “Ini paling banyak terjadi di bawah ketiak, leher, atau pangkal paha,” kata Smith. Test darah sederhana bisa menentukan apakah Anda menderita penyakit tersebut, yang menyerang sekitar 24 juta orang Amerika—hampir seperempatnya tidak terdiagnosis.

The Scary New Health Trend: Young, Slim, and Diabetic 

Kelopak mata, Lutut, and Siku Anda 
jika Anda melihat ada gumpalan kecil, yang kelihatan putih atau seperti lilin
Hal itu bisa berarti kabar baik: Itu bukanlah sebuah jerawat. Kabar buruknya: Itu adalah deposit kolesterol dalam jumlah kecil, kata Smith.

Sayangnya, “Pada saat benjolan kecil itu muncul, level kolesterol Anda mungkin sedang melambung tinggi; ini adalah faktor resiko yang serius bagi penyakit jantung.” Namun hanya dengan mengurangi angka tersebut hanya 10 persen saja bisa mengurangi resiko tersebut sebanyak sepertiganya.

Kunjungi dokter untuk periksa kolesterol, dan tanyakan padanya perubahan gaya hidup apa atau obat-obatan resep apa saja yang bisa menurunkan level kolesterol Anda.

12 Ways to Reduce Your Disease Risk, Starting Now
 

Kulit kepala Anda 
Jika Anda melihat rambut Anda menipis

Itu bisa berarti apakah rambut yang menyumbat di saluran air Anda cukup untuk membuat sambungan rambut untuk Britney Spears? Kehilangan rambut yang berlebihan adalah indikator umum adanya gangguan tiroid, yang menyerang sekitar 10 persen dari wanita di AS.

Ketika tiroid Anda (kelenjar yang terdapat di tengah-tengah leher Anda) rusak, maka keseimbangan hormon seks pria dan wanita dalam tubuh Anda bisa terganggu. Akibatnya: Rambut jadi lebih banyak rontok dan terasa kasar dan rapuh, kata Sandra Fryhofer, M.D., seorang dokter yang praktik pribadi di Atlanta.

Dokter Anda bisa mengukur jumlah hormon yang menstimulasi tiroid di dalam darah Anda—jika jumlah hormon Anda terlalu banyak atau terlalu sedikit, maka Anda perlu obat untuk memulihkannya.

Jika kulit kepala Anda mengelupas seperti kulit ular

Itu bisa berarti Jika serpihan-serpihan kulit tiba-tiba membuat punggung Anda terlihat seperti pegunungan Alpen di bulan Februari, itu boleh jadi disebabkan oleh daftar pekerjaan  Anda. “Muatan stress yang intens menyebabkan tubuh Anda mempoduksi hormon kortisol dalam jumlah yang berlebihan,” kata Ostad.  “Selain merusak sistem imun Anda (hingga membuat Anda lebih mudah kena flu) dan metabolisme Anda (hingga membuat Anda kelebihan berat badan), kortisol bisa juga membuat kulit kepala Anda menjadi kering.”

Shampo anti ketombe bisa mengatasi hal ini, namun kecuali jika Anda menginginkan sebuah adanya salju abadi di punggung Anda, cobalah tidur lebih banyak, tarik napas lebih dalam, dan perlonggar jadwal kerja Anda.

Eat Your Way to Healthier Hair 

Perut Anda
Jika Anda melihat ada bulu tebal (atau bekas cukuran) berwarna gelap berbentuk seperti  intan.

Itu bisa berarti apakah hutan yang tumbuh di perut Anda tersebut cukup tebal untuk menyembunyikan sebuah keluarga hobbits? Bulu yang padat dan kasar yang membentang hingga ke pusar Anda (bukannya tumbuh ke bawah dari atas hingga ke tulang kemaluan) bisa merupakan pertanda adanya sindrom ovarium polycystic (PCOS), kata Pamela Berens. M.D., seorang ob-gyn (ahli obstetri dan ginekologi) di University of Texas Medical School. 

Disebabkan oleh produksi androgen yang berlebihan, kondisi tersebut bisa menyebabkan menstruasi tak teratur atau parah, kelebihan berat badan, dan timbul bulu yang tebal pada perut, wajah, dan punggung. Sebanyak satu dari sepuluh wanita mengalami PCOS, yang bisa jadi merupakan sebuah faktor resiko bagi masalah-masalah serius seperti ketidaksuburan dan penyakit jantung.

Jika Anda mempunyai gejala-gejala seperti ini, kunjungilah ob-gyn Anda; dia boleh jadi akan meresepkan pil KB untuk mengendalikan hormon Anda.

Try This 15-Minute Belly-Blasting Workout 

Lidah Anda 
Jika Anda melihat adanya lapisan berwarna putih, kuning, atau oranye.

Itu bisa berarti jika lidah Anda terlihat seperti ada yang mengecatnya dengan semacam zat perekat berwarna terang, boleh jadi Anda sedang menumpahkan isi perut Anda dalam tidur Anda, kata Fryhofer. Biasanya, katup satu arah di bawah esophagus merupakan pertanda  bahwa apa saja yang turun ke sana tidak bisa naik kembali. Asam menjadi surut (reflux) ketika katup ini terbuka secara spontan dan isi perut Anda naik ke kerongkongan Anda, hingga menyebabkan lidah Anda terlapis dengan asam digestif dan membuat Anda menderita kasus napas Godzilla yang serius.

Kebanyakan reflux (penyurutan) bisa diobati dengan antasida OTC atau hanya dengan menghindari makanan-makanan yang asam dan pedas (spicy); jika hal itu tidak berhasil, kunjungi dokter Anda. Anda boleh jadi membutuhkan resep medis untuk mengurangi produksi asam perut dalam tubuh Anda.

Mata Anda
 
Jika Anda melihat adanya lingkaran yang tak bisa hilang di bawah mata Anda

Itu bisa berarti, kecuali jika Anda telah mengambil pekerjaan sampingan di tengah malam mengangkut jaringan radio, timbulnya lingkaran berwarna gelap tersebut bisa jadi disebabkan oleh alergi. Reaksi berantai, menurut Ostad, terjadi seperti ini: Sebuah allergen menyerang tubuh Anda, yang menyebabkan tubuh Anda melepas histamine; zat kimia ini membuat pembuluh darah dipenuhi oleh darah dan cairan lainnya, dan inilah dia: Tanda berwarna gelap tersebut menunjukkan wilayah kulit yang paling tipis.

Test kulit bisa menentukan allergen yang mana yang menyebabkan simptom yang Anda alami tersebut.

What Your Eyes Say About Your Health 

Jika Anda melihat adanya bengkakan kekuningan di bola mata Anda

Itu bisa berarti tidak, Anda tidak mengalami jerawat optik yang langka itu. Sebaliknya, sebuah bintil yang agak tebal pada bagian putih dari bola mata Anda adalah sebuah simptom dari kondisi yang tidak berbahaya yang disebut pinguecula. “Ini tidak lebih dari pertumbuhan kolagen yang berlebihan yang dipicu oleh kerusakan akibat sinar matahari, angin, atau debu,” kata Traci Goldstein, seorang dokter mata di Metropolitan Vision Correction Associates in New York City. 

Jagalah mata Anda tetap lembab dengan cara menggunakan obat tetes mata dan don shades setiap kali Anda keluar rumah (pastikan spesifikasinya menawarkan 100 persen perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB) untuk mencegah bengkakan tersebut membesar.
(By The Editors of WOMEN'S HEALTH | Healthy Living – Fri, Aug 24, 2012 1:13 PM EDT)

TELL US: How often do you do a health self-check? 

More from Women's Health: 

Best Workout for Your Body Type 

Foods That Make You Do Bad Things
 

13 Weight Loss Tricks That Work 


comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger