Menelepon di Skype Tak Lagi Aman


Skype, layanan telepon online yang telah lama disukai oleh para lawan politik pemerintah, para kriminal, dan yang lain yang suka melakukan komunikasi yang tidak terjangkau oleh pemerintah, telah memperluas kerjasamanya dengan para penegak hukum untuk membuat percakapan online dan informasi para pengguna lainnya bisa diperoleh oleh polisi, kata sumber-sumber pemerintah dan industri yang tahu dengan perubahan ini.
Pengawasan terhadap feeds audio dan video selama ini tidak jalan—bahkan meski pengadilan menerbitkan surat perintah untuk itu, kata para pejabat industri yang mempunyai pengetahuan langsung akan hal ini. Namun rintangan tersebut akhirnya bisa musnah ketika Skype menjadi salah satu dari bentuk komunikasi paling populer di dunia.
Perubahan-perubahan pada obrolan online ini, di mana pesan-pesan tertulis disampaikan hampir secara seketika di antara para pengguna, sebagian karena upgrade teknik dari Skype yang ditujukan untuk mengatasi gangguan-gangguan dan isu-isu stabilitas lainnya semenjak Microsoft membeli perusahaan tersebut tahun lalu. Para pejabat di Amerika Serikat dan negara-negara lain telah lama mendesak untuk memperluas akses mereka terhadap bentuk-bentuk komunikasi yang baru untuk memecahkan sebuah isu yang oleh FBI disebut masalah “menuju gelap”.
Microsoft telah melakukan pendekatan terhadap isu tersebut dengan “sensitifitas yang luar biasa dan sebuah kesadaran yang tinggi tentang akan jadi apa isu-isu tersebut nantinya,” kata seorang pejabat industri yang paham dengan plan-plan-nya Microsoft, yang seperti beberapa orang lain yang diwawancara untuk berita ini tidak mau disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk membicarakan isu tersebut di depan publik. Perusahaan tersebut mempunyai “track record yang panjang dalam hal bekerja sama dengan sukses dengan para penegak hukum di sini dan di dunia internasional,” katanya menambahkan.
Perubahan-perubahan tersebut, yang membuat pejabat yang berwenang mempunyai akses terhadap alamat dan nomer kartu kredit, telah mendapat sambutan hangat secara diam-diam dari jajaran penegak hukum namun mendapat tantangan dari berbagai aktifis dan analis.
Pejabat berwenang telah bertahun-tahun mengeluhkan bahwa enkripsi Skype dan fitur-fitur yang lain membuat mereka kesulitan dalam melacak raja obat-obatan, kaum pedofil, dan teroris. Para Jihadis sering merekomendasikan layanan tersebut dalam forum-forum online. Para polisi yang  mendengarkan hasil penyadapan secara tradisional sering kali mendengar orang yang dicurigai berkata satu sama lain, “Hei, ayo kita bicara di Skype.”
Kelompok-kelompok hacker dan para ahli privasi telah lama menduga bahwa Skype telah mengubah arsitekturnya untuk mempermudah pemerintah dalam melakukan pemantauan, dan dalam hal ini banyak yang menyalahkan Microsoft sebagai biang keladinya, yang mempunyai operasi yang rinci untuk mematuhi permintaan-permintaan dari pemerintahan yang sah di negara-negara di seluruh dunia.
“Masalahnya adalah, hingga sejauh mana komunikasi kita dibuat dengan tujuan untuk mempermudah pengawasan?” kata Lauren Weinstien, co-founder dari People for Internet Responsibility, sebuah kelompok privasi digital. “Ketika Anda mempermudah pengawasan itu, maka para penegak hukum akan lebih sering melakukannya. Jika Anda membuatnya, mereka akan datang.”
More from The Washington Post:
Skype lambat dalam memberi klarifikasi, namun mereka mengeluarkan sebuah pernyataan yang berbunyi, “Seperti halnya sebelum diakuisisi oleh Microsoft, Skype bekerjasama dengan agen-agen penegak hukum sesuai dengan yang diminta secara legal dan memungkinkan secara teknis.”  (By Craig Timberg and Ellen Nakashima,)

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger