Cara Memperpanjang Usia Baterai Smartphone

Smartphone Battery
Photo: Aaron Yoo--Flickr

Kita sekarang sudah menjadi masyarakat smartphone—orang-orang melakukan segala sesuatunya dengan HP mereka, mulai dari mengecek email dan Facebook hingga menonton video dan berselancar di web. Semua itu tentu ada resikonya: mendapat serangan hacker dan bisa memperpendek usia baterai.

Meski hanya sedikit yang bisa saya lakukan mengenai serangan hacker, namun saya bisa memberi hampir selusin tip-tip praktis untuk memperpanjang usia baterai Anda, sehingga Anda tidak perlu sering-sering men-charge (dan semoga Anda bisa tiba di rumah terlebih dahulu sebelum baterai Anda mati).

Turunkan brightness. Default setting untuk screen Anda mungkin lebih terang dari yang diperlukan, dan brightness yang tinggi bisa menyebabkan baterai di HP Anda cepat kosong. Turunkan brightness hingga level terendah namun masih bisa nyaman dilihat.

Sleep lebih cepat. HP Anda bisa disetel seberapa cepat untuk mematikan display dan masuk ke mode sleep. Anda bisa memperpanjang usia baterai Anda secara signifikan dengan cara mempercepat mode sleep dengan sendirinya bukannya menunggu selama beberapa menit terlebih dahulu baru sleep setiap kali Anda menegecek waktu misalnya.

Matikan notifikasi. Banyak aplikasi yang memunculkan notifikasi. Sering kali notifikasi ini tidak berguna dan hanya menghabis-habiskan baterai karena adanya notifikasi ini memaksa HP Anda hidup sebentar berkali-kali di sepanjang hari. Matikan notifikasi untuk memperpanjang usia baterai Anda.

Matikan antenna yang tidak digunakan. Jangan pernah (atau hanya sekali-kali) menggunakan Bluetooth. Pastikan Bluetooth di HP Anda dimatikan. Hal yang sama juga berlaku bagi Wi-Fi, meski jika Anda sama seperti orang kebanyakan, Anda mungkin cukup sering menggunakannya. Namun jika baterai Anda hampir mati, dan Anda belum mau men-charge-nya, maka Anda bisa mengaktifkan Airplane Mode (mode ini akan mematikan semua fungsi radio, termasuk suara).

Kurangi penggunaan gadget. Pebble smartwatch yang baru punya kehebatan, namun bisa mempercepat baterai melemah hingga sekitar 10 persen dari daya baterai per hari. Ada pula headset Bluetooth, fitur penggunaan HP di mobil dan fitur-fitur high-tech lain yang menjanjikan kenyamanan namun memakan daya baterai. Jika Anda ingin memaksimalkan usia baterai Anda, kurangi jumlah gadget yang Anda gunakan.

Katakan tidak untuk permintaan lokasi. Banyak aplikasi yang meminta ijin Anda terlebih dahulu untuk mendeteksi lokasi di mana Anda berada sehingga mereka bisa menyediakaan lebih banyak target informasi. Ini mungkin berguna, tapi setiap kali sebuah aplikasi menghidupkan chip GPS Anda, daya baterai semakin berkurang. Kecuali Anda benar-benar membutuhkan fungsi lokasi tersebut, katakan saja tidak.

Jangan terlalu sering sinkronisasi. Kebanyakan smatrphones dirancang untuk bisa men-check data email dan aplikasi setiap 15 atau 30 menit sekali. Jika Anda bisa hidup dengan updates yang lebih jarang, perpanjang menit tersebut hingga menjadi satu jam penuh. Ini akan mempengaruhi baterai Anda secara nyata.

Kurangi volume. Kecilkan volume HP Anda secara keseluruhan, termasuk nada dering.

Matikan vibrasi (getar). Anda mungkin membutuhkan fitur ini—khususnya jika Anda selalu menyimpan HP Anda di dalam saku—tapi untuk membuat HP tersebut bergetar memerlukan banyak daya baterai. Matikan getar untuk memperpanjang usia baterai.

Jangan kepanasan. Baterai yang panas akan lebih cepat kosong dibandingkan baterai yang dingin—jadi jika HP Anda panas ketika disentuh, berarti baterainya tidak akan efisien.  Ini bisa terjadi ketika Anda meninggalkan HP Anda di dalam mobil, di dalam saku pakaian atau HP Anda berada di atas gadget panas lainnya, seperti laptop. Menggunakan HP secara terus menerus juga bisa menyebabkan HP panas.

Matikan saja. Jika Anda tidak akan menggunakan HP Anda selama beberapa waktu—seperti ketika Anda sedang mengikuti rapat atau sedang berada di dalam gedung bioskop—matikan saja HP Anda itu. (By Dave Johnson | CBS MoneyWatch – Wed, Jul 17, 2013 5:45 PM EDT)

Photo: Aaron Yoo on Flickr

http://shopping.yahoo.com/news/making-your-smartphone-battery-last-longer-214520188.html

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger