Makanan-makanan Kesehatan yang Dimakan Para Ahli Kesehatan

thinkstock salmon
Makanan Pokok

Selai Almond (Almond Butter)

“Ketika saya perlu memulihkan tenaga setelah berolahraga, saya akan makan sesendok kecil langsung dari toples,” kata Kathy Kaehler, seorang ahli fitness di Los Angeles. Bonus: penelitian menunjukkan bahwa makan almonds bisa membantu mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskuler.

Anggur Beku (Frozen Grapes)

“Jika saya ngidam es krim pada malam hari, saya punya anggur beku sebagai gantinya,” kata Lacey Stone seorang fitness profesional di new York City. “Rasanya manis, dan bisa menggantikan es krim.”

Ikan Sarden (Sardines)

“Percaya atau tidak, saya telah menyukai sarden semenjak saya kanak-kanak,” kata Eliza Zied, seorang ahli diet terdaftar di New York City dan penulis buku Nutrition at Your Fingertips ($19, amazon.com.) “Ikan sarden kaya akan asam lemak omega-3 yang menyehatkan.” Dia memakan sarden langsung dari kalengnya: “tapi tidak dengan ekor dan kepalanya!”

Yogurt Yunani (Greek Yogurt)

“Greek yogurt adalah salah satu makanan kesukaan saya,” kata Yvonne Castaneda, seorang manajer fitness di Sports Club/LA, di Miami, yanag memakan Greek yogurt dengan beri, madu, dan almond. Greek yogurt tanpa campuran biasanya lebih kaya akan protein dan lebih rendah kandungan gulanya dibandingkan yogurt biasa, sehingga bisa membantu menjaga gula darah tetap stabil dan mencegah timbulnya kehabisan energi di pagi hari (mid morning crash).

Ikan Salmon (Salmon)

“Lemak sehat ini membantu saya fokus dan perform dengan lebih baik,” kata Tiffany Boucher, seorang pelatih di Equinox di New York City. Saya menambahkan beberapa iris ikan salmon di dalam sebuah kemasan Ziploc Zip’n Steam, kemudian memasukkannya ke dalam microwave, dan memakannya selama beberapa malam—tidak perlu repot menyiapkan makanan setelah bekerja seharian penuh.

Shredded Wheat

Shredded wheat menyediakan serat, yang membuat saya kenyang, dan saya memakannya dengan buah-buahan untuk menambah nutrien,” kata Zied, yang menambahkan pisang iris ke dalam mangkuknya sebelum menuangkan skim milk. “Shredded wheat adalah pilihan terbaik karena hanya mengandung sedikit sekali sodium tambahan. Hal ini langka didapat dalam sereal siap santap.

Keju Parmesan (Parmesan Cheese)

“Anda tidak memerlukan banyak untuk mendapatkan rasa yang enak,” kata Lisa Dryer, seorang ahli diet terdaftar di New York City dan penulis buku The Beauty Diet ($23, amazon.com). dia menaburkan keju parmesan pada pasta, salad, dan sup. Parmesan mengandung lebih banyak kalsium dibandingkan dengan kebanyakan keju lainnya: Satu ons (28,34 gram) mengandung kalsium lebih dari 30 persen dari asupan harian yang diperlukan kebanyakan wanita.

Seltzer 

Biasanya, semua ahli pasti memuja-muja nilai air putih. Tapi, ya, bahkan merekapun kadang-kadang bosan juga dengan air putih. Drayer mengganti air putih dengan seltzer: “Saya menambahkan sedikit jus kranberi atau jus jeruk—manis, mudah, dan menyegarkan.” Mereka yang tidak khawatir dengan  kalori bebas meminum seltzer dicampur jus kranberi atau jus jeruk hingga takaran 50/50, kata Drayer.  

Apel 

“Saya makan satu buah apel hampir setiap hari,” kata Michael Kaplan, seorang dokter pengobatan osteopatik dan dokter utama di Pusat Penurunan Berat Badan Medis, yang bermarkas di Tarrytown, New York. Apel kaya akan serat dan antioksidan dan bisa membantu mengurangi resiko terkena kanker usus besar dan kanker liver. “Sebuah penelitian di Brazil menemukan bahwa makan tiga buah apel setiap hari bisa membantu dalam menurunkan berat badan,” kata Kaplan. 

Sereal Gandum-Utuh (Whole-Grain Cereals)

Beberapa orang ahli menyukai manfaat sereal gandum utuh sebagai penurun kolesterol, seperti Cheeros yang klasik dan gandum yang digiling dengan baja (steel-cut oats). Drayer mencampurkan Newman’s Sweet Enough Cinnamon Fiber Flakes dengan Kashi Heart to Heart untuk menambah variasi. “Itu untuk membuat sarapan pagi yang lebih menarik,” katanya. 

Makanan Ringan (Snacks)

Energy Bars

“Jika saya tidak bisa duduk dengan sebaiknya untuk makan sarapan pagi, energy bars adalah pilihan yang baik,” kata Boucher, yang menyukai Luna Blueberry dan Vanilla Almond. Kedua energy bars ini mengandung 8 hingga 10 gram protein dan menyediakan sepertiga dari kebutuhan kalsium harian saya.” Pleatih dari New York City David Kirsch sangat menyukai kemudahan memakan energy bars sehingga dia membuat energy bars-nya sendiri, yang dia namakan Kirschbar. “Kirschbar mengandung whey protein dan enam gram serat,” katanya. “Dan yang terbaik dari semua itu, rasanya sama seperti makanan yang sebenarnya.” 

Susu Coklat (Chocolate Milk)

“Sebagian teman penyuka makanan mungkin terkejut mendengar ini, tapi saya minum enam ons (satu ons = 28,34 gram) coklat organik hampir setiap pagi, bersama sarapan atau setelah melakukan latihan,” kata Zied. (Penelitian mengisyaratkan bahwa campuran protein dan karbohidrat di dalam susu coklat bisa membuat minuman ini menjadi minuman pemulih tenaga yang efektif setelah melakukan latihan.) Minuman kesukaan anak-anak ini kaya akan kalsium dan vitamin D. Zied menggolongkan susu coklat sebagai makanan bergizi. “Tapi saya mengurangi asupan gula tambahan dari makanan lain,” katanya.

Telur Rebus 

“Telur mempunyai reputasi jelek yang sebenarnya salah,” kata Kaplan, yang menikmati telur hingga dua butir setiap harinya. Faktanya, telur mengandung nutrien yang bisa bermanfaat bagi mata, otak, dan rambut. Dan menurut salah satu peneltian, telur bisa pula membantu mencegah pengggumpalan darah, yang dengan demikian bisa menurunkan resiko terkena serangan jantung atau stroke. Pelatih asal Chicago Don Scott, di Jim Karas Personal Training menyebut telur sebagai “snack mudah, murah, dan meriah.”

Kacang Tawar (Unsalted Nuts)

“Saya menyimpan kacang tawar di dalam tas saya di dalam mobil—makanan tersebut bagus untuk dibawa jalan-jalan,” kata Sara Haley, seorang pelatih di Los Angeles, yang menyukai kacang untuk mendapatkan protein dan lemak yang baik. Kacang bisa membantu menurunkan kolesterol, dan salah satu penelitian menunjukkan bahwa buah kenari (walnuts) khususnya mempunyai manfaat antioksidan yang kuat. Haley membeli kacang tawar dalam kemasan untuk satu orang di toko Whole Foods supaya porsinya tetap terjaga: “Karena kalori yang sehat-pun bisa meningkat.” 

Apel Kering 

“Saya suka membawa apel kering di dalam tas saya sebagai makanan sumber energi yang baik dan cepat,” kata Castaneda, yang mencampur apel keringnya dengan segenggam kacang-kacangan untuk mendapatkan snack yang seimbang. Rasanya kenyal dan manis, “apel kering tetap segar lebih lama dibandingkan apel utuh,” katanya.

Kejutan 

Twizzlers

“Ini adalah permen non-coklat pilihan saya,” kata Zied. “Saya dan suami saya berbagi satu pak Twizzlers di bioskop, atau saya menyimpannya di dapur dan menikmatinya setiap beberapa hari.” Rahasia Zied dalam memakan Twizzlers? “Saya membatasi diri hingga hanya tiga sekali makan,” katanya. (manfaat “kesehatan”: Twizzlers ini rendah lemak.)

Karamel (Caramels)

“Ketika saya menginginkan sebuah pencuci mulut yang manis setelah makan, saya mencari karamel,” kata Haley. Karena karamel memerlukan waktu lama untuk memakannya, Anda bisa berhenti setelah memakan satu atau dua dan masih merasa puas. Tentu saja, Anda perlu menggosok gigi setelah itu.) 

Es Krim Skinny Cow
 
“Makanan ini menyenangkan, memuaskan, rendah lemak, dan hanya mengandung 150 kalori,” kata Drayer. (Cita rasa kesukaannya: Chocolate With Fudge.) Dia makan satu sebanyak beberapa kali semingggu dan dia bahkan tidak melarang makanan ini bagi kliennya yang ingin menurunkan berat badan: “Makanan ini porsinya terkontrol, jadi Anda tidak mungkin tidak tahu berapa banyak yang Anda sudah makan, lain halnya kalau Anda makan es krim karton.”

Kacang Permen M&M (Peanut M&M’s)

“Saya suka kacang M&M’s yang saya makan,” kata Zied. Dan sejauh menyangkut permen, katanya, peanut M&M’s adalah pilihan yang baik: “Kacang (peanuts) kaya akan lemak tak jenuh yang sehat dan protein.” Zied lebih menyukai M&M dibandingkan dengan makanan lain, seperti cookies, dan dia memakan satu porsi yang terdiri dari 10 hingga 12 potong. “Pada perayaan Halloween saya membeli yang kemasan anak-anak untuk mendapatkan porsi yang lebih terkontrol.”

Pretzels Lapis Yogurt (Yogurt-Covered Pretzels)

Ketika tidak sedang berselera makan karamel, Haley mengambil segenggam Pretzels Lapis Yogurt sebagai pencuci mulut. Tapi hanya segenggam kecil, karena satu cangkir mengandung hampir 400 kalori. Saya perlu menyembunyikan ini di bagian belakang lemari es karena kalau tidak, saya bisa memakan terlalu banyak,” kata Haley mengakui. (By Lisa Whitmore, Sun, Dec 29, 2013)

More from Real Simple:
http://health.yahoo.net/articles/nutrition/healthy-diet-foods-health-experts-really-eat

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger