4 Orang Inggris Tertular TB dari Kucing

Cats have passed TB to humans for the first  time in an outbreak feared to have been caused by badgers. Nine of the animals were infected in the Home Counties in a matter of weeks - including 18-month-old Milhouse (pictured), which has run away
Kucing telah menjadi salah satu penyebar penyakit TB pada manusia untuk pertama kalinya dalam sebuah peristiwa menyebarnya wabah penyakit ini yang dipercaya telah disebarkan oleh musang.

Dua orang yang berasal dari rumah tangga yang sama kini sedang dirawat karena penyakit bovine tuberculosis (TB sapi) setelah mereka tertular penyakit tersebut dari kucing mereka.

Dua orang pemilik kucing lainnya telah terinfeksi sejenis TB yang dormant (tidak aktif).
Sembilan kucing terinfeksi di Home Counties hanya dalam beberapa minggu.

Enam kucing telah dibunuh atau mati, dua bertahan hidup, tapi yang satu, seekor kucing berusia 18 bulan yang bernama Milhouse, menghilang.  

Tujuh dari kucing-kucing tersebut mempunyai luka akibat gigitan, yang oleh dokter hewan dikatakan mungkin karena berkelahi dengan musang, yang dikenal sebagai pembawa TB sapi yang produktif.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, para ilmuwan telah mengingatkan bahwa kucing bisa menyebar TB pada pemiliknya, tapi kejadian ini dipercaya sebagai kasus pertama yang terdokumentasi di dunia.  

Infeksi tersebut menyebar pada masing-masing pasien selama terjadinya wabah TB sapi pada kucing-kucing di Newbury, Berkshire, tahun lalu, yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Para pasien tersebut, yang diagnosanya diungkap beberapa hari yang lalu, memberi respon terhadap pengobatan yang diberikan, menurut Public Health England, yang mengklasifikasikan resiko penularan selanjutnya sebagai ‘sangat rendah’.

Peringatan tersebut dikeluarkan oleh dokter hewan Carl Goman setelah beberapa ekor kucing—termasuk kucing miliknya Milhouse—mulai menampakkan kondisi paru kronis dan mendapat luka-luka yang mencurigakan.

TB pada kucing adalah langka, dengan hanya 25 kasus terlihat setiap tahunnya di Inggris. Wabah yang timbul di Newbury tahun lalu tidak pernah terjadi sebelumnya. 

Dr Gorman, direktur Klinik Hewan Falkland di Newbury, mengatakan penyakit tersebut berasal-muasal dari timbulnya wabah TB sapi pada sapi-sapi yang terdapat di pinggiran kota itu.

Berbicara secara eksklusif pada Daily Mail beberapa hari yang lalu, dia mengatakan: ‘Kolega saya melihat seekor kucing yang mempunyai sebuah luka yang tidak sembuh-sembuh sehingga kami meneliti kalau-kalau ada TB.

‘Ada beberapa kasus di sekitar Newbury dengan satu rangkaian kasus di dan sekitar Greenham Common.

‘Tidak biasanya kucing terkena TB tapi bukannya tidak pernah, tapi sekelompok kucing terkena TB secara bersama-sama seperti ini adalah cukup langka.’

Para pejabat di Public Health England mengatakan kedua pasien tersebut yang telah terinfeksi bakteri TB mycobacterium bovis kini sedang menjalani perawatan.

Dua orang pemilik kucing lainnya terdiagnosa ‘TB latent’, yang berarti mereka telah terekspos infeksi tersebut tapi tidak menunjukkan gejala apa-apa.

Dr Dilys Morgan, dari Public Health England, mengatakan: ‘Ini adalah kasus penularan dari kucing ke manusia yang pertama yang terdokumentasi.

‘Meski menurut PHE resiko orang terkena infeksi TB ini dari kucing sangatlah rendah, kami merekomendasikan agar penghuni rumah tangga dan mereka yang melakukan kontak dekat dengan kucing yang dipastikan terinfeksi M. bovis diteliti dan diberi penyuluhan tentang kesehataan masyarakat.

‘Adalah penting diingat bahwa kejadian sekelompok kucing peliharaan rumah tangga terkena TB ini sangat tidak biasa.’

Mike Mandelbaum, kepala badan amal Waspada TB, mengatakan: ‘Di Inggris kita adalah negara pecinta kucing, jadi kejadian ini cukup mengejutkan bagi orang-orang yang sekarang mungkin memandang kucing mereka dengan pandangan yang berbeda. 

‘Meski saya ingin menekankan bahwa resiko terkena TB dari kucing tampaknya akan tetap rendah, tapi hal ini cukup kiranya mengingatkan kita bahwa TB masih merupakan sebuah masalah di Inggris sekarang ini, dengan hampir 9.000 orang menderita penyakit tersebut tahun lalu.’

Dr. Gorman mengatakan kedua orang yang terkena TB aktif tersebut terinfeksi oleh seekor kucing.

Dia menambahkan: ‘Kucing ini cukup muda dan menderita sebuah luka terbuka yang membuat resiko terinfeksi tersebut semakin besar.

‘Sebelum hewan peliharaan tersebut terdiagnosa TB, para pemiliknya boleh jadi telah membersihkan luka pada kucing tersebut tanpa menggunakan sarung tangan atau menggunakan pengaman lainnya.’

Enam dari kucing yang terinfeksi tersebut tinggal di rumah-rumah dalam radius sekitar 250 yard di kompleks perumahan di dekat Greenham Common.

Tiga ekor lainnya tinggal dalam radius tiga mil. Sekitar 39 orang yang telah melakukan kontak dengan kucing-kucing tersebut diminta melakukan pemeriksaan akan TB, termasuk Dr. Gorman, istrinya Claire dan empak anak-anaknya.

Kucing mereka Milhouse adalah salah satu yang terinfeksi—dan telah menghilang semenjak itu.

Dr. Gorman, 52, yang mempunyai tiga ekor anjing dan empat ekor kucing, mengatakan: ‘Milhouse duduk di pangkuan saya di hari itu dan saya merasakan ada sebuah benjolan di kakinya. Kami telah mengalami beberapa kasus sebelumnya sehingga saya meminta dia diperiksa. Millhouse merespon dengan baik treatment tersebut tapi setelah itu dia menghilang.’

Dia takut kucing tersebut mati dalam kecelakaan dan dia mengatakan kecil kemungkinan Milhouse akan menyebar penyakit tersebut lebih lanjut.

Bovine TB (TB sapi) telah memporakporandakan industri pertanian di Ingris, di mana peternakan-peternakan dipaksa membantai 30.000 ekor sapi yang terkena penyakit tersebut setiap tahunnya. Musang dipersalahkan sebagai hewan yang telah mempercepat penyebaran penyakit tersebut, dan pemerintah kini mencoba sebuah cara yang kontroversial yaitu memusnahkan hewan-hewan tersebut untuk mengatasi  masalah ini.

Professor Noel Smith, dari Dinas Laboratoirum Kesehatan dan Perawatan Hewan, mengatakan: ‘Penelitian pada hewan-hewan terdekat mengungkap adanya sejumlah kecil hewan ternak yang mengandung bakteri M.bovis seperti yang terdapat pada kucing.

‘Akan tetapi, kontak langsung kucing dengan hewan ternak ini tampaknya tidak mungkin mengingat jarak jelajah kucing-kucing tersebut yang terbatas.

Sumber infeksi tersebut yang paling memungkinkan adalah hewan liar yang terinfeksi, tapi penularan dari kucing ke kucing bukannya tidak mungkin.

Kelompok hewan ternak yang dipastikan terkena TB sapi di area tersebut telah ditempatkan di tempat yang ruang geraknya terbatas untuk mencegah penyebaran penyabit tersebut. (By Ben Spencer and Sian Boyle and Inderdeep Bains)

http://www.dailymail.co.uk/health/article-2590699/Two-British-people-contract-tuberculosis-contact-cat-recorded-cases-cat-human-transmission.html

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger