Cara Terbaik Membakar 200 Kalori Setiap Hari Tanpa Mengurangi Makan

The Easiest Way To Shave Off 200 Calories Each Day (Without Eating Less)
Jika Sberat badan Anda terus bertambah dan Anda tidak bisa menelusuri penyebabnya, mungkin Anda perlu memeriksa bantal Anda. (Photo: Getty Images)

Menurut dua penelitian terbaru, kehilangan tidur hanya setengah jam saja setiap malamnya atau mengalami tidur yang tidak teratur bisa menyebabkan berat badan bertambah yang setara dengan memakan sebuah bagel ekstra per harinya!

Dalam penelitian pertama, yang dipresentasikan dalam Asosiasi Jantung Amerika di Dallas pada tanggal 5 Maret lalu, para peneliti dari Penn State University menganalisis data tidur dari 342 orang remaja dengan rata-rata usia 17 tahun, yang tidur rata-rata tujuh jam semalam. Pada malam-malam ketika mereka tidur satu jam lebih sedikit atau lebih banyak dari normal, para remaja tersebut menambahkan 201 kalori, enam gram lemak dan 32 karbohidrat pada makanan yang biasa mereka makan. 

Para peneliti berpendapat bahwa kurang tidur bisa menyebabkan para remaja menghabiskan lebih banyak waktu di sofa di keesokan harinya—dengan snack di tangan. Mungkin juga tidur yang tidak teratur bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang bisa menyebabkan para remaja menjadi lebih lapar, dan lebih sering makan.

Dalam penelitian yang kedua dari para peneliti di Weill Cornell Medical College di Doha, Qatar, para peneliti membagi 522 orang pasien yang baru saja terdiagnosis diabetes tipe-2 ke dalam dalam salah satu dari tiga kelompok: kelompok perawatan seperti biasa, kelompok olahraga tambahan, dan kelompok diet dan olahraga.

Pada permulaan studi, mereka yang tidak mendapat tidur cukup di sepanjang minggu tersebut ternyata sekitar 72 persen lebih besar kemungkinannya untuk menderita obesitas dibandingkan dengan mereka yang tidur cukup. Setelah enam bulan penelitian berlangsung, mereka bahkan lebih cenderung mengalami kegemukan dan mengalami masalah dalam pengendalian gula darah.

Menariknya, kekurangan tidur setengah jam saja dari ukuran dasar masing-masing partisipan pada hari-hari kerja ternyata cukup untuk memicu timbulnya masalah berat badan dan diabetes ini. Setelah setahun mengikuti perkembangan mereka, ternyata untuk setiap 30 menit hutang tidur yang dikumpulkan seseorang, resiko obesitas dan resistensi insulin mereka meningkat sebesar 17 persen dan 39 persen secara berturut-turut. Penelitian ini dipresentasikan pada pertemuan tahunan Masyarakat Endokrin di San Diego.

Seperti halnya penelitian Pennsylvania, Shahrad Taheri, MD, seorang professor medis di Weill Cornell Medical College Doha mengatakan bahwa sains menunjukkan bahwa perubahan hormonal dipicu oleh kekurangan tidur sebagai sebuah faktor utamanya. “Kami tidak mengetahui mekanisme sepenuhnya, tapi kerja kami terdahulu telah mengisyaratkan bahwa kekurangan tidur bisa mempengaruhi hormon-hormon yang mengatur nafsu makan, asupan makanan, dan pengeluaran energi,” kata taheri pada Yahoo Health.

Tahri berharap penelitiannya akan membantu orang untuk menaruh perhatian lebih banyak terhadap bagaimana kebiasaan tidur mereka bisa mempengaruhi kesehatan dan kebugaran mereka secara keseluruhan. “Orang tidak memandang masalah tidur dengan cukup serius,” katanya. “Tidur adalah faktor gaya hidup ketiga, selain asupan makanan dan aktifitas fisik, yang tidak boleh diremehkan.”

Menurut Taheri, orang harus memastikan mereka mendapat tidur yang cukup di malam hari—dan ini bukan hanya berkenaan dengan perasaan lebih sehat di pagi harinya. “Kekurangan tidur berakumulasi dan menimbulkan hutang tidur,” katanya. “Salah satu alasan mengapa perubahan gaya hidup selama ini tidak terlalu berhasil dalam mengatasi masalah obesitas dan diabetes  seperti yang kita harapkan boleh jadi karena kita telah mengabaikan efek dari tidur.”

Menurut National Sleep Foundation AS, anak-anak sekolah berusia 6 hingga 13 tahun memerlukan waktu tidur 9 hingga 11 jam di malam hari; remaja berusia 14 hingga 17 tahun memerlukan 10 jam; dan orang dewasa usia 18 ke atas memerlukan 7 hingga 8 jam semalam. (By Jenna Birch)

https://www.yahoo.com/health/the-easiest-way-to-shave-off-200-calories-each-day-112894132942.html

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger