Kenali Gejala Fatigo dan Cara Penanggulangannya

 


Review medis oleh Daniel Combs, MD

Fatigue (fatigo) adaah perasaan kelesuan dan kelelahan fisik atau mental. Namun fatigo jauh lebih dari sekedar perasaan lelah atau mengantuk; fatigo lebih merupakan sebuah perasaan lemah fisik maupun mental yang relatif berkepanjangan. Sebagian orang menggambarkan fatigo sebagai perasaaan kehabisan tenaga (worn out) atau kelelahan (exhausted), yang menyebabkan mereka bergerak lebih lambat dari normal dan menggunakan lebih banyak energi untuk menyelesaikan tugas sehari-hari.

Kita semua pernah mengalami fatigo sekali dan sewaktu-waktu, namun fatigo jangka panjang (misal berhari-hari atau berminggu-minggu) boleh jadi mengindikasikan keadaan kesehatan yang lebih serius yang perlu segera ditangani. Jika fatigo menghalangi Anda melakukan tugas Anda sehari-hari, atau kebutuhan Anda, pertimbangkanlah menghubungi penyedia layahan kesehatan Anda.

Tanda-tanda Fatigo

Jika fatigo berlangsung hingga satu bulan atau lebih dan Anda belum pernah terdiagnosa pnyakit atau kondisi medis apapun, maka boleh jadi Anda sedang mengalami sindroma fatigo kronis (chronic fatigo syndrome (CFS)). Orang yang menderita CFS tidak akan merasa segar meski telah tidur nyenyak semalaman. Mereka juga mungkin tidak bisa melakukan hal-hal yang biasanya mereka lakukan. Dalam kasus-kasus yang lebih parah, Anda mungkin tidak akan mampu beranjak dari tempat tdur.

Simptom fatigo bisa berubah-ubah dan berfluktuasi seiring berjalannya waktu.

Selain rasa lelah yang parah, simptom-simptom lain yang berhubungan dengan CFS mencakupi:

  • Kesulitan konsentrasi, berpikir, dan mengingat
  • Gejala-gejala seperti flu
  • Rasa nyeri pada kelenjar getah bening (Tender lymph nodes)
  • Tenggorokan sakit
  • Sulit tidur
  • Pusing
  • Pega-pegal (pain)

Aktivitas fisik dan mental sering kali meningkatkan simptom CFS.

Related:Chronic Fatigo Syndrome Symptoms To Know if You’re Always Exhausted

Penyebab Fatigo

Fatigo terjadi pada sispa saja sewaktu-waktu, dalam keadaan tertentu. Gejala fatigo boleh jadi keadaan kurang energi atau lemah karena sesuatu yang terjadi dalam kehidupan Anda sehari-hari, seperti:

  • Aktivitas fisik yang lebih enerjik daripada biasanya
  • Stress emosional atau mental
  • Kurang tidur
  • Kebosanan (boredom)

Fatigo mungkin juga terjadi karena kondisi-kondisi lainnya yang menyerang tubuh atau pikiran Anda, seperti:

  • Infeksi virus
  • Obat-obatan tertentu, seperti antidepresan atau antihistamin
  • Makanan rendah vitamin, mineral, dan nutrien lainnya
  • Kanker atau perawatan kanker, seperti kemoterapi dan radiasi
  • Depresi atau kecemasan (anxiety)
  • Sedang menjalani bedah besar
  • Penyakit-penyakit kronis, seperti penyakit jantung, penyakit tiroid, diabetes, atritis reumatoid (radang sendi), penyakit Parkinson, anemia, dan apnea tidur dan gangguan tidur lainnya
  • Pegal-pegal kronis yang tak diobati
  • Stroke terbaru
  • Stress kronis
  • Mengonsumsi terlalu banyak alkohol atau kafein
  • Hamil
  • COVID-19

Para penyedia layanan kesehatan dan para peneliti tidak yakin apa yang menyebabkan sindroma fatigo yang kronis. Kombinasi faktor-faktor penyebab fatigo yang terdiri dari berbagai bentuk boleh jadi berkontribusi.

Related:The Most Common Fatigo Causes, According to Experts

Bagaimana Menanggulangi Fatigo

Karena ada banyak hal yang bisa menyebabkan fatigo, maka mengatasinya pun bisa jadi tidak mudah. Penyedia layanan kesehatan Anda harus menentukan apa yang tampaknya paling mungkin sebagai penyebab fatigo yang Anda alami untuk memberikan pelayanan terbaiknya.

Ada banyak hal yang bisa Anda coba yang boleh jadi akan membantu meringankan fatigo, termasuk:

  • Mengubah gaya hidup: Gaya hidup tertentu merupakan faktor yang bisa membantu meringankan simptom fatigo, termasuk menghindari kafein dan alkohol, tidak merokok, dan makan makanan yang memiliki kandungan gizi seimbang.
  • Lakukan segala sesuatu dengan lambat dan hindari menggunakan terlalu banyak energi pada setiap tugas yang Anda lakukan.
  • Kurangi obat-obatan yang menyebabkan mengantuk: Cara ini bisa jadi mampu mengurangi dosis obat-obatan yang bisa berkontribusi sebagai penyebab fatigo yang Anda alami atau ganti obat-obatan Anda ke obat-obatan yang tidak terlalu menyebabkan mengantuk.
  • Minum obat-obatan stimulan: Jika Anda mengalami CFS, penyedia layanan kesehatan Anda boleh jadi akan merekomendasikan obat-obatan stimulan, atau neurostimulator, untuk membantu memperbaiki level energi Anda. Neurostimulator biasa digunakan untuk mengobati gangguan hiperaktivitas akibat jurang perhatian (attention deficit hyperactivity disorder (ADHD)).
  • Beri prioritas pada aktivitas dan tugas-tugas Anda: Anda tidak harus melakukan tugas Anda sekaligus. Tentukan mana aktivitas yang paling penting untuk diselesaikan di hari itu, dan lakukan itu terlebih dahulu. Membagi-bagi aktivitas dalam sehari juga bisa memberi Anda waktu untuk beristirahat di antara tugas-tugas tersebut.
  • Therapi pijat: Terapi pijat bisa membantu mengurangi tekanan yang Anda bawa dalam tubuh Anda, sehingga bisa mengurangi kelelahan fisik.

Lalukan Kebiasaan Tidur Sehat

Kebiasaan tidur sehat (sleep hygiene) adalah serangkaian kebiasaan tidur yang bisa membantu Anda relaks dan tidur lebih baik di malam hari. Untuk tidur lebih baik dan, mudah-mudahan, membantu mengurangi fatigo, para penyedia layanan kesehatan merekomendasikan:

  • Hindari tidur siang lebih dari 30 menit, karena bisa membuat Anda puyeng (groggy) atau sulit tidur di malam hari
  • Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya
  • Tidurlah di dalam ruangan yang tenang, dan matikan lampu
  • Jangan gunakan perangkat elektronik sebelum tidur
  • Hindari minum kafein dan makan besar sebelum tidur
  • Lakukan olahraga secara teratur, tapi tidak di waktu larut malam

Aktiflah Secara Fisik

Aktivtas fisik yang moderat bisa memperbaiki level energi dan nafsu makan Anda. Selain itu, aktivitas fisik juga bisa memperbaiki outlook (pandangan mental) dan mood Anda dan membantu Anda tidur lebih baik di malam hari. Temukan olahraga yang bisa Anda lakukan, dan lakukan secara konsisten. Pertimbangkan pula melakukan aktivitas seperti meditasi, yoga, atau tai chi, yang bisa membantu Anda relaks dan memperbarui pikiran dan tubuh Anda.

Tanyakan ke penyedia layanan kesehatan Anda tentang aktivitas fisik yang bisa Anda lakukan dengan aman untuk menjadi lebih aktif di sepanjang hari, atau seorang ahli terapi fisik atau spesialis rehabilitasi fisik untuk mempelajari cara-cara yang aman dan efektf untuk meningkatkan level aktivitas fisik Anda.

Biasakan bertanya pada dokter sebelum memulai melakukan olahraga yang baru, terutama jika Anda mempunyai masalah medis.

Menangani Sindroma Fatigo Kronis

CFS bisa jadi suit ditangani. Karena CFS bisa berfluktuasi, maka Anda boleh jadi akan merasa lelah (exhausted) selama beberapa hari atau bahkan beberapa minggu sekali, dan kemudian terbangun dan merasa jauh lebih baik di suatu hari. Ketika ini terjadi, jangan lakukan terlalu banyak pekerjaan untuk mengganti pekerjaan-pekerjaan yang tidak Anda lakukan di hari-hari sebelumnya, atau Anda akan mengalami “push and crash.”

“Push and crash” artinya memaksakan diri terlalu keras di hari ketika Anda merasa lebih baik hingga mengakibatkan kondisi Anda memburuk. Nikmati saja hari Anda, tapi jangan paksakan menyelesaikan segala sesuatu yang telah menumpuk. Santai saja dan atur langkah.

Bicaralah dengan dokter Anda tentang cara terbaik untuk menangani CFS yang Anda alami. Mereka boleh jadi akan merekomendasikan cara-cara penanganan CFS yang biasanya dilakukan, seperti menerapkan kebiasaan tidur yang baik (sleep hygiene), melakukan aktivitas moderat secara teratur, atau mengubah makanan dan obat-obatan Anda.

Kapan Waktunya Berbicara dengan Penyedia Layanan Kesehatan

Fatigo bisa terjadi jika Anda terlalu memaksakan diri secara fisik atau ketika Anda sedang sakit. Anda mungkin hanya perlu waktu beberapa hari untuk istirahat dan memulihkan diri. Tapi jika Anda mengalami fatigo selama beberapa minggu atau tidak bisa melakukan pekerjaan yang menjadi tugas Anda, atau pekerjaan yang ingin Anda lakukan, hubungilah penyedia layanan kesehatan Anda.

Biasanya mereka akan menanyakan pada Anda pertanyaan-pertanyaan tentang gaya hidup Anda, seperti kebiasaan tidur Anda, makanan Anda, dan level aktivitas Anda. Kemudian, mereka mungkin akan memeriksa Anda dan melakukan test darah untuk memastikan tidak ada infeksi atau kondisi kronis yang bisa menyebabkan fatigo. Seorang konselor atau terapis bisa membantu Anda menangani kondisi mental dan emosional Anda, seperti depresi atau kecemasan, yang bisa berkontribusi terhadap fatigo atau yang timbul karena adanya fatigo.

Tinjauan Singkat

Fatigo bisa terjadi pada kita semua, tapi biasanya tidak lama. Jika terjadi dalam jangka waktu lama, mungkin ini mengindikasikan adanya masalah yang lebih serius yang bisa memengaruhi kesehatan dan kualitas hidup Anda.

Fatigo biasanya bisa ditangani dengan cara menyesuaikan gaya hidup seperti menghindari konsumsi kopi dan alkohol, melakukan olahraga, dan makan makanan seimbang. Akan tetapi, kadang-kadang, obat-obatan mungkin diperlukan untuk memperbaiki kualitas tidur Anda dan, atau, membuat Anda tetap terjaga di sepanjang hati.

Hubungi penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda menderita fatigo selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan sekali atau jika Anda mengalami simptom-simptom fatigo yang memengaruhi cara Anda menjalani kehidupan Anda sehari-hari.

For more Health news, make sure to sign up for our newsletter!

Read the original article on Health.

 

https://www.yahoo.com/lifestyle/fatigo-everything-know-150750574.html

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger