Bunga-Bunga yang Bisa Dimakan (2)

Selain daun dan buah, ternyata bunga juga bisa dimakan. Meski tidak seumum daun dan buah, ternyata ada sebagian masyarakat yang sudah terbiasa makan bunga. Ada juga yang menjadikan bunga sebagai bagian dari masakan, seperti bumbu.

Bunga-bunga apa sajakah yang bisa dimakan. Mungkin yang sudah diketahui umum hanya sedikit. Tetapi sebenarnya ada banyak sekali bunga-bungaan yang bisa dimakan. Bahkan jumlahnya bisa mencengangkan.


Kegunaan kuliner bunga-bungaan telah dimulai di China, Yunani, dan Romawi, ribuan tahun lalu. Banyak budaya yang menggunakan bunga-bungaan dalam masakan tradisional mereka—seperti penggunaan kembang gambas dalam masakan Italia dan kelopak-kelopak bunga mawar pada masakan India. Menambahkan bunga-bungaan pada makanan Anda bisa menjadi cara yang indah untuk menambahkan warna, rasa, dan sedikit kesan eksentrik. Beberapa di antara bunga-bunga itu ada yang befungsi sebagai bumbu, dan ada yang berfungsi sebagai obat, sedangkan yang lainnya berfungsi sebagai hiasan dan pewangi. Ternyata jumlahnya cukup mengejutkan.

Adalah hal yang biasa melihat kelopak-kelopak bunga digunakan pada salad, teh, dan sebagai hiasan pada makanan. Akan tetapi, bunga-bunga itu, ternyata, juga menginspirasi kegunaan kreatif—bunga-bunga bumbu (seperti kembang lokio) bisa digulung menjadi pasta dough buatan tangan, bunga-bunga hias bisa digunakan pada es krim buatan rumah tangga, asinan kuncup bunga (seperti nasturtium) bisa digunakan untuk membuat caper tiruan (ersatz capers), yang bisa digunakan untuk membuat sirup bunga sederhana untuk digunakan pada lemonade ataucocktails. Saya pernah menggunakan bunga gladiolus untuk menggantikan kembang gambas—sedikit aneh, memang, tapi menarik. Ada banyak sekali kemungkinan ….

Makan Bunga Dengan Aman

Selain bisa menyenangkan, makan bunga bisa jadi sedkit … berbahaya! Bukan untuk menakut-nakuti Anda, dan menghindari makan bunga. Tapi ada beberapa tips yang perlu Anda ikuti agar Anda bisa menikmati bunga dengan aman.
  • Makan bunga-bungaan yang telah Anda ketahui bisa dimakan—jika Anda tidak yakin, bacalah buku-buku yang membahas masalah bunga-bungaan dan tumbuh-tumbuhan yang bisa dimakan.
  • Makanlah bunga-bungaan yang Anda tanam sendiri, atau yang Anda ketahui aman diskonsumsi. Bunga-bungaan dari flowerist atau perawat bunga telah mengandung pestisida dan zat-zat kimia lainnya.
  • Jangan makan bunga pinggir jalan atau bunga-bunga yang dipetik di taman umum. Bunga-bungaan di kedua tempat ini dirawat dengan pestisida dan herbisida. Di samping itu, bunga tepi jalan boleh jadi telah terkena polusi dan gas buangan.
  • Makan kelopaknya saja. Buang putik dan benang sari-nya/serbuk-nya.
  • Jika Anda menderita alergi, mulailah makan bunga secara bertahap, karena bunga-bunga itu bisa jadi malah memperparah alergi Anda.
  • Untuk menjaga bunga tetap segar, tempatkan bunga di atas handuk kertas basah dan masukkan ke dalam kulkas yang kedap udara. Sebagian bunga bisa bertahan selama 10 hari. Air es bisa me-revitalisasi bunga-bunga yang layu.
Secara keseluruhan, ada 42 jenis bunga-bungaan yang bisa dimakan. 12 jenis di antaranya sudah saya turunkan dalam artikel ini bagian pertama. Di bawah ini adalah 30 jenis bunga lainnya, sebagai kelanjutan dari daftar yang kemarin.


Chicory (Cichorium intybus)
Rasa agak pahit chicory terdapat pada kelopak bunga dan kuncupnya, yang bisa dibuat asinan.
chicory
chicory

Chrysantemum (Bunga Krisan)
Agak pahit, bunga chrysanthemum yang biasa disebut mums ini berwarna-warni seperti pelangi dan mempunyai rasa bermacam-macam, mulai dari panas seperti lada sampai yang pedas. Gunakan kelopaknya saja.
chrysantemum
chrysantemum
Cilantro
Seperti daunnya, ada yang menyukai bunganya dan juga ada yang membencinya. Bunganya berasa seperti tanaman obat-obatan (herbal). Gunakan waktu masih segar karena bunga ini akan kehilangan daya tariknya jika dimasak.
cilantro
cilantro

Citrus (orange, lemon, lime, lime, grapefruit, kumquat)
Bunga citrus berasa manis dan berbau tajam. Gunakan sedikit saja. Jika terlalu banyak akan menimbulkan bau yang sangat tajam.
citrus (jeruk mandarin)
citrus (jeruk mandarin)
Clover
Bunganya manis dengan rasa seperti licorice.
clover
clover
Dandelion (Taraxacum officinale)
Berasa pahit. Biasa digunakan dalam salad dan wine.
dandelion
dandelion

Dill (Anethum graveolens)
Bunga dill kuning berasa seperti daun tanaman obat-obatan.
dill
dill


English Daisy (Bunga Aster Inggris) (Leucanthemum vulgare)
Bunga ini bukanlah bunga yang paling enak—rasanya agak pahit, tapi terlihat indah.
english-daisy
english-daisy
Fennel (Foeniculum vulgare)
Bunga fennel kuning tampak memikat dengan rasa licorice yang subtil, lebih menyerupai tanaman obat.
fennel
fennel
Fuchsia (Fuchsia magellanica)
Bunga fuchsia yang rasanya tajam tampak indah sebagai hiasan hidangan.
fuchsia
fuchsia
Gladiolus (Gladiolus communis)
Siapa yang tahu? Meskipun gladioli lunak, tetapi bisa dijadikan bunga isian (stuffing), atau kelopaknya diambil untuk hiasan salad yang menarik.
gladiolus
gladiolus
Hibiscus
Terkenal digunakan dalam teh hibiscus, rasa cranberry-nya yang tajam terasa asam, dan bisa dugunakan sedikit-sedikit, jangan banyak-banyak.
hibiscus
hibiscus
Hollyhock (Alcea rosea)
Dengan rasa lembut seperti sayuran, hollyhock adalah hiasan makanan yang cantik.
hollyhock
hollyhock
Impatients (Impatiens scapiflora)
Bunganya tidak mempunyai banyak rasa—sebaiknya digunakan untuk hiasan makanan atau untuk pemanis.
impatients
impatients
Jasmine (Jasminum sambac)
Bunganya yang wangi digunakan dalam teh; Anda juga bisa menggunakannya dalam makanan-makanan yang manis, tetapi sedkit saja, jangan banyak-banyak.
jasmine
jasmine
Johny-Ump-Up
Indah dan lezat, bunganya mempunyai rasa mint yang subtil, sangat bagus untuk salad, pasta, hidangan buah-buahan, dan minuman.
johny jump-up
johny jump-up
Lavender
Manis, pedas, dan wangi. Bunganya adalah tambahan yang tepat makanan yang lezat dan manis.
lavender
lavender
Lemon Verbena (Aloysia citrodora)
Bunga yang kecil-kecil berwarna off-white ini mempunyai wangi lemon—sangat bagus untuk teh dan hidangan.
lemon verbena
lemon verbena
Lilac (Syringa vulgaris)
Bunganya berbau tajam. Tetapi aroma bunganya yang menyerupai citrus terdapat juga pada rasanya.
lilac
lilac

Mint (Mentha longifolia)
Bunganya berasa—mengejutkan!—seperti mint. Intensitas rasa mint-nya berbeda-beda, tergantung varietasnya.
mint
mint

Nasturtium (Nasturtium microphyllum)
Salah satu jenis bunga yang paling banyak dimakan. Bunga nasturtium mempunyai rasa yang manis, dan bila sudah mekar, berasa seperti lada. Ketika bunganya berkembang menjadi biji, kelopak bijinya berasa manis-manis pedas. Anda bisa memanfaatkan bunganya untuk isian, mencampur daunnya untuk salad, membuat asinan kuncupnya seperti capers, dan menggunakannya sebagai hiasan hidangan sesuai selera.
nasturtium
nasturtium


Oregano (Origanum vulgare)
Bunganya indah, merupakan versi yang subtil dari daunnya.
oregano
oregano
Pansy (Viola tricolor hortensis)
Kelopak bunga nya agak sulit ditentukan rasanya, tetapi jika Anda makan secara keseluruhan,Anda akan merasakan selengkapnya.
pansy
pansy

Radish (Raphanus sativus) (Lobak)
Warnanya bermacam-macam. Bunga radish mempunyai rasa seperti lada yang berbeda.
radish
radish
Rose
Buang tampuk putihnya yang pahit. Kelopak bunganya mempunyai aroma yang sempurna untuk diapungkan dalam minuman, atau ditabur di atas hidangan, dan untuk macam-macam jam. Semua bunga rose bisa dimakan, dengan cita rasa yang lebih tegas dalam varietas yang berwarna lebih gelap.
rose
rose
Rosemary (Rosmarinus officinalis)
Bunyanya berasa seperti tanaman obat dalam versi yang lebih halus, bagus digunakan sebagai hiasan untuk makanan-makanan yang biasanya menyertai rosemary.
rosemary
rosemary

Sage (Salvia officinalis)
Bunganya mempunyai rasa yang subtil, sama halnya dengan daunnya.
sage
sage
Squash dan Labu
Bunga keduanya baik digunakan untuk bunga isian (stuffing), masing-masing mempunyai rasasquash. Buang benang sari/ serbuknya.
squash kuning
squash kuning
Bunga Matahari (Helianthus annuus)
Kelopaknya bisa dimakan. Kuncupnya menyerupai artichoke.
bunga matahari
bunga matahari

Violets
Salah satu jenis bunga yang terkenal bisa dimakan. Violets adalah hiasan makanan yang floral manis, dan cantik. Gunakan bunganya dalam salad dan untuk menghias makanan dan minuman.
violets
violets

(Melissa Breyer/Yahoo! Green) Foto-foto: answers.com
Bunga-Bunga yang Bisa Dimakan (1)

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger