Mobil Tanpa Supir Kini Mulai Berlalu-lalang di Jalan-jalan di California

Self-driving Toyota Prius
AFP | Getty Images/ Mobil tanpa sopir
produksi Google bermanuver di
jalan-jalan di Washington, Mei 2012
Gubernur Jerry Brown menandatangani undang-undang pada hari Selasa kemarin di markas Google, yang isinya merintis jalan bagi penggunaan mobil tanpa sopir di California.

RUU yang diajukan oleh senator negara bagian Alex Padilla dari Los Angeles tersebut akan mengatur regulasi performa dan keselamatan untuk menguji coba dan mengoperasikan kendaraan-kendaraan otonom di jalan-jalan dan jalan raya negara bagian tersebut.

Sang gubernur menandatangani undang-undang tersebut di Mountain View di markas Google, yang telah mengembangkan teknologi mobil otonom dan melakukan lobi-lobi bagi disahkannya undang-undang tersebut.

Mobil yang berjalan sendiri boleh jadi kedengarannya seperti sebuah fiksi ilmiah, namun kendaraan tersebut telah ada berlalu lalang di atas jalan-jalan California dan bisa jadi akan dijual secara komersial dalam dekade mendatang.

Jajaran kendaraan berbasis komputer (computer-controlled) milik Google—kebanyakan Toyota Prius yang dilengkapi dengan teknologi self-driving—telah menempuh lebih dari 300.000 mil dengan berjalan sendiri (self-driving) tanpa menemui kecelakaan, kata perusahaan tersebut.

Mobil-mobil otonom menggunakan komputer, sensor-sensor dan teknologi untuk beroperasi secara independen, namun seorang “supir” tetap bisa mengesampingkan fungsi otopilot tersebut dan mengambil alih kemudi kapan saja.

Dengan smartphone di tangan para pengemudi kini lebih sering terganggu konsenstrasinya dibandingkan dahulu, para pendukung mobil otonom mengatakan kendaraan-kendaraan robotik seperti ini mempunyai potensi untuk menciptakan lalu lintas yang lebih aman, mengingat hampir semua kecelakaan mobil diakibatkan oleh kesalahan manusia.

Undang-undang tersebut menuntut Departemen Kendaraan Bermotor California untuk membuat draft undang-undang untuk kendaraan otonom pada tanggal 1 januari 2015. Saat ini hukum negara bagian tersebut tidak menyebut-nyebut tentang mobil tanpa supir karena teknologi tersebut masih sangat baru.

Undang-undang tersebut akan memungkinkan kendaraan beroperasi secara otonom, namun pengemudi yang mempunyai SIM masih dibutuhkan untuk duduk di belakang kemudi untuk membantu dalam hal keadaan darurat.

Undang-undang tersebut juga ditujukan untuk membuat California berada di jajaran terdepan industri mobil otonom semenjak Stanford University dan perusahaan-perusahaan di Silicon Valley mengembangkan teknologi tersebut dalam beberapa tahun belakangan ini.

Pada bulan Februari lalu, Nevada menjadi negara bagian AS pertama yang menyetujui regulasi yang memerinci persyaratan bagi perusahaan-perusahaan untuk menguji coba mobil tanpa sopir di jalan-jalan di negara bagian tersebut.

Dalam beberapa tahun belakangan ini, para pembuat mobil telah memperkenalkan fungsi-fungsi otonom seperti self-parking (parkir sendiri), lane departure  warnings (pengingat jalur) dan adaptive cruise control, yang memungkinkan kendaraan secara otomatis mempercepat dan memperlambat sesuai dengan laju lalu lintas.

Pembuat mobil seperti AudiBMWFord dan Volvo telah mengembangkan teknologi mobil otonom selama bertahun-tahun, dan para ahli mengatakan kendaraan-kendaraan komersial bisa menggunakan fungsi “otopilot” dalam tempo lima tahun ke depan.
(Published: Tuesday, 25 Sep 2012 | 5:06 PM ET/ By: AP)

© 2012 The Associated Press. All rights reserved. This material may not be published, broadcast, rewritten or redistributed.

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger