Gawat Kalau Blogger Harus Membayar

matsonvineyards.com


KEUANGAN semakin menipis dan kehidupan makin sulit, sehingga pemerintah kota harus mencari berbagai cara agar para polisi tetap bekerja dan bis-bis tetap beroperasi. Atau begitulah pikiran seseorang ketika mendengar berita dari Philadelphia, di mana pemerintah kota itu telah meminta para blogger yang berbau bisnis untuk membayar sebuah “ijin usaha bisnis.”
Penulis Koran kota Philadelphia Valerie Rubinsky menurunkan berita itu minggu lalu.
Setelah diwajibkan membuat laporan, bahkan sampai keuntungan yang sekecil-kecilnya, yang mereka peroleh dalam laporan pajak mereka tahun ini, sejumlah—tidak ada yang tahu berapa jumlah pastinya—blogger Philadelphia mendapat kiriman surat yang memberi tahu bahwa mereka diharuskan membayar sebesar $300 untuk mendapatkan ijin usaha bisnis, meskipun para blogger berpikir akan melakukan tax exile* di mana mereka hanya harus membayar $50. Atau, mungkin, menurut pemerintah kota Philadelphia, para blogger dipersilakan menghilangkan iklan di blog mereka, dan menjadikannya hanya sekedar hobi.
Seperti lanjutan kisah City Paper hari ini, cerita tersebut dengan cepat menyebar, muncul dalam berita-berita utama surat khabar yang kadang-kadang tidak akurat, seperti berita utama New York Daily News yang berjudul “Philadelphia Kekurangan Uang: Bloggers Harus Membayar Ijin Usaha.” (Catatan: ada kemungkinan sebagian dari liputan ini, paling tidak di kota-kota yang termasuk dalam Liga National Timur (National League East) berasal dari orang-orang yang tidak suka melihat para fans tim cricket Philadhelphia yang bertanding di dalam stadion mereka sendiri.
Sebenarnya, ada isu kebijakan yan nyata dalam hal ini. Pemkot Philadelphia menerbitkan aturan yang mewajibkan siapa saja yang menjalankan bisnis jenis apapun untuk membayar perijinan, sehingga para blogger yang memasang iklan di blognya harus dikenai peraturan yang sama dengan orang yang memasang iklan menjual sesuatu di eBay, dengan orang yang mengambil keuntungan dari iklan dari video-video tentang kucing yang lucu yang dipasang di YouTube, atau dengan orang yang menjajakan t-shirt pesanan (custom t-shirt) di CatePress. Dalam hal ini, saya tidak keberatan atas penarikan pajak oleh Philadelphia di Farmville … entah orang lain.   
Di kota-kota lain, tidak ada masalah seperti itu. Distrik, contohnya, hanya meminta ijin usaha untuk ektifitas-aktifitas bisnis yang memerlukan supervisi dan pengawasan, seperti penjualan makanan atau penyewaan rumah. Blogging dan jenis penulisan lainnya tidak terkena peraturan tersebut, meskipun Anda menghasilkan uang dari blog Anda—hei, jangan tertawa—D.C. nanti juga akan minta bagian.
Tetapi ada sisi baiknya di sini. Pada intinya, dengan mengemas cerita-cerita lucu seperti itu dalam perkembangan berita mingguan yang demikian lambat ini, Philadelphia telah memberikan sebuah stimulus ekonomi untuk para blogger di mana saja. Jika Anda telah beropini tentang masalah ini, silakan ambil kesempatan dalam post berikutnya untuk menyatakan terima kasih kepada orang-orang baik di Interstate 95 yang telah memungkinkan hal ini terjadi.
(By Rob Pegoraro  |  August 23, 2010; 3:51 PM ET/Washington Post)
* Seorang Tax exile adalah seseorang yang memilih meninggalkan sebuah negara dan atau tinggal di sebuah negara lain atau jurisdiksi lain karena pajak pribadi di sana lebih rendah atau nol. Melakukan tax exile adalah sebuah cara untuk mendapatkan keringanan pajak atau menghindari pajak.

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger